Saluran streaming raksasa Netflix baru saja merilis film fantasi terbaru mereka yang berjudul Slumberland. Film yang digarap oleh sutradara Francis Lawrence (Contantine, I Am Legend, The Hunger Games) ini bercerita tentang seorang anak bernama Nemo (Marlow Barkley) yang masuk ke dunia mimpi untuk mencari tahu keberadaan ayahnya. Dalam prosesnya dia bertemu dengan Flip (Jason Momoa), yang akhirnya menemani Nemo dalam petualangannya. Di ending Slumberland, Nemo akhirnya berhasil bertemu dengan ayahnya. Namun apakah mimpi Nemo dan juga Flip benar-benar nyata?

Nemo, Slumberland, dan Mutiara

Film Slumberland sendiri dimulai kisah Nemo yang hidup bahadia di sebuah rumah mercusuar bersama ayahnya. Namun, kebahagiaan tersebut tidak bertahan lama, karena pada suatu malam ayahnya tiba-tiba menghilang saat tengah menjalankan tugas di tengah badai. Semua orang percaya bahwa ayahnya telah meninggal dan menghilang di lautan, kecuali Nemo yang tidak bisa menerima kenyataan tersebut karena belum berbicara langsung dengan ayahnya. Singkat cerita, akhirnya Nemo dijemput oleh pamannya Phillip yang berasal dari kota, pada titik inilah keajaiban yang sebenarnya dimulai.

Ketika tertidur, Nemo akan masuk ke alam mimpi yang disebut Slumberland. Pada salah satu mimpi pertamanya dia bertemu dengan Flip, yang menanyakan sebuah peta milik ayahnya. Saat terbangun, ternyata peta tersebut benar-benar ada di balik lukisan peninggalan ayahnya. Pada mimpi selanjutnya, Nemo dan Flip akhirnya bisa memulai petualangan mereka untuk menemukan sebuat mutiara yang konon bisa mengabulkan semua keinginan. Namun, dalam prosesnya mereka harus menghadapi sejumlah rintangan dari polisi mimpi BOSA dan juga monster asap Nightmare Squid.

Saat agen Green dari BOSA berhasil menangkap Flip and Nemo menggunakan pistol penghenti gerak, Flip akhirnya dijebloskan ke penjara. Green lantas menyuruh Nemo untuk pulang ke Waking World alias dunia nyata karena mutiara dan mimpinya sama sekali tidak nyata. Meskipun awalnya Nemo tampak menurut, tetapi dia akhirnya kembali ke Slumberland untuk menyelamatkan Flip. Di mana Flip mengatakan bahwa mutiara yang mereka cari benar-benar nyata, karena ayah Nemo sendiri telah melihatnya di dasar Sea of Nightmares.

Pernyataan tersebut berhasil memberi semangat kepada Nemo untuk kembali mencari mutiaranya. Setelah beberapa kali keluar masuk Slumberland, akhirnya Nemo berhasil menemukan lokasi Sea of Nightmares. Pada titik ini dia dan Flip sempat berargumen karena Nemo ingin Flip bangun, sementara Flip menolaknya. Sayangnya ketika semuanya sudah di depan mata, Nemo dibangunkan oleh guru dan teman-temannya menjelang ending Slumberland, karena memang dia tidur di sekolah. Nemo lantas di bawa pulang ke rumah oleh pamannya yang marah dengan sikapnya.

Eksistensi Mutiara dan Mimpi Nemo

Ketika memasuki klimaks ending Slumberland, banyak sekali orang yang meragukan mimpi Nemo, termasuk pamannya Philip. Hal ini membuat Nemo marah dan melarikan diri dari pamannya menggunakan perahu kecil menuju rumah mercusuarnya. Di tengah perjalanannya Nemo terjebak badai, di mana kepalanya terbentur tiang sampai membuatnya pingsan dan tampak tenggelam. Ajaibnya, Nemo langsung masuk ke Sea of Nightmares dan berhasil mendapatkan mutiara yang selama ini dia cari. Ternyata mutiara tersebut ada di perahu patroli yang terakhir kali dipakai oleh ayahnya.

Pada saat yang bersamaan Nightmare Squid muncul dan mencoba menarik Nemo serta bonekanya yang bernama Pig. Untungnya Flip datang dengan menggunakan pesawat dan berhasil menyelamatkan mereka. Sayangnya hal tersebut tidak bertahan lama karena Nightmare Squid berhasil menangkap Flip. Melihat Flip yang terdesak, Nemo kemudian menggunakan mutiaranya untuk memohon agar Flip bangun. hal ini membuat Flip menghilang dari Slumberland, begitu juga dengan Nightmare Squid. Pada adegan selanjutnya, Nemo akhirnya bertemu dengan ayahnya di mercusuar Slumberland.

Mereka akhirnya bisa mengobrol panjang lebar, memperlihatkan interaksi yang cukup mengharukan. Di akhir interaksi mereka, secara tidak langsung ayahnya mengatakan bahwa dia memang telah tiada, “kehidupan tengah menantimu Nemo.” kalimat ayahnya ini membangunkan Nemo di rumah mercusuarnya setelah sebelumnya tenggelam dan berhasil diselamatkan oleh pamannya. Pada adegan ini Philip mengatakan kepada Nemo bahwa dia percaya dengan semuanya. Adegan di ending Slumberland ini menegaskan bahwa mutiara dan mimpi Nemo semuanya nyata setidaknya bagi Nemo sendiri.

Siapa Jati Diri Flip yang Sebenarnya?

Selain pertemuan mengharukan antara Nemo dengan mendiang ayah dan pamannya, ternyata ending Slumberland juga mengungkap twist menarik. Di mana ternyata Flip adalah jati diri pamannya Philip di Slumberland. Ketika permintaan pertama Nemo dikabulkan, yaitu meminta Flip bangun, ternyata hal tersebut langsung menyadarkan pamannya yang dengan berani terjun untuk menyelamatkan Nemo yang tengah tenggelam. Sebelum kredit kita akhirnya bisa melihat akhirnya Nemo dan pamannya Phillip alias Flip hidup bahagia dalam menjalani kehidupannya di dunia nyata.

Itulah pembahasan tentang ending Slumberland yang mengandung twist dan cukup mengharukan. Kesimpulannya kisah Slumberland ini ingin memperlihatkan kepada para penontonnya petualangan Nemo yang mencoba menghadapi kenyataan atas kematian ayahnya dengan cara dia sendiri. Petulangannya dengan Flip di dunia mimpi dan hubungannya dengan Philip di dunia nyata saling berhubungan satu sama lain. Yang akhirnya membuat hubungan mereka di dunia nyata makin dekat, sehingga Nemo sudah tidak perlu bersedih lagi setelah kematian ayahnya.