Mungkin tidak banyak penggemar casual DC yang mengenal siapa itu Lobo, karena memang kemunculannya sendiri tidak seperti karakter komik pada umumnya. Faktanya dia adalah salah satu karakter paling brutal di DC Universe yang mempunyai kisah cukup unik dan juga menarik untuk diikuti. Yang lebih menariknya lagi, baru-baru ini pemimpin baru DC Studios James Gunn membagikan sebuah postingan misterius di media sosialnya yang memperlihatkan gambar karakter Lobo.

Berdasarkan postingan Gunn tersebut, tidak sedikit penggemar yang berpekulasi bahwa Lobo akan segera debut di jagat sinema live action DCU. Mengingat karakternya telah eksis di DC Universe sejak tahun 80-an, sebenarnya bukan sesuatu yang aneh jika Lobo benar-benar muncul dan bahkan bertemu dengan para anggota Justice League atau Suicide Squad di DCU. Sambil menunggu seperti apa kelanjutan kabarnya, tidak ada salahnya mari kita kenali lebih dahulu siapa sebenarnya Lobo dan seberapa brutal karakternya. So check this out, Geeks!

Lobo, Czarnian Terakhir di DC Universe

Lobo adalah karakter DC yang pertama kali melakukan debutnya sebagai villain di komik Omega Men #3 (1983). Pada saat itu pencipta karakternya, Keith Giffen, mengatakan bahwa Lobo dimaksudkan sebagai parodi superhero ‘buas’ Marvel, seperti Wolverine dan Punisher. Namun, karena karakternya mendapatkan sambutan yang hangat dari para penggemar DC, akhirnya Lobo bisa eksis sampai sekarang. Setelah melalui berbagai revisi kisah origin, Lobo sekarang dikenal sebagai alien terakhir dari planet Czarnia yang menjadi tentara bayaran dan pemburu hadiah paling brutal di DC Universe.

Pada tahun 1990 dia muncul dengan serial komik solonya sendiri yang berjudul Lobo: The Last Czarnian, di mana dia diceritakan membantai semua makhluk hidup di planet damai Czarnia dan menjadi orang terakhir dari planetnya. Setelah kemunculannya yang sangat nyentrik tersebut, dia juga kembali di berbagai kisah lain. Mulai dari Paramilitary Christmas Special, yang menceritakan perburuan Lobo terhadap Santa Claus. Sampai Lobo Infanticide, di mana dia harus meghabisi ratusan keturunannya di Czarnia yang saling bekerja sama untuk mencoba membunuhnya.

Di era DC Rebirth sendiri, Lobo memulai kisahnya sebagai seorang tahanan di penjara Catacombs. Di mana dia menjadi salah satu anggota Suicide Squad pertama di bawah perintah Amanda Waller. Singkat cerita, Lobo akhirnya berhasil kabur dari Catacombs dengan bantuan Maxwell Lord yang kemudian mengajaknya bergabung dengan Justice League. Bersama para superhero populer lainnya, seperti Superman, Batman, Wonder Woman, dan sebagainya. Tanpa sepengetahuan Lobo, Batman diam-diam menanamkan bom di dalam kepala Lobo dan meledakannya dengan sengaja.

Setelah beregenerasi, Lobo sadar bahwa yang dilakukan oleh Batman semata-mata karena dia ingin melepaskannya dari kemampuan pengendalian pikiran yang dilancarkan oleh Lord. Pada titik inilah dia langsung mencoba menyelamatkan anggota Justice League lain yang pikirannya dikendalikan oleh Lord menggunakan Heart of Darkness. Sejak saat itulah Lobo lebih dikenal sebagai seorang anti-hero. yang mempunyai tempat khusus di kalangan superhero DC.

Anti-hero yang Sulit Mati

Sebagai seorang Czarnia, Lobo mempunyai ciri-ciri fisik berkulit biru dan mempunyai dandanan seperti anak metal. Tubuhnya yang sangat berotot menandakan bahwa dia sangat kuat, baik secara fisik maupun mental. Hanya dengan tangan kosong dia bisa membelah seorang manusia dan mengangkat beban 100 ton dengan mudah. Dalam beberapa kesepatan Lobo juga pernah saling melemparkan pukulan dengan Superman dan sama sekali tidak terluka. Sekalipun terluka, Lobo mempunyai kemampuan healing factor yang memungkinkannya untuk langsung sembuh dari luka yang sangat fatal.

Selain kuat, tubuh Lobo juga kebal terhadap berbagai jenis serangan dan juga racun. Termasuk suhu ekstrem seperti dinginnya luar angkasa dan panasnya matahari. Meskipun tidak bisa terbang, tetapi Lobo bisa berkeliling galaksi menggunakan motor luar angkasanya yang disebut Spacehog. Dan tentunya sebagai seorang bounty hunter dia mempunyai kemampuan untuk memburu targetnya dengan sangat efektif. Misalnya penciuman super tajam serta keahlian melacak.

Di balik semua kekuatannya ini, Lobo juga sebenarnya mempunyai satu kelemahan. Yaitu dia bisa dibunuh oleh bangsa Czarnian lain. Di mana kemampuan healing factor dan kekebalannya tidak berlaku ketika menghadapi orang dari planetnya. Untungnya, dia telah membantai semua orang di planet Czarnia, jadi dia tidak perlu lagi emngkhawatirkan kelemahannya, setidaknya untuk sekarang. Jika suatu hari nanti dia mempunyai anak lagi, mungkin situasinya akan sedikit berbeda.

Nasib Lobo Versi Live Action di DCU

Seperti yang sudah kita singgung di awal, James Gunn sempat membagikan pesan misterius melalui sebuah gambar yang memperlihatkan karakter Lobo. Bukan tidak mungkin ke depannya kita akan melihat aksi Lobo dalam bentuk live action di DCU. Yang lebih menariknya lagi, bersamaan dengan spekulasi tersebut, Jason Momoa juga baru saja mengungkapkan kepada ET Canada bahwa saat ini DC Studios tengah mengerjakan proyek impiannya. Tentu saja ini membuat penggemar makin mengharapkan kemunculan karakter Lobo di DCU dengan Momoa sebagai pemerannya.

Saat ini Momoa memang tengah memerankan karakter Arthur Curry alias Aquaman di DCU, tetapi bukan berarti dia tidak bisa berperan sebagai Lobo sekaligus, walaupun pasti tidak akan mudah. Apalagi pada tahun 2014, jauh sebelum menjadi Aquaman, Momoa yang hadir dalam acara Evolution Expo sempat mengungkapkan ketertarikannya untuk memerankan karakter Lobo. Siapa pun pemerannya nanti, jika benar Lobo akan muncul di DCU, dia bisa saja menjadi bagian dari Justice League untuk meramaikan jagat sinema live action DC yang digadang-gadang akan lebih menarik lagi ke depannya.

Itulah pembahasan tentang karakter Lobo, anti-hero yang brutal dan sulit mati di DC Universe. Dengan semua yang dimilikinya, termasuki kisah origin yang unik serta kekuatan yang luar biasa, cukup jelas bahwa Lobo adalah salah satu karakter menarik DC yang tidak bisa kita pandang sebelah mata. Sepertinya akan sangat menarik sekali jika suatu hari nanti Lobo benar-benar mendapatkan kesempatan untuk beraksi dengan para karakter menarik lainnya di DCU. Bagiamana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.