The High Table adalah organisasi yang begitu dihormati dalam cerita di franchise film John Wick yang dibintangi Keanu Reeves. Meskipun dunia kriminal dan bawah tanah begitu mengerikan, namun seperti yang muncul dalam film John Wick, bahwa mereka memiliki struktur yang tertata rapih. Mereka juga memiliki sebuah organisasi yang menjadi “pemimpin” dari para kriminal dan pembunuh bayaran tersebut.

Organisasi tersebut bernama The High Table. Nama The High Table sendiri sudah muncul sejak film pertama, dan menjadi salah satu villain tidak langsung di film kedua. Baru pada film ketiga organisasi ini terlibat langsung dalam perburuan John Wick. Sebagian Geeks mungkin masih bingung mengenai organisasi tersebut. Dan berikut adalah penjelasan mengenai The High Table.

Organisasi Penguasa Dunia Bawah

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa The High Table adalah organisasi yang menguasai dunia pembunuh bayaran dan dunia kriminal. Mereka yang berada di dunia tersebut sangat mengenal dan menghormati organisasi ini, termasuk Winston dan juga John Wick. Sebagai organisasi yang paling besar, ditakuti, dan juga berkuasa, mereka memiliki banyak akses terhadap semua hal.

Politik, pihak kepolisian, birokrat, semuanya berada dalam genggaman mereka. Hal inilah yang membuat The High Table menjadi tidak tersentuh. Sejauh ini, masih belum ada informasi lengkap mengenai asal-usul organisasinya. Namun, informasi yang ada menyebutkan jika The High Table sudah ada sejak lama. Bahkan, organisasi ini sudah muncul sebelum pemerintahan di dunia ada.

Jejak The High Table sendiri dikabarkan bisa dilacak sampai masa purba, karena kabarnya usia organisasinya sama seperti suku Aztec. Berdasarkan hal demikian, rasanya wajar jika kemudian mereka menjadi organisasi paling besar dan menakutkan di dunia. Selain itu, mereka juga memiliki struktur yang sangat rapih dan terorganisir. Misalnya, mereka memiliki seorang pemimpin yaitu The Elder.

High Table juga memiliki “pasukan” mereka sendiri yaitu The Adjudicator. The Adjudicator memiliki wewenang untuk menghabisi atau menghukum siapa pun yang dianggap melanggar aturan atau menentang aturan dari High Table. Ada kemungkinan film John Wick 4 nanti akan memberikan informasi lebih tentang The High Table.

Para Penguasa Kriminal

Meskipun The High Table memiliki pemimpin yaitu The Elder, tetapi ada 12 orang penguasa dari 12 keluarga yang memiliki kuasa di High Table. Mereka semua memiliki posisi sebagai High Council. Beberapa keluarga High Council yang sudah diketahui sejauh ini adalah Mafia Rusia, kelompok Cosa Nostra, Yakuza, Triad, ‘Ndrangheta, kelompo Bratva, serta para kartel yang berasal dari Latin dan Selatan Amerika.

Sayangnya, sampai sekarang filmnya masih belum membahas anggota dari masing-masing kelompok High Council tersebut kecuali dari keluarga Camorra. Keluarga Camorra sendiri terdiri dari D’Antonio Senior, Giana D’Antonio, dan Santino D’Antonio. Santino dan Giana merupakan dua karakter yang muncul di film kedua John Wick, di mana Santino menyewa  jasa John untuk menghabisi nyawa saudarinya.

Hal ini menjadi gambaran tentang apa yang ada di jajaran atas High Table, di mana akan ada pihak yang selalu memperebutkan jabatan yang ada. Dan mereka tidak ragu untuk menumpahkan darah, meskipun itu adalah saudaranya sendiri. Ada kemungkinan keluarga lainnya akan juga muncul di film John Wick 4 nanti.

Dipimpin oleh The Elder

Seperti disebutkan di atas, meskipun The High Table memiliki High Council yang berkuasa namun mereka tetap memiliki pemimpin yaitu The Elder. Menurut apa yang muncul di film ketiganya, The Elder adalah sosok misterius dan berkuasa yang menjadi pemimpin The High Table. The Elder sendiri tinggal di wilayah gurun pasir, untuk sebuah alasan yang masih belum diketahui.

The Elder adalah sosok yang pada akhirnya melepaskan status ex-communicado dari John Wick, setelah dia memutuskan untuk setia kepada The High Table dengan menjalankan misi menghabisi Winston. Statusnya sendiri saat ini masih hidup, dan mungkin masih akan memiliki peran penting di film keempat John Wick. Apalagi, saat ini, John sudah menghkianati The High Table untuk kedua kalinya. Di sisi lain, mungkin John Wick 4 juga akan memberikan sejarah singkat mengenai The Elder.

Pihak Yang Melawan The High Table

Meskipun The High Table adalah organisasi yang ditakuti dan dihormati di dunia John Wick, namun faktanya ada juga beberapa pihak yang tidak patuh atau melawan mereka. Kelompok Bowery King adalah salah satunya. Bowery King adalah mantan rival dan rekan dari John Wick. Dia juga merupakan pemimpin dari kelompok Soup Kitcher, yang merupakan jaringan intelijen bagi para kriminal.

Salah satu bukti bagaimana King membangkang dari The High Table adalah dia mau dan rela membantu John Wick dalam pelariannya. Dia menyediakan semua kebutuhan John saat dalam pelarian pasca kabur dari Santino D’Antonio. The High Table sendiri kemudian menghukum King karena membantu Wick dalam upaya pembantaian Santino. Dan akhirnya, dia pun harus menerima sayatan sebanyak tujuh kali di tubuhnya.

Anak buahnya pun kemudian menyelamatkan nyawa sang pemimpin, dan semenjak itu dia pun mengatakan kepada Wick bahwa dia menyatakan perang terbuka terhadap The high Table. Dan dalam trailer terbaru John Wick 4 sendiri nampak Bowery King sekali lagi akan membantu John Wick dalam menjalankan misinya untuk bertahan hidup.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.