Seperti yang kita tahu, saat ini setidaknya ada dua jagat sinema Marvel yang eksis berbarengan. Jagat sinema pertama adalah Marvel Cinematic Universe dari Marvel Studios, dan yang kedua adalah Sony’s Spider-Man Universe yang didirikan belum lama ini oleh Sony Pictures. Bedanya, SSU hanya berfokus kepada para karakter yang mempunyai koneksi langsung dengan Spidey. Misalnya seperti karakter Eddie Brock dari Tom Hardy yang debut di film Venom pertama pada tahun 2018 lalu.

Sebagai pengingat, di Marvel Universe Venom adalah karakter yang melakukan debutnya sebagai musuh Spidey. Dia baru menjadi antihero setelah Carnage muncul sebagai musuh yang lebih mengancam, sehingga mau tidak mau Venom dan Spidey harus saling bekerja sama. Hal yang sama tidak terjadi di SSU, Venom justru langsung muncul sebagai antihero tanpa keterlibatan Spidey sama sekali. Pada saat itu memang sempat beredar rumor tentang Spider-Man Tom Holland yang akan muncul di film Venom pertama, tetapi ternyata hal tersebut tidak pernah terjadi.

Baru-baru ini saluran Youtube Heavy Spoilers mengklaim bahwa Spider-Man MCU memang hampir muncul sebagai cameo di film Venom, tetapi ide tersebut dihentikan oleh Marvel Studios. Tidak jelas apa yang menjadi alasan Marvel dalam menghentikan ide Sony tersebut. Walaupun begitu tidak sedikit penggemar yang berpekulasi mungkin itu semua berhubungan dengan batasan yang ada di antara kedua jagat sinema, mengingat pada saat itu Marvel masih belum memperkenalkan konsep multiverse.

Barulah para tahun 2021, film sekuel yang berjudul Venom: Let There be Carnage bisa menampilkan cameo Spider-Man Holland melalui adegan credit scene. Di mana Venom diceritakan terbawa ke MCU melalui sebuah peristiwa multiverse, lalu dia melihat sosok Spidey di TV yang berkaitan langsung dengan film Spider-Man: No Way Home. Salah satu alasan mengapa adegan tersebut bisa terjadi mungkin karena Marvel Studios telah memperkenalkan konsep multiverse lebih dahulu di serial Loki.

Venom memang sempat muncul juga sebagai cameo di credit scene Spider-Man: Far From Home. Dengan hal tersebut setidaknya kedua karakternya telah mempunyai sedikit koneksi, meskipun dengan cara yang tidak biasa. Dan melalui klaim terbaru dari Heavy Spoilers, setidaknya sekarang kita jadi mengetahui mengapa Spider-Man Holland batal tampil di film Venom pertama.