Setelah mengalami beberapa kali penundaan, akhirnya film Black Panther Wakanda Forever bisa tayang di seluruh bioskop dunia. Film yang merupakan penghormatan terakhir pada mendiang aktor Chadwick Boseman dan karakter T’Challa ini telah memperkenalkan Shuri dari Letitia Wright sebagai Black Panther baru di MCU. Namun anehnya, alih-alih melihat mendiang kakak atau ibunya di Ancestral Plane, Shuri malah bertemu dengan N’Jadaka alias Killmonger, supervillain yang tewas di film Black Panther pertama. Apa yang sebenarnya terjadi? Mari langsung saja kita bahas, Geeks.

Eksistensi Ancestral Plane di MCU

Sebelum mencari tahu alasan mengapa Shuri malah bertemu Killmonger, alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu apa itu Ancestral Plane yang jadi tempat pertemuan mereka. Di MCU sendiri, selain muncul di film Black Panther pertama, Ancestral Plane juga pernah disinggung di berbagai tayangan lainnya dengan sebutan Astral Plane, termasuk di film Doctor Strange dan serial Moon Knight. Bedanya, cara yang dilakukan oleh calon Black Panther untuk dapat mengakses alam leluhur tersebut adalah dengan meminum ramuan Heart Shaped Herb. Seperti halnya yang dilakukan oleh Shuri di film Black Panther 2.

Dengan kata lain, bagi para calon Black Panther, eksistensi Ancestral Plane lebih terasa unik sekaligus intim, karena mereka bisa bertemu dengan arwah leluhur mereka. Dalam kasus T’Challa dan Killmonger, mereka berbicara dengan ayah masing-masing dan baru bangkit setelah upacara pengangkatan Black Panther selesai. Sedangkan dalam kasus Shuri, dia bertemu dengan arwah Killmonger, baru setelah itu dia bisa melihat ibunya Ramonda di ending. Hal tersebut sebenarnya tidak melangar aturan Ancestral Plane karena sejatinya semua arwah bisa eksis di dalamnya, bukan hanya untuk orang baik saja.

Alasan Shuri Melihat Killmonger

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja Ancestral Plane, sekarang yang jadi pertanyaan adalah, dari sekian banyak arwah leluhur, mengapa Shuri malah bertemu dengan Killmonger? Padahal sebelum meminum Heart Shaped Herb, cukup jelas di matanya bahwa Shuri ingin sekali bertemu dengan mendiang kakak atau ibunya. Jawabannya adalah karena dalam prosesnya Shuri sedang dalam keadaan marah dan penuh dendam, seperti yang terjadi pada Killmonger semasa hidupnya. Kemiripan antara Shuri dan Killmonger inilah yang akhirnya membuat dia melihat arwah yang paling tidak dia inginkan.

Sebagai pengingat, Killmonger adalah villain di film Black Panther pertama yang muncul karena rasa dendamnya kepada Wakanda. Khususnya kepada T’Challa karena dia adalah anak T’Chaka yang telah mengasingkan sekaligus membunuh N’Jobu, ayah Killmonger. Dengan kemarahan yang sangat berapi-api, Killmonger berhasil menggulingkan T’Challa dan mengambil alih peran sebagai raja sekaligus Black Panther baru. Dia bahkan membakar semua Heart Shaped Herb agar tidak ada yang bisa menggantikannya. Namun saat T’Challa kembali, dia berhasil mengalahkan Killmonger dan merebut takhtanya.

Sedangkan bagi Shuri, meskipun pemicunya berbeda, tetapi cukup jelas bahwa di film Black Panther 2 dia telah diliputi kemarahan dan rasa dendam kepada dunia sekaligus dirinya sendiri. Karena menurutnya, takdir telah melakukan hal yang buruk kepadanya dengan merenggut semua orang yang disayanginya secara tiba-tiba. Di Ancestral Plane, arwah sepupunya, Killmonger, bertanya kepada Shuri, apakah dia ingin menjadi Black Panther yang terhormat seperti kakaknya atau Black Panther yang penuh kemarahan seperti dirinya. Sayangnya, sebelum sempat menjawab, Shuri sudah lebih dahulu tersadar.

Mengapa di Akhir Shuri Melihat Ibunya?

Singkat cerita, kejadian di Ancestral Plane telah membuat Shuri terlahir kembali sebagai Black Panther baru yang penuh dengan kemarahan. Di mana dia sangat ingin membalaskan dendam ibunya dengan membunuh Namor bagaimana pun caranya. Dia bahkan tidak mau mendengar sara M’Baku yang mengatakan bahwa membunuh Namor sama saja dengan menyalakan perang abadi antara Talokan dan Wakanda. Setidaknya pikiran ini bertahan sampai dia bertarung satu lawan satu melawan Namor di pertarungan final.

Setelah melalui pertarungan yang cukup epik, Namor akhirnya terkapar tidak berdaya karena tubuhnya sudah terlalu lama jauh dari air. Pada titik ini Shuri bisa saja langsung membunuh Namor seperti rencana awalanya. Namun, dia justru melihat arwah Ramonda di Ancestral Plane yang mengatakan, “tunjukan siapa dirimu yang sebenarnya!” Alasan mengapa dia melihat ibunya tidak lain karena Shuri telah sadar bahwa jauh di dalam lubuk hatinya dia ingin menjadi Black Panther yang terhormat seperti kakaknya. Akhirnya pertempuran pun berakhir dengan Shuri yang berjanji akan melindungi Namor dan Talokan.

Itulah pembahasan tentang alasan mengapa Shuri melihat Killmonger terlebih dahulu di Ancestral Plane, baru setelah itu dia melihat ibunya Ramonda di ending. Secara tidak langsung kemarahan dan perasaan dendam Shuri telah membuatnya bertemu dengan Killmonger. Karena dialah sosok yang terakhir kali terlihat penuh dengan perasaan dendam dan kemarahan. Untungnya, di pertempuran final Black Panther Wakanda Forever, Shuri telah kembali ke jalan yang besar. Di mana dia bisa memperbaiki semua kesalahan yang telah dia lalui sebelumnya dengan menjadi orang yang terhormat seperti ajaran ibunya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.