ARTIKEL INI MENGANDUNG SPOILER UNTUK FILM BLACK PANTHER: WAKANDA FOREVER! Black Panther Wakanda Forever adalah film terbaru MCU yang bercerita tentang konflik antara Wakanda dan bangsa bawah laut Talocan alias Atlantis. Meskipun awalnya trailer dan berbagai promosi filmnya menggambarkan Namor sebagai dewa bagi para Talocanil, ternyata ada dewa sebenarnya yang memberikan kekuatan kepada bangsa Talocan, dia adalah Chaac. Sayangnya kemunculannya di Wakanda Forever cukup implisit, sehingga tidak sedikit penggemar yang penasaran dengan karakternya. Untuk itulah mari kita bahas lebih jauh siapa sebenarnya Dewa Chaac di MCU ini dan seperti apa kehebatannya!

Muncul Sebagai Penolong Bangsa Maya

Sebagai pengingat, nama Chaac sendiri pertama kali muncul di film Black Panther Wakanda Forever saat Namor (Tenoch Huerta) bercerita tentang asal usul Talocan kepada Shuri (Letitia Wright). Mundur ke abad 16, Namor bercerita bahwa orang tuanya awalnya hanyalah manusia, mereka adalah bagian dari kelompok yang diasingkan dari suku Maya. Dalam pelariannya, satu per satu anggota kelompok mereka gugur, termasuk ayah Namor yang meninggalkan istrinya yang tengah mengandung Namor. Pada titik inilah dukun mereka meminta jawaban kepada Dewa Chaac agar mereka tidak perlu lagi lari.

Di mitologi Maya, Chaac sendiri adalah dewa hujan yang konon sering menggunakan kapak petirnya untuk menghadirkan hujan. Singkat cerita Chaac lantas memberikan ilham kepada dukun untuk memakan ramuan tanaman bergetah biru. Awalnya ibu Namor menolak, tetapi saat dukun tersebut berjanji akan menjadikan Namor sebagai raja baru mereka, dia akhirnya mau memakan ramuannya bersama yang lain. Sekilas mereka tampak kesakitan dan mati, tetapi beberapa saat kemudian ibu Namor dan yang lain bangkit kembali sebagai sosok baru yang hanya bisa bernapas dengan mengekstrak oksigen di dalam air.

Sekilas mungkin kisah Chaac dan leluhur Talocan di MCU ini tampak biasa saja. Faktanya, kisah tersebut benar-benar mengambil referensi dari kepercayaan suku mesoamerika, termasuk Maya dan Aztek. Selain eksis di mitologi Maya, ternyata Chaac sendiri adalah dewa suku Aztek yang bernama Tlaloc. Menurut kepercayaan, Tlaloc adalah dewa hujan yang menyiapkan surga Tlalocan untuk siapa pun yang meninggal karena tenggelam. Dari sinilah muncul sebutan Talocan di MCU, kerajaan bawah laut sekaligus surga bagi Namor dan Talocanil yang dahulu sempat memutuskan untuk menenggelamkan diri ke dalam laut.

Ketangguhan Dewa Chaac di Marvel Comics

Yang lebih menariknya lagi, ternyata selain berasal dari mitologi mesoamerika dan muncul di MCU, ternyata Dewa Chaac juga eksis di Marvel Comics. Dia adalah dewa Maya yang pertama kali diceritakan di Thor & Hercules: Encyclopaedia Mythologica #1 (2009). Chaac sendiri terkenal sebagai dewa petir dan hujan, serta dewa pertanian. Sama seperti dewa Maya yang lain, Chaac juga mempunyai kekuatan fisik super, keabadian, kebal terhadap penyakit, dan juga bisa menyebuhkan dirinya sendiri. Kekuatan super utamanya adalah memanipulasi dan mengendalikan elemen, termasuk angin, hujan, petir, bahkan badai.

Secara penampilan (paling kiri di gambar), Chaac sering terlihat mengenakan zirah khas Maya, lengkap dengan perisai dan kapak petir di tangannya. Kisahnya di Marvel sendiri terbilang sangat minim. Di mana Chaac hanya disebutkan sebagai salah satu dewa yang lahir dari Heart of Heaven ciptaan Skyfather Hunab Ku (tengah di gambar). Dan dia adalah saingan dari Dewa Kematian bernama Ah Puch (paling kanan di gambar), yang sempat melepas Demogorge the God-Eater di komik Thor Annual #10 (1982). Meskipun kisahnya minim, tetapi cukup jelas bahwa Chaac adalah dewa tangguh di Marvel Universe.

Masa Depan Dewa Chaac di MCU

Dengan kemunculannya yang sangat singkat dan implisit, sepertinya akan menarik jika suatu hari nanti Dewa Chaac bisa kembali muncul lagi di MCU. Misalnya di kisah yang melibatkan banyak dewa seperti film Thor: Love & Thunder yang sempat menghadirkan banyak makhluk surgawi di Omnipotence City. Atau bisa juga Chaac muncul di kisah Namor selanjutnya, mungkin di film solo Namor yang sangat penggemar harapkan. Sebagai dewa yang mempunyai kemampuan penyembuh, Chaac bisa saja muncul untuk mengobati sayap Namor yang sempat dicabut Shuri di pertarungan final Wakanda Forever.

Kemungkinan lainnya, bisa saja tanpa sepengetahuan kita, sebenarnya Chaac dan Namor selama ini sering berkomunikasi di semesta MCU. Karena sejatinya Namor sendiri adalah dewa Maya bernama Kukulkan alias Dewa Ular Bersayap. Jika benar, bukan tidak mungkin kita akan melihat penampakan Dewa Chaac lebih jelas pada masa depan MCU. Di mana dia muncul secara fisik layaknya dewa yang pernah muncul juga di film-film MCU lain, seperti Thor, Odin, Zeus, Khonshu, dan sebagainya.

Itulah pembahasan tentang sosok Dewa Chaac yang muncul sebagai pemberi kekuatan kepada bangsa Talocan alias Atlantis di film Black Panther Wakanda Forever dan MCU secara keseluruhan. Namor dan Talocan sendiri sudah pasti akan kembali pada masa depan MCU, karena sekarang mereka telah menjadi bangsa baru yang memeriahkan semestanya layaknya Wakanda. Kita nantikan saja kisah Namor selanjutnya dan semoga saat waktunya tiba nanti Dewa Chaac juga mendapatkan kesempatan untuk muncul kembali ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.