Spider-Man adalah superhero Marvel yang mempunyai basis penggemar paling besar di seluruh dunia. Salah satu alasan mengapa karakter bernama asli Peter Parker ini sangat populer adalah karena dia mempunyai sejumlah kostum dan armor yang menarik. Salah satunya Spider-Armor yang telah melalui berbagai macam trial and error serta pembaruan. Sampai akhirnya melahirkan armor Spider-Man terkuat sepanjang masa, yaitu Spider-Armor MK IV. Konon armor ini jauh lebih canggih dari Iron Spider ciptaan Tony Stark. Bagaimana bisa? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Upgrade dari Armor Terlemah

Spider-Armor adalah sebutan untuk kostum Spider-Man yang terkenal karena daya tahannya dalam menerima berbagai jenis serangan musuh. Di Marvel Universe sendiri, Peter pertama kali menciptakan Spider-Armor MK I di komik Web of Spider-Man (1993). Meskipun kuat dalam menerima serangan, tetapi MK I ini membuatnya lebih lambat dan cenderung cepat melemah. Sejak saat itu dia lantas terus melakukan pembaruan untuk menciptakan armor yang lebih kuat, tetapi tidak mengurangi kelincahan dan kekuatan lainnya. Mulai dari MK II, MK III, sampai akhirnya lahirlah Spider-Armor terkuat, MK IV.

Spider-Armor MK IV sendiri berhasil Peter ciptakan di komik Amazing Spider-Man Vol. 4 (2015), sekitar 22 tahun sejak dia pertama kali menciptakan armor MK I. Kali ini tampilannya tidak jauh beda dengan kostum Spider-Man pada umumnya yang berwarna biru dan merah. Bedanya, Spider-Armor MK IV ini terlihat lebih mengkilap karena terbuat dari logam khusus, serta bagian logo laba-laba di dadanya dilengkapi dengan LED yang menandakan bahwa armornya sudah jauh lebih canggih dari sebelumnya.

Alasan mengapa Spider-Armor MK IV bisa tercipta adalah karena Spider-Man sudah mempunyai berbagai sumber daya yang dia butuhkan melalui perusahaan teknologinya yang disebut Parker Industries. Mulai dari logam nanoteknologi yang lentur, sehingga dia tidak perlu khawatir Spider-Armor MK IV dapat mengganggu setiap pergerakannya apalagi melemahkannya. Sampai berbagai teknologi portabel yang dapat dia sematkan di beberapa titik armornya, tanpa perlu terlihat mencolok seperti armor-armor sebelumnya.

Dilengkapi Banyak Fitur Canggih

Spider-Armor MK IV adalah salah satu armor Spider-Man yang terhubung langsung dengan mentalnya. Sehingga armornya seakan-akan hidup untuk menuruti setiap perintahnya, baik secara langsung maupun tidak. Lensa armornya dapat melihat apa pun yang tidak bisa dilihat dengan mata manusia biasa, karena dilengkapi dengan x-ray dan juga inframerah. Kemudian di bagian lengan kirinya terdapat layar yang menampilkan Webware, sebuah aplikasi canggih yang dapat memberikan berbagai informasi teranyar pada Spider-Man dan memungkinkannya untuk menggunakan sekaligus melacak Spider-tracer.

Untuk keperluan serangan, Spider-Armor MK IV juga dilengkapi dengan Web-shooter tercanggih yang bisa menembakan berbagai jenis jaring, seperti jaring semen yang dapat langsung mengeras, jaring asam yang bisa melelehkan benda padat, dan bahkan liquid-web yang anti api dan mampu menahan serangan repulsor Iron Man. Selain itu, ada juga berbagai robot laba-laba mini yang bisa dipakai untuk peledak maupun sebagai drone yang membantu Spider-Man dalam menghadapi musuhnya. Belum lagi fitur yang dapat mengeluarkan serangan listrik dan gelombang sonik untuk melemahkan seorang target.

Sedangkan untuk pertahanan, Spider-Armor MK IV dilengkapi dengan teknologi stealh yang dapat membuatnya tidak terlihat, kemudian pengatur suhu untuk mengatasi suhu ekstrem, dan fitur antidot untuk melindungi Spider-Man dari berbagai racun. Untuk daya tahannya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi karena Spider-Armor MK IV kebal terhadap berbagai jenis serangan, baik serangan fisik, tembakan peluru, ledakan, dan juga serangan energi. Dengan semua ini cukup jelas bahwa untuk saat ini masih tidak ada armor yang lebih canggih, lebih lengkap, dan lebih kuat dari Spider-Armor MK IV di Marvel Universe.

Masih Memerlukan Pembaruan

Meskipun sudah dibekali dengan berbagai teknologi canggih, serta sudah tidak lagi menyulitkan Spider-Man ketika dipakai, sayangnya Spider-Armor MK IV masih mempunyai satu kelemahan yang belum teratasi. Yaitu lemah terhadap serangan EMP yang diciptakan khusus oleh Norman Osborn untuk mengalahkan Spider-Armor MK IV. Di komik Amazing Spider-Man Vol. 4 #31 (2017), Superior Octopus menggunakan EMP tersebut untuk menyerang Spider-Man. Di mana gelombang kejutnya yang sangat besar langsung merontokan Spider-Armor MK IV.

Untungnya pada saat itu, Spider-Man masih mengenakan kostum lamanya di dalam Spider-Armor MK IV, sehingga dia bisa langsung mengalahkan Octopus yang masih dalam keadaan terkejut. Hancurnya Spider-Armor MK IV ini tentunya bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi Spider-Man untuk terus memperbarui armornya. Bukan tidak mungkin setelah Parker Industries menemukan solusi yang lebih baik, dia akan langsung menciptakan Spider-Armor MK V.

Itulah pembahasan tentang Spider-Armor MK IV, armor terkuat Spider-Man di Marvel Universe. Tidak sedikit penggemar yang merasa bahwa armor ini lebih canggih dari armor Iron Spider ciptaan Iron Man di kisah Civil War. Alasan utamanya karena Spider-Armor MK IV diciptakan khusus berdasarkan semua preferensi dan kebutuhan Spider-Man, bukan orang lain. Apalagi secara desain, armor ini masih tetap menonjolkan semua ciri khas Spider-Man di Marvel Universe, bahkan mungkin lebih keren.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.