Setelah sempat hiatus selama hampir enam minggu, akhirnya serial Rick and Morty kembali melanjutkan penayangan season ke-6 dengan episode 7 yang berjudul ‘Full Meta Jackrick’. Sebagai pengingat, season 6 dari serial animasi dewasa ini memang sempat melakukan jeda penayangan dari tanggal 17 Oktober lalu. Sedangkan episode 7 sendiri baru saja tayang di saluran streaming HBO pada tanggal 20 November kemarin. Kali ini kita akan membahas spoiler Rick and Morty episode terbaru yang hadirkan tema gila.

Tidak jauh berbeda dengan enam episode perdana season 6, episode terbaru Rick and Morty ini menyajikan kisah yang dramatis sekaligus mindblowing. Di mana intinya pada petualangan kali ini Rick bersama Morty melakukan ‘break 4th wall’ yang lebih ekstrem. Jika sebelumnya Rick dan Morty hanya melakukan lelucon break 4th wall, sekarang mereka benar-benar melakukan ‘break’ alias merusak 4th wall. Berikut ini spoiler setiap momen penting dari Rick and Morty Season 6 episode 4:

  • Episode Full Meta Jackrick dimulai dengan cuplikan dari berbagai episode sebelumnya. Meskipun awalnya tampak biasa, tetapi semuanya mulai terasa aneh ketika adegannya banyak memperlihatkan sesuatu yang tidak pernah terjadi. Pada akhirnya terungkap bahwa ternyata mereka terjebak di pusaran ‘Previously On’ dan harus berpegangan pada serangga Previously On agar bisa kabur dari adegan opening.
  • Pada titik inilah Morty memberi tahu Rick bahwa mereka ada di sebuah tayangan serial. Singkat cerita, mereka akhirnya tiba di ‘meta commentary’ dan bertemu dengan Jesus Christ dan Story Lord yang mengklaim bahwa semuanya adalah ulah mereka. Story Lord lantas mencoba mengambil alat milik Rick agar dia tidak bisa lagi melakukan break 4th wall. Untungnya, Previous Lyon datang dan berhasil menolong mereka.
  • Di luar meta, Story Lord berusaha mencari pencipta kisah Story Train, episode yang pertama kali menampilkan karakternya. Di mana dia ingin penciptanya membuat karakternya terlihat lebih baik.
  • Pada saat yang bersamaan, di dalam meta, Rick dan Morty juga diceritakan merekrut Miss Lead, Flash Back, Connie TinuityError, Protagonick, Mr. Twist, dan pahlawan super lain yang umumnya bisa mengubah suatu episode dengan kemampuannya. Dalam prosesnya, mereka bertemu dengan Brett Con yang malah menjebak para pahlawan sebagai jeruk di antara ruang meta.

  • Setelah tampilan iklan, Rick dan Morty diperlihatkan membeku karena berada di luar 4th wall terlalu lama. Untuk mengatasi semua masalah yang ada, mereka mulai membangun sebuah alat canggih untuk kabur bersama Previous Lyon. Sayangnya, Story Lord yang muncul dengan lebih kuat berhasil menggagalkan rencana tersebut dengan mengubah cerita mereka.
  • Rick lantas tidak punya pilihan lain selain mengalahkan Story Lord. Di sisi lain Morty berusaha meyakinkan pencipta Story Lord untuk kembali melemahkan karakternya. Pada titik inilah semua upaya Morty berhasil membuat pencipta Story Lord menyerah. Akibatnya Story Lord mulai kehilangan motivasinya dan Rick akhirnya bisa mengalahkannya.
  • Di adegan credit, kita bisa melihat Tag Man, karakter yang tinggal di tag episode untuk membunuh polisi, agen pemerintah, dan makhluk-makhluk aneh lainnya.

Melihat uraian spoiler ini, sepertinya episode terbaru Rick and Morty memang ingin menjawab harapan penggemar yang menyukai episode mindblowing seperti kisah Story Train dan karakter Story Lord-nya. Sekarang, episode Full Meta Jackrick ini telah menghadirkan sesuatu yang lebih dari itu, di mana Rick dan Morty bahkan sampai keluar dari 4th wall. Menurut kalian bagaimana dengan episode terbaru Rick and Morty yang sangat gila ini, Geeks?