Superman adalah salah satu karakter DC paling populer yang kekuatannya sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Karena dia mempunyai semua kekuatan super yang diidam-idamkan oleh banyak superhero lain dan bahkan para supervillain. Mulai dari kemampuan untuk terbang, heat vision, napas es, sampai kekuatan fisik super yang membuatnya nyaris tidak bisa dilukai. Namun, dalam perjalanan di DC Universe, ternyata dia juga pernah diceritakan mengenakan sejumlah armor untuk menutupi beberapa kekurangannya. Armor apa saja? Berikut ini 7 armor terbaik yang pernah Superman kenakan di DC Universe!

Superman Unchained

Muncul pertama kali di komik Superman Unchained #7, Unchained Armor dipakai oleh Superman untuk melindungi tubuhnya dari serangan pasukan pemerintah yang menggunakan teknologi alien Wraith. Pada dasarnya fungsi dari Unchained Armor yang tersimpan dengan cukup baik di Fortress of Solitude ini adalah meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh Superman sampai berkali-kali lipat. Selain itu, armor ini juga dilengkapi dengan palu dan perisai energi yang memungkinkan serangan serta pertahanan Superman jauh lebih kuat dan lebih efektif dari sebelumnya.

Superboy-Prime Armor

Siapa yang tidak mengenal Superboy-Prime? Varian Superman jahat yang digadang-gadang paling kuat di DC Multiverse ini sering terlihat mengenakan sebuah armor yang menjadi kunci kekuatan luar biasanya. Ternyata selain membuatnya terlihat lebih mengintimidasi, armor Superboy-Prime ini juga memungkinkannya untuk menyerap dan menyimpan lebih banyak energi Matahari di tubuhnya. Dengan kata lain, dengan armor ini Superboy-Prime tidak perlu terbang mendekat ke arah Matahari lebih dahulu untuk meningkatkan semua kekuatan supernya.

Master Race Armor

Ketika bangsa Kryptonian jahat diceritakan mengivasi Bumi di komik Dark Knight III: The Master Race, Batman yang tidak punya pilihan lain terpaksa menciptakan kryptonite cair sintetis dan membuatnya turun dari langit seperti hujan. Hal tersebut sengaja dia lakukan agar para Kryptonian jahat langsung melemah ketika terkena hujan kryptonite tersebut. Untuk melindungi Superman yang berada di pihak Bumi, Batman memberinya Master Race Armor yang terbuat dari timah. Armor inilah yang akhirnya memungkinkan Superman tetap memiliki semua kekuatan supernya saat menghadapi ratusan Kryptonian jahat.

Kryptonite Suit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kryptonite adalah sumber kelemahan Superman yang paling fatal. Di komik Superman/Batman #44, Superman yang sangat sadar dengan kelemahannya tersebut lantas meminta bantuan kepada sahabatnya Batman untuk menciptakan armor yang dapat menanggulangi masalah tersebut. Singkat cerita mereka akhirnya berhasil menciptakan Kryptonite Suit, sebuah armor tertutup lengkap dengan helm dan visor yang dapat membuat setiap petualangan Superman lebih efektif. Yang lebih hebatnya lagi, armor ini juga mempunyai fitur yang dapat memperbaiki dirinya sendiri.

Sun Armor

Seperti yang kita tahu, Superman sangat mengandalkan energi Matahari untuk menjadi lebih kuat. Namun pada awal petualangannya, tepatnya di komik Superman Confidential #11, diceritakan bahwa Superman masih belum mempunyai banyak pengalaman dan belum bisa menyerap energi Matahari secara maksimal. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, sekaligus untuk melindunginya dari paparan kryptonite yang sering dimanfaatkan oleh Lex Luthor, Superman memutuskan untuk menggunakan Sun Armor yang terbuat dari timah. Di mana armor ini memang terbukti bisa mengatasi semua masalah tersebut.

Power Armor

Di DC Universe sendiri, Superman sebenarnya pernah beberapa kali diceritakan harus kehilangan kekuatan supernya. Salah satunya adalah ketika villain mahakuasa Mister Mxyzptlk mengutuknya menjadi manusia biasa. Namun, hal tersebut sama sekali tidak menghentikan tekadnya sebagai seorang superhero, di mana pada akhirnya dia meminta tolong kepada sahabatnya Professor Emil Hamilton untuk menciptakan Power Armor. Armor ini memungkinkan Superman untuk mempunyai kekuatan dan daya tahan tubuh super, sebelum akhirnya dia bisa mendapatkan kembali kekuatan alaminya.

Kryptonian Warsuit

Kryptonian Warsuit adalah armor robot yang pertama kali diceritakan di komik World of Krypton Vol. 2 #2. Armor yang tersimpan di Fortress of Solitude ini Superman kenakan ketika dia baru bangkit kembali setelah sebelumnya terbunuh oleh Doomsday. Selain dilengkapi dengan berbagai peralatan dan persenjataan canggih Kryptonian, armor ini juga terbukti bisa melindungi Superman yang pada saat itu proses pemulihannya terbilang sangat lambat. Dia menggunakan Kryptonian Warsuit ini untuk menghadapi supervillain Mongul, yang pada saat itu menginvasi Bumi karena mengira Superman telah mati.

Itulah 7 armor terbaik, terkuat, dan terkeren yang pernah Superman kenakan di DC Universe. Jika semua armor ini tidak pernah ada, mungkin sang Man of Steel tidak akan bisa bertahan sampai sekarang. Karena seperti yang sudah disinggung di atas, pada umumnya berbagai armor ini telah membuat Superman bisa menutupi sejumlah kekurangannya. Mulai dari kelemahannya terhadap Kryptonite, sampai pemulihan tubuhnya yang lambar karena baru bangkit kembali. Dari semua armor ini, dengan semua keunggulan dan penampilannya, kira-kira mana yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.