Ketika berbicara tentang penguasa Atlantis di semesta komik Amerika, kita pasti akan langsung ingat dengan Namor dari Marvel dan juga Aquaman dari DC. Meskipun debut mereka tidak bersamaan, di mana Namor debut pada tahun 1939 dan Aquaman pada tahun 1941, tetapi pada dasarnya mereka mempunyai cukup banyak persamaan. Misalnya mereka sama-sama raja Atlantis dan juga karakter yang tangguh ketika berada di dalam air. Namun sadarkah kalian, sebenarnya Namor dan Aquaman mempunyai 6 perbedaan yang cukup fundamental dan jarang orang sadari! Apa saja? Simak di bawah ini, Geeks.

Status Kepahlawanan

Perbedaan Namor dan Aquaman yang paling jelas adalah status kepahlawanan mereka. Sejak awal debut sampai sekarang Aquaman adalah seorang ‘superhero’ bawah laut DC yang telah mendedikasikan dirinya untuk melindungi Bumi bersama tim superhero Justice League. Di sisi lain Namor justru terkenal sebagai ‘anti-hero’ yang tidak terlalu peduli dengan moral superhero Marvel. Namor bahkan pernah menjadi musuh bagi para superhero seperti Avengers dan malah bersekutu dengan villain seperti Doctor Doom. Satu hal yang menjadi pegangannya ketika beraksi adalah harga dirinya sebagai raja Atlantis.

Penampilan & Kostum

Perbedaan Namor dan Aquaman selanjutnya yang jarang penggemar perhatikan adalah penampilan dan juga kostum mereka. Di DC Universe Arthur Curry alias Aquaman lebih sering terlihat mempunyai rambut pirang, entah itu panjang atau tidak. Sedangkan Namor sering digambarkan mempunyai rambut berwarna hitam dan mempunyai telinga runcing. Secara kostum, mereka juga sangat terlihat berbeda, di mana Aquaman sering menggunakan baju bersisik emas dan celama hijau, sedangkan Namor lebih suka berpenampilan telanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek berwarna hijau juga

Kekuatan Unik

Dari segi kekuatan, sebenarnya Namor dan Aquaman mempunyai cukup banyak persamaan. Misalnya seperti kemampuan untuk bernapas di air dan di darat, kekuatan fisik super, kemampuan berenang cepat, serta memanipulasi elemen air. Walaupun begitu, mereka juga ternyata mempunyai kekuatan unik masing-masing. Di mana Namor yang seorang mutan mempunyai sayap kecil di pergelangan kakinya yang memungkinkan dia untuk terbang. Di sisi lain, meskipun tidak bisa terbang, tetapi Aquaman mempunyai kemampuan telepati untuk berkomunikasi dengan hewan laut, sedangkan Namor tidak.

Cara Bertarung

Selain kekuatan, Namor dan Aquaman juga berbeda dari segi cara bertarung. Seperti yang kita tahu, Aquaman lebih sering terlihat bertarung menggunakan senjata trisulanya, karena memang trisulanya mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa. Sedangkan Namor, justru jarang sekali menggunakan trisulanya, karena dia lebih senang bertarung dengan tangan kosong siapa pun lawannya. Saat bertarung dengan powerhouse seperti Hulk dan Thor sana, Namor hanya mengandalkan kemampuan terbang dan kekuatan fisiknya. Di mana dia sering berteriak ‘Imperius Rex’ sebagai Battle Cry andalannya.

Motivasi di Muka Bumi

Dari semua perbedaan di daftar ini mungkin motivasi Namor dan Aquaman yang paling membedakan mereka. Pada dasarnya, mereka memang sama-sama berdarah campuran antara ayah manusia dan ibu Atlantean. Namun secara motivasi, jika Aquaman lebih sering terlihat menjadi penengah antara manusia permukaan dan bangsa Atlantean, di sisi lain Namor justru akan lebih mendahulukan bangsa Atlantis. Dari dahulu sampai sekarang Namor memang mempunyai kebencian dan sering berperang dengan manusia permukaan. Sedangkan Aquaman mempunyai motivasi untuk mendamaikan keduanya.

Bangsa Versi Live Action

Perbedaan yang terakhir ini baru bisa kita lihat di versi live action-nya. Sementara bangsa Aquaman (Jason Momoa) di DCU masih sama-sama mengangkat Atlantis versi komik, bangsa Namor (Tenoch Huerta) di MCU justru mempunyai nama Talokan. Di mana Namor dan Talokanil yang baru-baru ini debut di film Black Panther Wakanda Forever mengambil referensi dari budaya nyata mesoamerika, seperti Aztek dan Maya. Hal tersebut dapat terlihat dari pernak pernik yang Namor kenakan. Para Talokanil sendiri menyebut Namor sebagai Kukulkan alias Dewa Ular Bersayap dari mitologi Maya.

Itulah 6 perbedaan besar antara Namor the Sub-Mariner dan Arthur Curry alias Aquaman. Dengan semua perbedaan ini cukup jelas bahwa sebenarnya banyak hal-hal fundamental yang menolak spekulasi bahwa kedua karakter populer ini sama. Pada kenyataannya Aquaman hidup dengan caranya sendiri, begitu juga Namor. Mereka adalah dua karakter berbeda yang mempunyai keunikannya masing-masing. Kira-kira dari kedua karakter ini mana favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.