Pembantaian desa Konoha dalam cerita di seri manga Boruto: Naruto Next Generation sepertinya akan segera terjadi dalam waktu dekat. Hal ini berdasarkan ancaman yang ada dari sosok villain bernama Code. Seperti yang kita ketahui, di chapter sebelumnya Code sudah bersumpah untuk menghancurkan seluruh desa Konoha. Bahkan, dia juga bersumpah untuk menghancurkan Naruto dan semuanya.

Untuk saat ini, ancaman Code benar-benar nyata pasca Amado melepaskan limiter dalam tubuhnya. Dengan limiternya yang terlepas, informasinya kekuatan Code akan melebihi Jigen. Dan hal ini pun terbukti bagaimana Code berhasil menghadirkan ancaman bagi Konoha dan seluruh dunia dengan adanya bantuan monster Jyuubi alias monster ekor sepuluh.

Penghargaan Karakter Utama

Seperti halnya para mangaka lainnya, Masashi Kishimoto juga memiliki pola cerita yang unik yang dia hadirkan dalam ceritanya. Termasuk petunjuk mengenai kehancuran Konoha yang mungkin akan terjadi dalam waktu dekat. Pola tersebut adalah bagaimana para karakter utama mendapatkan “penghargaan” dari pertarungan yang mereka jalani. Misalnya, dalam pertarungan pertama Boruto menghadapi Momoshiki dia mendapatkan Karma.

Kemudian, dalam pertarungan melawan Isshiki, Naruto mendapatkan kekuatan dahsyat yaitu Baryon Mode. Dan dalam pertarungan selanjutnya, Boruto mendapatkan penghargaan berupa perubahan atau transformasi penuh menjadi Otsutsuki. Mungkin Geeks bertanya siapa yang kemudian akan menjadi ancaman selanjutnya. Melihat alur ceritanya, Code masih akan jadi ancaman besar bagi Konoha dan yang lain.

Jika Geeks perhatikan, pertarungan sebelumnya antara Kawaki dan juga Boruto menghadapi Code tanpa limiter seolah “mengulang kembali” apa yang sudah muncul sebelumnya. Dalam hal ini, pertarungan tersebut “meniru” pertarungan antara Jigen menghadapi Sasuke dan Naruto. Saat itu, Jigen masih dalam form awalnya. Dan pertarungan awal Boruto dan Kawaki menghadapi Code pun demikian.

Saat itu, baik Code atau pun Isshiki sama-sama masih memperlihatkan kekuatan awal mereka. Jika kemudian Isshiki akhirnya muncul dan menghadapi Naruto serta Sasuke dalam pertarungan kedua, artinya Code tanpa limiter juga akan muncul dan kembali berhadapan dengan Kawaki dan Boruto. Meskipun Eida dan Daemon ada di pihak Konoha, Code sepertinya tidak takut akan hal tersebut.

Kekuatan Code

Lalu, apa yang membuat Code tidak takut untuk menghadapi Boruto, Kawaki, dan yang lain. Salah satunya adalah kekuatan limiter dalam tubuhnya yang sudah terlepas. Meskipun kita melihat bagaimana Daemon mampu mengalahkannya dengan mudah, tapi bisa jadi Code belum memperlihatkan kekuatannya yang asli. Para fans sendiri yakin jika kekuatan Code tanpa limiter sangat dahsyat.

Belum lagi, Code memiliki pasukan Jyuubi. Seperti yang kita lihat di chapter sebelumnya, dengan limiternya yang sudah terlepas artinya dia bisa mengendalikan kekuatannya sesuka hati. Dan hal ini termasuk pengendalian Claw Marks yang menjadi andalannya. Dengan menggunakan Claw Marks, Code kemudian membuat pasukan Jyuubi dengan cara memecah mereka menjadi seukuran manusia.

Akibatnya, jumlah pasukan Jyuubi ini menjadi sangat banyak. Di chapter 74 kemarin, kita masih belum melihat Code bergerak dengan pasukannya. Namun, rasanya hal tersebut tidak akan lama lagi terjadi. Dengan adanya pasukan Jyuubi tersebut, Code bukan hanya  mampu menghancurkan Konoha. Jika dia mau, dia bahkan bisa menghancurkan dunia. Dan dengan pasukannya ini Code bisa saja melakukan pembantaian terhadap desa Konoha.

Kehancuran Konoha

Di chapter 73, kejutan muncul di mana Momoshiki kembali hadir tanpa Boruto harapkan. Momoshiki menertawakan janji Boruto kepada Hinata bahwa dia akan kembali dari misinya. Namun, Momoshiki sendiri menyatakan bahwa tidak ada jaminan bahwa dia akan kembali ke Konoha dengan selamat. Momoshiki juga menjelaskan bahwa kehancuran Konoha dan Boruto sudah ada di depan mata.

Momoshiki sendiri menantikan momen dia kembali berhasil merebut kesadaran dan pengendalian tubuh Boruto. Menurutnya, dia akan mengambil alih secara penuh tubuh Boruto ketika momennya tepat. Momen apakah itu? Yaitu ketika Boruto sudah kehilangan semua yang dekat dengannya. Dengan begitu, mental dan jiwanya akan terganggu yang mana membuat dia memutuskan untuk tidak mau lagi hidup.

Momen kehancuran Boruto menjadi momen juga bagi kehancuran Konoha. Bagaimana caranya? Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Code menggunakan pasukan Jyuubi untuk menebar teror. Namun, seperti yang Geeks tahu bahwa ukuran Jyuubi yang ada di tangan Code memang tidak terlalu besar. Kemungkinan, hal tersebut karena Bijuu tersebut tidak mengonsumsi chakra kehidupan dengan cukup atau dalam jumlah yang besar.

Bagaimana kemudian para pasukan Jyuubi tersebut menyerap kekuatan chakra dan bertambah kuat? Tidak lain adalah menyebarkan mereka ke seluruh dunia dan menebarkan teror kematian, termasuk Konoha. Momen ini kurang lebih mirip seperti invasi Pain ke Konoha, di mana semua penduduk tewas akibat nyawanya dicabut. Hal ini juga yang mungkin akan terjadi dalam waktu dekat.

Ketika hal tersebut terjadi, artinya ramalan mengerikan yang Momoshiki ungkapkan sebelumnya akan terwujud di mana pembantaian desa Konoha akan terjad dalam waktu dekat. Dan bisa jadi juga ini akan menjadi awal kehancuran Boruto pada masa yang akan datang. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi selanjutnya kepada Boruto dan Konoha, setelah Code dan pasukannya muncul. Apakah Boruto dan yang lain akan sanggup selamat dari pembantaian desa Konoha?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.