Apakah apel yang di kepala Vegapunk memiliki arti khusus atau hanya sekedar hiasan belaka? Kemunculan sosok Vegapunk akhirnya terjadi pada chapter 1066 kemarin, di mana dia muncul dalam bentuk fisiknya. Setelah bertahun-tahun lamanya sejak kemunculan perdana dari sosoknya, para fans pun penasaran seperti apa sosok asli dari ilmuwan paling cerdas di dunia One Piece tersebut.

Ternyata, secara penampilan memang Vegapunk memiliki desain karakter yang nyentrik. Wajahnya miirip ilmuwan dunia, Albert Einstein, yang mana mungkin itulah sumber inspirasi Oda Sensei. Namun, jika Geeks perhatikan di sosok Vegapunk terdapat sesuatu yang unik. Yaitu pada bagian kepalanya terdapat potongan buah apel. Yang “menutupi” bagian atas kepalanya. Meskipun nampak biasa saja, terdapat spekulasi jika apel tersebut memiliki makna tersembunyi.

Simbol Pengetahuan

Spekulasi pertama dari arti apel di kepala Vegapunk adalah simbol pengetahuan. Di masyarakat barat apel sering kali digambarkan atau diartikan sebagai sebuah simbol pengetahuan. Geeks mungkin sering atau pernah menemukan adegan di mana terdapat apel di sebuah meja guru. Atau ketika murid memberikan sebuah apel untuk gurunya secara langsung.

Geeks mungkin heran apa kaitannya apel dan ilmu pengetahuan. Namun, jika Geeks ingat kembali apel adalah buah yang membantu Sir Isaac Newton untuk nememukan teori gravitasi yang masih berlaku sampai sekarang. Seperti yang kita ketahui, Newton berhasil mendapatkan ide tentang teori tersebut setelah buah apel jatuh di atas kepalanya dan bmemberikannya inspirasi tentang teori gravitasi.

Dalam konteks One Piece dan Vegapunk, buah apel tersebut bisa jadi adalah simbol pengetahuan mengingat dia adalah sosok paling cerdas di dunia. Mungkin, Oda Sensei ingin menghadirkan referensi atau semacam Easter egg dari Newton melalui hal tersebut. Tetapi, hal ini sendiri cukup masuk akal mengingat Vegapunk juga adalah sosok yang cerdas.

Buah Dari Pohon Pengetahuan

Spekulasi lainnya menyebutkan bahwa apel di kepala Vegapunk bisa berarti buah dari Pohon Pengetahuan. Dalam ajaran agama Kristen, terdapat sebuah kisah tentang Pohon Pengetahuan dari sifat baik dan jahat (Tree of Knowledge of Evil and Good). Pohon tersebut berada di surga, di mana terdapat larangan untuk memakan buah yang ada di pohonnya.

Dan buah yang ada di pohon tersebut adalah apel. Meskipun kecil kemungkinannya, namun bukan hal mustahil jika Oda Sensei menghadirkan referensi ini sebagai salah satu arti dari buah apel di kepala Vegapunk. Pasalnya, sudah sangat sering Oda Sensei memasukan unsur ajaran sebuah agama atau kepercayaan. Misalnya, agama Hindu, Buddha, atau bahkan Shinto.

Selain dari kepercayaan atau agama, Oda Sensei juga sering menghadirkan referensi sebuah kisah atau cerita mitologi. Misalnya tentang bagaimana Momonosuke yang diadaptasi dari dongeng Momotaro, cerita rakyat Jepang. Kemudian, transformasi Kaido dari ikan menjadi naga yang diadaptasi dari cerita di Tiongkok. Dalam konteks Vegapunk, mungkin dia pernah melakukan kesalahan atau larangan dari Pemerintah Dunia. Misalnya, dia mengetahui tentang rahasia dunia yang memang tidak ada satu orang pun yang boleh mengetahuinya.

Petunjuk Penelitian Tentang Buah Iblis

Kemungkinan terakhir adalah petunjuk tentang buah iblis. Seperti yang Geeks ketahui selama ini bahwa buah iblis masih menjadi satu misteri besar yang ada di seri One Piece. Itu adalah sesuatu yang mampu memberikan kekuatan misterius kepada siapa saja yang memakannya. Sayangnya, sampai sejauh ini, Oda Sensei sendiri masih belum banyak memberikan informasi terkait buah iblis.

Dengan misteri tentang buah iblis yang masih menggantung sampai sekarang, kemunculan Vegapunk di chapter terbaru ini kemungkinan akan mampu memberikan jawaban dari semua misteri itu. Bahkan, Oda sendiri sudah sejak lama memberikan informasi atau petunjuknya. Dia menjelaskan bahwa Vegapunk yang mengetahui jawabannya. Dalam hal ini, Oda ingin menyampaikan bahwa Vegapunk merupakan kunci untuk semua hal tentang buah iblis one piece.

Vegapunk adalah salah satu ilmuwan yang meneliti tentang buah iblis. Bahkan, dia juga mampu menciptakan buah iblisnya sendiri yang kemudian dikonsumsi oleh Momonosuke. Bagaimana kemudian dia berhasil menciptakan buah iblis, yang bahkan jauh lebih sempurna dari SMILEs, menunjukan bahwa pengetahuannya tentang hal ini sangat luar biasa.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya wajar jika kemudian Oda Sensei menyerahkan tugas untuk mengungkapkan misteri buah iblis kepada Vegapunk. Dan hal ini pun direpresentasikan dalam bentuk apel yang ada di kepalanya. Spekulasi ini juga termasuk salah satu spekulasi yang cukup masuk akal mengingat adanya relevansi dengan apa yang akan terjadi kedepannya. Bagaimana menurut kalian mengenai hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.