Mungkin sebagian besar penggemar Marvel sepakat bahwa Avengers adalah tim superhero terbaik, terkuat, dan terkeren di muka Bumi. Debut pada tahun 1963, sampai sekarang Avengers sendiri telah melibatkan banyak sekali superhero populer. Yang masing-masing telah bersumpah untuk melindungi Bumi sampai titik darah penghabisan. Walaupun begitu, dalam sejarahnya ternyata Avengers juga pernah melakukan beberapa kesalahan yang malah menyebabkan krisis di Bumi. Berikut ini 5 momen langka Avengers yang malah terbukti hampir hancurkan dunia dan semua isinya!

Ciptakan Ultron

Siapa yang tidak mengenal Ultron? Musuh bebuyutan Avengers yang satu ini adalah android tercerdas di muka Bumi yang hanya mempunyai satu tujuan, yaitu memusnahkan semua kehidupan. Baik di komik maupun di MCU, cukup jelas bahwa Ultron adalah hasil dari kesalahan yang dilakukan oleh Avengers sendiri, entah itu penciptanya Hank Pym atau Tony Stark alias Iron Man. Jika saja sejak awal mereka tidak menciptakan Ultron hanya karena ingin tugas superhero lebih mudah, mungkin tidak pernah ada kisah di mana dia berhasil membunuh banyak makhluk hidup dengan pasukan Sentries-nya.

Tinggalkan Bumi Tanpa Perlindungan

Sebagai tim terbaik Bumi, Avengers pernah diceritakan malah meninggalkan Bumi tanpa perlindungan ketika mereka ingin menghadapi bangsa alien Builder. Salahnya, mereka sama sekali tidak meninggalkan satu anggota pun sebagai rencana antisipasi jika Bumi diserang. Hal ini justru membuka jalan bagi Thanos untuk menginvasi Bumi dengan pasukannya. Dalam prosesnya dia bahkan berhasil menghancurkan sebagian besar wilayah di penjuru Bumi, termasuk New York, Wakanda, dan Atlantis.

Hanya bangsa Inhuman yang masih tinggal untuk melindungi Bumi, di mana Black Bolt pada akhirnya terpaksa meledakan Terrigen Bomb untuk membangkitkan pasukan Inhuman. Sayangnya, hal ini malah membuat banyak mutan tewas setelah terkena efek Terrigen. Di akhir kisah Avengers memang sempat kembali ke Bumi sebelum semuanya hancur. Namun yang berhasil mengalahkan Thanos justru bukan mereka, melainkan anak sang Mad Titan sendiri yaitu Thane.

Civil War

Saat pemerintah Amerika mencanangkan Superhero Registration Act untuk mengendalikan para superhero, bukannya bersatu, para Avengers malah terpecah menjadi dua kubu. Di mana Iron Man mendukung pemerintah, sementara Captain America menolaknya. Hal ini akhirnya menyebabkan perang saudara besar-besaran antara dua kelompok manusia super. Perbuatan mereka justru malah memicu krisis yang juga harus dialami oleh masyarakat sipil. Di mana banyak korban yang tewas, bangunan dan monumen yang hancur, serta memecah belah hubungan antara manusia di muka Bumi.

Civil War II

Bukannya belajar dari kesalahan masa lalu, di kisah Civil War II, Avengers lagi-lagi menyebabkan krisis di muka Bumi dengan memulai perang saudara kedua antara para superhero. Di mana kali ini mereka terbagi menjadi dua kelompok, antara pendukung Iron Man dan pendukung Captain Marvel. Semuanya bermula dari ramalan mutan Ulysses terkait peristiwa masa depan. Kubu Iron Man sepakat untuk membiarkan masa depan seperti apa adanya, sedangkan kubu Captain Marvel ingin mengubahnya. Mirisnya, pertikaian mereka justru membuat masa depan jauh lebih buruk dari ramalannya.

Gabung Hydra Supreme

Terakhir, kesalahan Avengers yang malah hampir hancurkan dunia, terjadi saat Cosmic Cube hidup bernama Kobik menggantikan keberadaan Steve Rogers dengan varian Hydra Supreme. Mirisnya, saat Hydra Supreme dan pasukannya hampir berhasil menguasai Amerika, beberapa anggota Avengers malah bergabung dengan mereka. Termasuk Scarlet Witch yang dirasuki Chthon, Vision yang tubuhnya di-hack oleh Arnim Zola, bahkan Thor yang khawatir Hydra Supreme akan membunuh Jane Foster. Untungya saat Hydra hampir menang, Steve berhasil lolos dari cengkraman Kobik dan mengalahkan Hydra Supreme.

Itulah 5 momen Avengers hampir hancurkan dunia karena kesalahan dan perbuatan yang mereka lakukan sendiri. Berbagai kesalahan ini tentunya menjadi catatan hitam dalam sejarah Avengers yang seharusnya melindungi Bumi dengan segenap kekuatan sampai titik darah penghabisan. Alih-alih memenuhi sumpah tersebut, para anggotanya malah turut berkontribusi dalam membawa kerugian bagi Bumi dan semua isinya. Di mana seharusnya itu semua bisa mereka cegah seandainya lebih mengerti mana yang menjadi prioritas bagi Avengers sendiri.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.