Marvel Universe adalah semesta komik yang pada dasarnya mengambil inspirasi dari dunia nyata. Itulah mengapa banyak nama kota dan juga karakter yang sama dengan di dunia nyata. Tanpa terkecuali politik dan jabatan di dalamnya, di mana urusan kenegaraan sering kali bersinggungan dengan kehidupan serta tujuan para superhero dan supervillan di Marvel Universe. Berangkat dari hal tersebut, ada sejumlah karakter Marvel yang pernah mencoba mencalonkan diri untuk jadi presiden Amerika dan berhasil. Mulai dari superhero sampai supervillain, berikut ini 6 karakter Marvel yang pernah jadi presiden!

Captain America

Melihat sepak terjangnya yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Amerika, cukup masuk akal jika Captain America pada akhirnya menjadi orang nomor satu di negaranya, seperti yang terjadi di Ultimate Universe. Semuanya berawal dari keberhasilan Cap dalam memenangkan Perang Dunia II, di mana dia mendapatkan banyak dukungan dari publik yang kemudian mendorongnya untuk menjadi presiden. Pada akhir masa jabatannya, Cap bahkan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan dunia dari invasi Galactus, membuatnya menjadi presiden paling berjasa sepanjang sejarah Marvel.

Thor

Masih di Ultimate Universe, ketika tim keluarga super Fantastic Four melakukan perjalanan antar dimensi, mereka tidak sengaja melihat superhero Thor benar-benar menjadi pemimpin dari sebuah negara besar. Alih-alih menjadi raja Asgard, dia justru menjadi presiden Amerika yang sangat dicintai oleh rakyatnya. Sayangnya Thor mencapai jabatan tersebut dengan cara yang salah, di mana dia menawarkan sebuah pil manusia super kepada para pemilihnya. Yang pada akhirnya malah membunuh banyak manusia karena ternyata pil tersebut merupakan ciptaan alien Skrull yang ingin menguasai dunia.

Kitty Pride

Kitty Pride adalah anggota X-Men yang terkenal mempunyai kemampuan untuk menembus tembok dengan kemampuan mutannya. Di kisah alternatif X-Men: The End, setelah berhasil menjadi salah satu anggota X-Men paling berpengaruh, Kitty diceritakan mencoba peruntungan di bidang politik, di mana dia berhasil menjadi walikota Chicago. Tidak berhenti sampai di situ saja, Kitty yang sekarang menggunakan nama Katherine bahkan telah berhasil naik satu tingkat lagi dengan menjadi presiden Amerika. Dalam sejarah Marvel, Kitty adalah satu-satunya mutan yang pernah menjadi presiden bagi manusia.

Nighthawk

Mungkin tidak banyak penggemar yang mengenal siapa Nighthawk di Marvel Universe. Karena pada dasarnya, karakter bernama asli Kyle Richmond ini memang diciptakan sebagai parodi Batman di kelompok parodi Justice League yang disebut Squadron Supreme. Meskipun kemunculannya tidak banyak, di komik Defenders #112, Kyle pernah diceritakan pensiun sebagai manusia super karena telah berhasil menjadi presiden Amerika. Mirisnya, ternyata pada saat itu dia tengah dikendalikan oleh Over-Mind, yang baru berhasil lepas dari kontrolnya setelah para superhero Marvel menyelamatkannya.

Red Skull

Dari para superhero, sekarang kita beralih ke supervillain Marvel yang pernah berhasil menjadi presiden. Dia ada Red Skull, pemimpin organisasi Hydra yang paling berpengaruh pada era Perang Dunia II. Untungnya, kisah Red Skull yang menjadi presiden ini terjadi di komik What If? Vol. 2 #28. Meskipun berlangsung di kisah alternatif, tetapi di komiknya kita bisa melihat bagaimana jadinya jika Red Skull menjadi presiden Amerika dengan menyamar sebagai Captain America. Salah satu keputusannya yang paling kontroversial adalah dengan menciptakan serum super soldier khusus untuk orang berkulit putih.

Norman Osborn

Terakhir, villain yang pernah diceritakan menjadi presiden adalah Norman Osborn, musuh bebuyutan Spider-Man yang lebih dikenal sebagai Green Goblin. Kisahnya sendiri terjadi di komik Edge of Spider-Verse, di mana Norman diceritakan menjadi presiden tiran di universe altenatif tempat Spider-Punk berada. Setelah mendapatkan banyak perlawanan dari kelompok resistance, Norman akhirnya tewas di tangan Spider-Punk yang memukulnya dengan gitar. Nasib yang sama juga dialami oleh presiden Norman di kisah Earth X, di mana dia tewas setelah Spider-Man menggantungnya di ruang kerjanya sendiri.

Itulah 6 karakter Marvel yang pernah benar-benar menjadi presiden, khususnya presiden Amerika. Meskipun semua kisah ini berlangsung di semesta alternatif, tetapi setidaknya kita bisa melihat output atau program yang diciptakan oleh masing-masing presiden ini ketika mereka memimpin Amerika. Ada yang membuatnya untuk keuntungan pribadi, ada juga yang memang benar-benar menjadi presiden terbaik di Marvel Universe. Jika para karakter ini mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi presiden di Indonesia, kira-kira siapa yang akan kalian pilih, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.