Dilansir dari GQbaru-baru ini aktor Hollywood Brendan Fraser mengatakan bahwa dia tidak akan menghadiri acara Golden Globe Awards 2023, meskipun masuk ke dalam salah satu nominasinya. Beberapa waktu lalu film terbaru Fraser yang berjudul The Whale telah menayangkan premierenya di Venice International Film Festival yang ke-79. Di mana banyak kritikus yang memuji penampilan Fraser, tidak sedikit juga yang merasa bintang The Mummy ini berpotensi masuk nominasi di acara penghargaan bergengsi lainnya.

Pernyataan yang cukup mengejutkan ini, Fraser sampaikan dalam sesi wawancaranya dengan GQ, di mana dia tampil sebagai bagian dari cerita sampulnya untuk Man of the Year edisi ke-27. Brendan Fraser menjelaskan bahwa tidak akan berpartisipasi dalam acara Golden Globe karena sejarahnya dengan Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Khususnya dengan mantan presidennya, Philip Berk, yang pada tahun 2003 lalu sempat dia laporkan telah melakukan pelecehan kepadanya.

“Saya memiliki lebih banyak sejarah [kurang mengenakan] dengan Hollywood Foreign Press Association daripada rasa hormat saya kepada mereka,” jawab Fraser saat ditanya oleh GQ tentang apa yang akan dia lakukan jika mendapatkan undangan nominasi. “Karena sejarah yang saya miliki dengan mereka, saya tidak akan menghadiri acaranya. Dan ibuku juga tidak membesarkan saya untuk menjadi orang munafik. Kalian bisa memanggil saya apa saja, tetapi bukan yang satu itu.”

Bagi yang masih penasaran dengan duduk permasalahannya, HFPA sendiri adalah organisasi yang menggelar acara Golden Globe Awards. Pada tahun 2013, Fraser juga sempat mengatakan kepada GQ bahwa mantan presiden HFPA Phil Berk telah melakukan pelecehan kepadanya pada tahun 2003 saat tengah melakukan makan siang di Hotel Beverly Hills. “Tangan kirinya mengerayangi dan meraih pantatku, dan kemudian menyentuh [bagian yang tidak seharusnya]. Saya merasa sakit hati dan merasa seperti anak kecil. [Pada saat itu] saya hampir menangis,” ungkap Fraser.

Menurut Fraser, kontroversi skandalnya dengan Berk adalah salah satu penyebab mengapa dia masuk daftar hitam Hollywood di puncak kariernya. Berdasarkan semua pernyataannya ini, sepertinya Fraser memang masih belum menyelesaikan masalahnya dengan pihak HFPA, begitu juga sebaliknya. Sehingga cukup masuk akal jika pada akhirnya Brendan Fraser tidak akan datang ke acara Golden Globe meskipun menjadi salah satu nominasi terkait perannya di film The Whale.