Film Black Panther Wakanda Forever baru saja memperlihatkan debut MCU Namor dan bangsa bawah laut Talokan dengan sangat memukau. Talokan sendiri adalah Atlantis versi MCU yang telah mendapatkan sejumlah penyesuaian agar kisah mereka lebih menarik. Salah satunya yang membuat penampilan mereka cukup berkesan adalah fakta bahwa Namor dan bangsa Talokan ternyata sangatlah kuat, bahkan dalam beberapa kesempatan mereka tampak abadi alias tidak bisa mati.

Tanda-tanda keabadian Talokan bisa kita lihat di pertengahan film, saat pasukan Talokan yang dipimpin oleh Namora dan Attuma menyerang Shuri, Ironheart, dan Okoye di jembatan. Meskipun awalnya Okoye berhasil menumbangkan sejumlah pasukan Talokan dengan serangan mematikannya, mereka secara ajaib masih bisa bangkit kembali seperti tidak terjadi apa-apa. Dari sinilah muncul pertanyaan apakah benar bangsa Namor abadi di MCU? Mari kita bahas fakta Talokan sebenarnya, Geeks!

Origin Bangsa Talokan di MCU

Di film Black Panther Wakanda Forever, origin bangsa Atlantis versi MCU alias Talokan telah dijelaskan langsung oleh Namor yang mengonfirmasi bahwa dia telah hidup sejak abad ke-16. Namor bercerita kepada Shuri bahwa awalnya ibunya dan semua leluhur Talokan adalah bagian dari suku Maya yang diasingkan. Dalam pelariannya, dukun mereka memohon petunjuk kepada dewa hujan Chaac agar mereka tidak perlu melarikan diri lagi dari kenyatannya. Chaac lantas memberi wahyu kepada sang dukun agar mereka memakan ramuan yang terbuat dari tanaman ajaib bergetah biru.

Awalnya ibu Namor sempat tidak mau memakan ramuan tersebut karena khawatir dengan kandungannya. Namun, saat dukun tersebut berjanji akan menjadikan anaknya, yaitu Namor sebagai raja di kehidupan mereka selanjutnya, dia akhirnya mau memakan ramuannya bersama yang lain. Singkat cerita, setelah memakan ramuan tersebut mereka tampak sakit dan terlihat mati, tetapi sejurus kemudian mereka bangkit kembali sebagai homo mermanus alias manusia yang hanya bisa bernapas di air. Pada titik inilah bangsa pertama Talokan lahir dengan Namor sebagai pemimpinnya yang bernama Kukulkan.

Tidak ada satu pun penjelasan Namor di film Black Panther Wakanda Forever yang mengungkapkan bahwa bangsa Talokan abadi. Faktanya mereka bisa mati, seperti ibu Namor yang akhirnya dikubur di permukaan sesuai permintaan terakhirnya. Bahkan di adegan lain seorang penjaga Talokan akhirnya tetap mati di hadapan Namor setelah terkena tembakan Nakia yang mencoba menyelamatkan Shuri. Lantas apa yang terjadi dengan kasus Okoye di jembatan, sebelum membahasnya mari kita selami terlebih dahulu kehebatan para homo mermanus di komiknya.

Apakah Atlantean Abadi di komik?

Seperti yang kita tahu, Talokan adalah bangsa yang terinpirasi dari Atlantean yang eksis di Marvel Comics. Mereka sama-sama homo mermanus yang akhirnya hanya bisa bernapas di dalam air dengan mengesktrak oksigen yang ada di dalam air menggunakan insangnya. Di komiknya tidak disebutkan bahwa bangsa Namor ini abadi. Sebaliknya, mereka justru makhluk hidup yang juga bisa sakit, menua, dan akhirnya mati. Bedanya, usia rata-rata harapan hidup seorang Atlantean bisa mencapai 150 tahun, dua kali lebih lama dari manusia biasa yang usia harapan hidupnya sekitar 75 tahun.

Artinya secara daya tahan dan kekuatan, bisa kita simpulkan bahwa homo mermanus alias Atlantean dua kali lebih kuat dari manusia. Daya tahan tubuh mereka terhadap penyakit, racun, virus, dan sebagainya, lebih kuat dua kali lipat dari manusia pada umumnya. Begitu juga dengan kekuatan fisik Atlantean, di mana kulit luar dan juga organ dalamnya sudah pasti lebih kuat dari manusia permukaan. Karena jika mereka lebih lemah atau misalnya sama dengan manusia, mungkin tubuh mereka akan langsung hancur ketika menghadapi tekanan air dan suhu ekstrem di laut dalam.

Apa yang sebabkan Talokan Tampak Abadi?

Dari penggambaran Atlantean di Marvel Comics, sebenarnya hal tersebut sudah cukup untuk menjawab mengapa pasukan Talokan di MCU bisa bangkit kembali meskipun terkena serangan mematikan dari Okoye. Apalagi dalam kasus Namor, dia sudah pasti jauh lebih kuat dari Talokanil pada umumnya, itulah mengapa usianya bisa mencapai 500 tahun saat muncul di film Black Panther Wakanda Forever. Selain penjelasan bahwa Talokan mempunyai tubuh yang lebih kuat dari manusia, alasan mengapa bangsa Namor ini tampak abadi juga bisa karena tanaman hijau bergetah biru yang dimakan oleh para leluhurnya.

Sebagai pengingat, tanaman hijau Talokan yang dijadikan gelang dan kemudian Namor berikan kepada Shuri sebenarnya mempunyai zat pembentuk yang sama seperti Heart Shaped Herb milik Wakanda. Di mana Heart Shaped Herb sendiri adalah tanaman yang telah terpapar oleh vibranium sehingga dapat membuat orang yang memakannya menjadi Black Panther. Berdasarkan hal tersebut bukan tidak mungkin artinya para leluhur Talokan juga mempunyai ketahanan fisik seperti Black Panther. Sehingga para keturunannya mungkin mendapatkan efek yang sama tanpa perlu memakan tanamannya lagi.

Itulah penjelasan mengapa bangsa Namor tampak abadi di film Black Panther Wakanda Forever. Berdasarkan semua ini cukup jelas bahwa mereka bukan abadi, melainkan mempunyai ketahanan fisik yang lebih kuat dari manusia pada umumnya. Sehingga ketika Okoye atau Dora Milaje lain menyerang mereka, para Talokan masih bisa menerima serangan yang lebih banyak sampai akhirnya mereka benar-benar mati seperti makhluk hidup lainnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.