Chapter terbaru dari seri manga Boruto memperkenalkan sosok dewa dari klan Otsutsuki yaitu Shibai. Dalam chapternya, terungkap jika kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Eida dan Daemon merupakan gambaran kecil dari kedahsyatan sosok Shibai. Bahkan, Amado juga menjelaskan jika kekuatan mereka berdua sebenarnya masih belum seberapa dibandingkan kekuatan sebenarnya klan Otsutsuki.

Hal tersebut seolah memberikan gambaran lain bahwa klan Otsustuki secara tidak langsung adalah klan para dewa. Mereka juga mungkin akan menjadi ancaman besar lainnya di dunia Boruto setelah apa yang Kaguya lakukan sebelumnya. Dan melihat kedahsyatan klan tersebut rasanya memang tidak heran jika mereka semua memang berpotensi menjadi seorang dewa.

Kemunculan Sosok Shibai

Shibai adalah kejutan terbesar yang muncul di chapter 75 kemarin. Perkenalan tentang sosok Shibai seolah memberikan hal menarik lainnya, baik tentang mitologi Otsutsuki di dunia Boruto atau pun cerita seri Boruto secara keseluruhan. Menurut penjelasan Amado, Shibai adalah sosok dewa Otsutsuki yang sudah lama ada. Dia bahkan sudah hidup sejak lebih dari ribuan tahun yang lalu.

Namun, Shibai sendiri dinyatakan sudah tewas meskipun Amado sendiri tidak yakin dengan hal itu. Menurut spekulasi Amado, Shibai mungkin sudah beradadi level di mana keberadaanya tidak lagi memerlukan wadah fisik, yang dalam hal ini adalah tubuhnya. Hal tersebut karena dia sudah berevolusi berkali-kali berkat memakan banyak buah chakra.

DNA dari tubuh Shibai kemudian Amado gunakan untuk menciptakan kekuatan yang Eida dan Daemon miliki sekarang. Menurut Amado, kekuatan Senrigan milik Eida serta Reflection milik Daemon merupakan dua kemampuan dahsyat milik Shibai. Namun, level kekuatan mereka masih sedikit dibandingkan Shibai. Bagaimana kemudian Amado bisa mendapatkan DNA Shibai memang masih jadi misteri.

Yang menarik adalah penggambaran sosok Shibai yang muncul pada chapter 75 kemarin memiliki kemiripan dengan gambaran sosok dewa Otsutsuki yang Isshiki sebutkan pada chapter 55. Apakah Shibai merupakan dewa pertama Otsutsuki? Bisa jadi. Jika hal tersebut benar, maka hal tersebut bisa menjelaskan mengapa kemudian Isshiki memiliki gambaran tentang dewa Otsutsuki seperti halnya Shibai.

Klan Otsutsuki adalah dewa?

Klan Otsutsuki sering kali dideskripsikan di seri Naruto dan Boruto sebagai sebuah klan yang mendekati dewa. Mereka terus berevolusi sampai kemudian mereka berada di satu titik tertinggi, yaitu menjadi dewa (Godhood). Bukan tanpa sebab memang jika mereka memiliki anggapan demikian jika melihat berbagai kekuatan dahsyat yang mereka miliki.

Misalnya, dengan kekuatan Karma mereka bisa hidup abadi. Klan Otsutsuki bisa berpindah dari satu tubuh ke tubuh lainnya sehingga mereka bisa hidup dalam waktu yang lama. Selain itu, kita juga bisa melihat bagaimana kedahsyatan dari teknik Sukunahikona atau Daikokuten milik Isshiki serta teleportasi anta dimensi. Semua itu, merupakan kekuatan yang hanya dimiliki oleh mereka yang kekuatannya di atas manusia.

Dengan semua anggota klan Otsutsuki memiliki kekuatan yang mendekati kekuatan dahsyat, apakah mereka semua mampu berubah menjadi dewa? Jawabannya adalah bisa. Hal ini berdasarkan penjelasan Isshiki di chapter 55. Dalam chapter tersebut arwah Isshiki sempat menjelaskan bahwa Code bisa berubah menjadi seorang dewa Otsutsuki yang baru dengan cara memakan buah chakra dalam jumlah banyak.

Amado sendiri menjelaskan bahwa Shibai berubah menjadi dewa setelah dia memakan banyak buah chakra. Hal ini juga yang kemudian menjadi motivasi kemunculan Kaguya dan Isshiki di bumi, yaitu untuk menanam pohon suci dan memakan buah chakranya. Namun, kegagalan mereka berdua membuat akhirnya Momoshiki yang muncul di bumi untuk melanjutkan misi tersebut.

Akankah Ada Dewa Otsutsuki Baru yang muncul?

Namun, yang menarik dan memunculkan pertanyaan besar adalah apakah Code memang sanggup memakan buah chakra dan berubah menjadi dewa Otsutsuki. Dan apakah ini juga artinya Kawaki serta Boruto, yang sekarang adalah seorang Otsutsuki, memiliki peluang untuk menjadi berubah menjadi sosok luar biasa tersebut? Melihat penjelasan di chapter 55 dan 75, maka artinya mereka memiliki peluang untuk menjadi dewa Otsutsuki baru.

Untuk saat ini, kita tidak tahu apakah klan Otsutsuki memiliki pengganti Shibai atau apakah Shibai memang benar-benar sudah tewas. Tetapi, melihat pernyataan Isshiki yang meminta Code untuk memakan banyak buah chakra agar dia bisa menjadi dewa Otsutsuki baru seolah memberikan petunjuk besar jika saat ini klan Otsutsuki tidak memiliki sosok dewa atau sosok kuat seperti Shibai.

Logikanya, jika memang Shibai masih ada untuk apa Isshiki meminta Code memakan banyak buah chakra dan menjadi dewa Otsutsuki baru? Masashi Kishimoto memberikan sinyal kepada para fans bahwa klan Otsutsuki seolah semakin penting di sepanjang seri Boruto. Hal ini berdasarkan mitologi klan tersebut yang digali semakin dalam dan luas, seperti yang muncul di chapter 75 kemarin.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya masuk akal jika kemudian di kemudian hari kita akan melihat Kishimoto memperkenalkan sosok dewa Otsutsuki baru pengganti Shibai. Siapa yang kemudian akan menjadi pengganti Shibai memang masih menjadi misteri. Bisa jadi, beberapa tokoh yang sudah muncul seperti Kawaki, Boruto, dan Code, adalah kandidat utamanya.

Namun, bisa jadi juga ada karakter lain yang baru akan muncul di cerita selanjutnya, di mana karakter baru ini memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi dewa Otsutsuki baru. Satu hal yang pasti, kemunculan sosok dewa Otsutsuki baru maka artinya ada ancaman besar lainnya terhadap bumi. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya jika hal itu terjadi? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/