Masashi Kishimoto perkenalkan sebuah sistem kekuatan baru di dunia Boruto yaitu Shinjutsu. Teknik dahsyat dan mematikan ini merupakan milik klan Otsutsuki dan memiliki peran yang sangat penting apalagi bagi perkembangan dunia shinobi. Lalu, apa sebenarnya Shinjutsu? Dalam chapter 75 di seri manga Boruto: Naruto Next Generation, Amado akhirnya menjelaskan fakta-fakta mengejutkan tentang beberapa hal.

Pertama, dia menjelaskan fakta mengenai siapa sebenarnya Daemon dan Eida kepada Shikamaru dan juga Naruto. Kedua, dalam percakapan tersebut Amado juga sempat menghadirkan hal-hal yang mencengangkan seperti sosok dewa Otsutsuki bernama Shibai. Dan tentunya yang juga tidak kalah menarik dan mencengangkan adalah tentang Shinjutsu. Lalu, apa sebenarnya Shinjutsu?

“Nenek Moyang” Jutsu

Seperti yang Amado jelaskan dalam chapternya, Shinjutsu merupakan kekuatan dahsyat yang menjadi milik sang dewa Otsutsuki yaitu Shibai Otsutsuki. Shinjutsu juga merupakan sebuah teknik atau kemampuan yang sangat luar biasa mengerikan dan dahsyat. Bahkan, kemampuan yang dihadirkan dari teknik ini dianggap berbeda dari Sage Mode atau bahkan Ninjutsu yang kita kenal selama ini.

Shinjutsu memberikan penggunanya sebuah kemampuan yang lebih mirip seperti sebuah keajaiban, fenomena yang mungkin akan sulit untuk dicerna oleh akal sehat. Dalam penjelasan tersebut terungkap jika sebenarnya Shinjutsu sebenarnya adalah “nenek moyang” dari Ninjutsu atau berbagai Jutsu lainnya. Bahkan, Ninjutsu yang selama ini muncul dalam serinya ternyata berusaha untuk menirukan kemampuan atau kekuatan Shinjutsu.

Lalu, apa bedanya Shinjutsu dan Ninjutsu? Ketika Shibai menggunakan berbagai kekuatan dahsyat Shinjutsu, dia tidak perlu melakukan apa pun selain menggerakan tangannya. Seperti halnya pengendali elemen dalam seri Avatar, Shibai hanya perlu mengayunkan tangannya. Bahkan, ketika dia marah, bukan hal mustahil jika akan muncul badai dan petir besar.

Sedangkan, Ninjutsu adalah upaya seseorang untuk menirukan atau menciptakan ulang semua fenomena dahsyat dari Shinjutsu melalui berbagai gerakan tangan, tanda, serta untuk bisa melakukannya sosok tersebut perlu mengendalikan chakra di tubuhnya. Tanpa chakra, tentunya mereka tidak akan mampu menggunakan Ninjutsu.

Lebih Dahsyat Dari Ninjutsu

Shinjutsu memang sudah terbukti jauh lebih dahsyat dan mengerikan dari Ninjutsu, seperti yang Amado jelaskan. Dia juga menjelaskan kekuatan dahsyat seperti apa yang bisa Shibai lakukan dengan hanya menggerakan tangannya. Selain itu, sebenarnya bukti kedahsyatan dari Shinjutsu sendiri sudah muncul di cerita Boruto selama ini. Misalnya adalah Senrigan yang merupakan milik Eida.

Kemudian, teknik Reflection milik Daemon dan Claw Marks milik Code juga menjadi bagian dari Shinjutsu. Beberapa teknik lainnya yang juga adalah bagian dari Shinjutsu adalah Sukunahikona dan Daikokuten milik Isshiki, serta yang paling populer adalah Karma. Seperti yang kita ketahui, Karma adalah salah satu kekuatan yang sangat dahsyat yang dimiliki oleh klan Otsutsuki.

Sejauh ini, memang baru enam kekuatan dahsyat yang diketahui menjadi bagian dari Shinjutsu. Namun, melihat Kishimoto mulai memperkenalkan teknik dahsyat ini artinya bukan tidak mungkin jika akan ada Jutsu atau teknik lainnya yang muncul dan jadi bagian dari Shinjutsu. Apalagi, saat ini, kita masih belum melihat bagaimana kekuatan penuh dari Eida, Daemon, dan bahkan Code.

Cara Tandingi Shinjutsu?

Lalu, dengan kedahsyatan tersebut apakah ada cara untuk kemudian bisa menandingi kekuatan Shinjutsu yang ada di dunia Boruto tersebut? Melihat bagaimana Shibai dinyatakan tewas – meskipun tidak diketahui bagaimana caranya dia tewas – artinya ada cara untuk kemudian menandingi bahkan melampaui Shinjutsu. Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Sarada mampu untuk menahan kekuatan Senrigan Eida.

Sarada menjadi karakter lainnya selain Kawaki dan Boruto yang berhasil tidak terpengaruh oleh efek Senrigan. Bahkan, Mitsuki sendiri yang notabene adalah manusia buatan berhasil terpengaruh oleh “sihir” Eida. Ada kemungkinan jika Sharingan mampu untuk menahan kekuatan tersebut. Namun, yang perlu jadi catatan adalah meskipun Sharingan dan chakra klan Uchiha mampu menahan Senrigan, masih belum diketahui apakah Doujutsu itu juga bisa menahan Shinjutsu lainnya.

Selain chakra Uchiha dan Sharingan, kemungkinan satu-satunya cara untuk bisa menandingi Shinjutsu adalah dengan menggunakan Karma. Bagaimana Kishimoto memperkenalkan Karma sebagai salah satu elemen utama di seri Boruto, tentunya memiliki sebuah tujuan. Salah satu kemungkinannnya adalah menandingi teknik atau jurus dari Shinjutsu tersebut.

Karena Karma adalah bagian dari Shinjutsu, rasanya masuk akal memang jika teknik tersebut jadi cara untuk menandingi teknik dewa ini. Dan mungkin, ini juga alasan mengapa Boruto dan Kawaki menjadi dua sosok penting yang menjadi kunci pada cerita yang akan datang. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana Shinjutsu kedepannya dalam cerita yang akan datang.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/