Dalam dunia One Piece ada banyak kekuatan buah iblis yang sudah Oda hadirkan, yang mana sebagian diantaranya berkaitan dengan air. Buah iblis tersebut mampu merubah wujud air, memanfaatkan cairan, atau bahkan memang menjadi bagian buah iblis air. Seperti yang Geeks ketahui, buah iblis menyimpan banyak misteri dan juga kekuatan bagi mereka yang memakannya.

Biasanya, kekuatan dari buah iblis berkaitan elemen alam atau hal lainnya seperti air, api, atau elemen lainnya. Dan kekuatannya sendiri kemudian terbagi menjadi tiga kategori yaitu Zoan, Paramecia, dan Logia. Dengan cerita One Piece yang bertema laut, rasanya tidak mengherankan jika ada kekuatan buah iblis yang berkaitan atau memiliki hubungan dengan air. Apa saja?

Woshu Woshu No Mi

Woshu Woshu no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia yang membuat penggunanya mampu untuk mengubah objek atau orang menjadi seperti halnya cucian dan kemudian mengeringkannya. Ketika terkena kekuatan ini, mereka tidak dapat bergerak. Selain itu, kekuatan buah iblis Woshu Woshu juga bisa menghilangkan niat jahat dari para villain atau musuh.

Wakil admiral Tsuru yang berasal dari markas pusat angkatan laut adalah pemilik dari buah iblis ini. Seperti yang terjadi di dunia nyata, mencuci sangat erat hubungannya dengan air karena untuk melakukan aktivitas tersebut dibutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak. Tetapi, yang membedakan dengan aktivitas di dunia nyata adalah Tsuru tidak memerlukan air. Dia hanya perlu langsung mencuci dan menjemur lawannya.

Hie Hie No Mi

Es memang ada kaitannya dengan air, karena pada dasarnya es merupakan air yang mengalami proses pembekuan. Dan inilah juga yang terjadi pada buah iblis Hie Hie no Mi. Hie Hie no Mi adalah buah iblis berjenis Logia yang membuat penggunanya bisa mengendalikan, membuat, atau berubah menjadi es. Kemampuan buah iblis ini dimiliki oleh mantan admiral Kuzan.

Di sisi lain, kemampuan Hie Hie sendiri memang terbukti dahsyat. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Kuzan tidak pernah membutuhkan kapal untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Kemudian bagaimana dia bisa membekukan sebuah wilayah tanpa masalah. Hal ini karena Kuzan mampu untuk membekukan air yang ada di lautan untuk kemudian dia lintasi.

Yuki Yuki No Mi

Serupa tapi tak sama, itulah istilah untuk membedakan Yuki Yuki no Mi dan Hie Hie no Mi. Buah iblis ini tidak memiliki kemampuan untuk merubah sesuatu menjadi es. Namun, penggunanya bisa menghadirkan atau menciptakan salju di mana pun dia inginkan. Dan fenomena salju sendiri merupakan air yang terkondensasi atau menguap. Dan ketika mencapai atmosfer bumi, uap air tersebut akan berubah wujud karena suhu.

Perubahan yang terjadi adalah uap air tersebut akan menjadi padat yang kemudian kita kenal dengan salju. Buah iblis ini sempat dimiliki oleh Monet, asisten dari Caesar Clown di Punk Hazard. Dengan buah iblis ini, Monet mampu membuat sebuah ruangan menjadi sebuah tempat yang dipenuhi salju. Hal ini diperlihatkan dalam pertarungannya melawan Zoro, di mana seluruh tempat tersebut dipenuhi oleh salju.

Shibo Shibo No Mi

Charlotte Smoothie merupakan salah satu anggota keluarga Charlotte yang memiliki nilai buruan yang besar, dan juga menjadi karakter wanita yang memiliki nilai buruan paling tinggi di serinya. Hal ini dikarenakan kemampuan dan kehebatan yang dia miliki sebagai salah satu dari tiga Sweet Commanders kelompok bajak laut Big Mom. Salah satu sumber kekuatan Smoothie adalah buah iblis Shibo Shibo.

Berkat kemampuan buah iblis tersebut, Smoothie mampu mengendalikan cairan sesuka hatinya. Dia juga bisa membuat senjata dahsyat dari cairan yang dia serap. Bahkan, cairan menjadi sumber kekuatannya. Semakin banyak cairan yang dia minum, maka dia akan semakin kuat. Dan Geeks tentunya tahu jika tubuh manusia 80% bagiannya berisi air. Mereka yang terkena serangan ini akan langsung mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Mori Mori No Mi

Buah iblis baru di dunia One Piece yang Aramaki konsumsi tersebut bernama Mori Mori no Mi. Mori sendiri dalam bahasa Jepang berarti hutan. Dan hal ini memang sesuai dengan kekuatan yang dia perlihatkan dalam chapter 1053 kemarin. Dalam chapter tersebut, kita melihat bagaimana setiap ke mana pun Aramaki pergi pasti akan ada tanaman atau tumbuhan yang muncul di sekitarnya.

Lalu, apa kaitannya dengan air? Salah satu kemampuan dari buah iblis ini adalah menyerap cairan orang lain seperti halnya Shibo Shibo no Mi. Bedanya, Mori Mori no Mi tidak perlu memeras tubuh lawannya untuk mengambil cairan mereka. Admiral Aramaki hanya perlu menggunakan tanaman di tubuhnya untuk mencuri cairan korbannya, yang mana membuat mereka akhirnya harus dehidrasi.

Uo Uo No Mi, Model: Seiryuu

Buah iblis yang paling jelas memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan air adalah Uo Uo No Mi, Model: Seiryuu milik Kaido. Dan yang menarik adalah ini merupakan buah iblis air pertama di serinya. Di Jepang sendiri Uo berarti ikan atau jenis ikan. Dan transformasi Kaido yang bisa berubah menjadi seekor naga timur raksasa dianggap mengikuti alur cerita salah satu legenda.

Bagaimana kemudian Kaido bisa berubah menjadi naga memang masih menjadi misteri. Dan sayangnya, sampai arc Wano selesai masih belum ada penjelasan jelas mengenai hal ini. Namun, tentunya menarik untuk mengetahui apakah akan ada buah iblis air lainnya selain Uo Uo no Mi. Mungkin, akan ada Uo Uo lainnya dengan model yang berbeda.

Berdasarkan contoh di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Odan nyatanya memperkenalkan buah iblis yang berkaitan dengan air. Dan seperti yang dijelaskan di paragraf awal, air adalah elemen yang erat kaitannya dengan One Piece yang bertema lautan. Rasanya Oda Sensei perlu lebih banyak lagi menghadirkan buah iblis yang berkaitan dengan air.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/