Black Panther adalah salah satu superhero terkuat yang berasal dari bangsa terkuat Bumi, Wakanda. Kehadiran karakter bernama asli T’Challa ini telah membuat kisah Marvel sangat menarik untuk diikuti. Sayangnya di MCU sendiri, tepatnya di film Black Panther Wakanda Forever, karakternya terpaksa dimatikan karena pemerannya Chadwick Boseman meninggal dunia pada tahun 2020 lalu. Namun tahukah kalian, di media Marvel lain sebenarnya ada satu sosok menarik yang bisa mengisi kekosongannya, dia adalah anak Black Panther T’Challa yang bernama Azari. Siapakah dia? Mari kita bahas, Geeks!

Debut di Film Animasi Marvel

Sebelum menjadi bagian dari Marvel Comics, karakter Azari sendiri pertama kali muncul di film animasi Marvel berjudul Next Avengers: Heroes of Tomorrow (2008). Kisahnya bermula saat Ultron diceritakan berhasil menguasai dunia dan mengalahkan para superhero dewasa. Tanpa sepengetahuan Ultron, ternyata diam-diam para superhero sebelumnya telah mengamankan anak-anaknya di sebuah tempat tersembunyi, dan salah satunya adalah Azari T’Challa anak dari T’Challa alias Black Panther dan mutan Ororo Monroe alias Storm.

Saat Wakanda hancur dan orang tuanya tewas dalam pertarungan melawan Ultron, Iron Man, Spider-Man, dan Maestro berhasil membawa Azari ke tempat yang lebih aman bersama para anak superhero lainnya. Termasuk James Rogers (putra Captain America), Torunn (putri Thor), dan Henry Pym Jr. (putra Giant Man dan Wasp). Dalam pelariannya, para anak superhero ini hanya mengetahui kisah kehebatan orang tuanya dan Avengers dari Iron Man. Beberapa tahun kemudian, Azari dan teman-temannya yang sudah tumbuh remaja mulai mendirikan kelompok Resistance bersama Francis Barton (putra Hawkeye).

Perlawanan demi perlawanan akhirnya mengubah Resistance menjadi Next Avengers, di mana para anak superhero mulai mengambil indentitas orang tuanya, termasuk Azari yang menjadi Black Panther baru. Singkat cerita dengan bantuan Bruce Banner alias Hulk yang sempat menghilang, Next Avengers mendapatkan kesempatan untuk bertarung langsung dengan Ultron di pertempuran terakhir. Di mana Azari harus menghadapi robot Iron Black Panther yang tidak lain adalah antek Ultron, sementara Hulk berhadapan langsung dengan Ultron.

Awalnya Azari sempat kewalahan saat menghadapi Iron Black Panther, sebelum akhirnya dia sadar dengan kekuatan listrik dari ibunya dan kemudian berhasil menghancurkan robot tersebut. Pada saat yang bersamaan Hulk juga berhasil membelah tubuh Ultron. Torunn yang berada di sampingnya langsung mengambil tubuh Ultron dan melemparkannya ke luar angkasa, mengakhiri petualangan mereka dengan kemenangan. Pada tahun 2010, Marvel Comics lantas memasukan kisah menarik ini sebagai bagian dari multiverse, di mana Azari dan Next Avengers eksis di berbagai kisah alternatif sampai sekarang.

Mewarisi Kekuatan Black Panther dan Storm

Meskipun kisah dan kehadirannya tidak berlangsung di universe utama, tetapi Azari adalah bukti bahwa ternyata anak Black Panther bisa sehebat dia. Kekuatan utama Azari sendiri berasal dari warisan kekuatan orang tuanya yang tersimpan di dalam DNA-nya. Dari T’Challa, Azari mendapatkan kekuatan Black Panther tanpa harus memakan Heart-Shaped Herb seperti tradisi Wakanda. Di mana kekuatan fisiknya jauh lebih superior dari manusia biasa, termasuk kecepatan, refleks, stamina, dan daya tahan tubuhnya. Selain itu, Azari juga mengembangkan ketajaman inderanya sampai setara dengan seorang Black Panther.

Sedangkan dari ibunya yang seorang mutan, yaitu Storm, Azari mendapatkan kekuatan Electrokinesis yang memungkinkannya untuk memanipulasi dan mengeluarkan listrik dari tubuhnya. Kekuatan listrik ini bahkan bisa dia manfaatkan sebagai serangan sekaligus pertahanan, misalnya proyektil listrik dan medan energi untuk melindungi tubuhnya. Dengan semua kekuatan ini cukup jelas bahwa Azari adalah seorang Black Panther yang sangat unik sekaligus mematikan. Apalagi dia juga terkenal ahli dalam strategi dan pertarungan tangan kosong seperti ayahnya, T’Challa.

Potensi Kemunculan Azari di MCU

Melihat betapa menariknya karakter Azari T’Challa di film animasinya, sebenarnya tidak sedikit penggemar yang juga berharap dia bisa muncul di jagat sinema MCU. Namun karena X-Men belum muncul di MCU, sementara karakter T’Challa sudah dimatikan, mungkin yang akan menjadi ibunya bukanlah seorang mutan seperti Storm. Melainkan love interest T’Challa yang sudah debut di film pertamanya, yaitu Nakia. Atau bisa juga kemunculan Azari berkaitan dengan peristiwa multiverse, di mana dia muncul sebagai anak T’Challa yang berasal dari universe alternatif.

Jika benar dia muncul bukan sebagai anak Storm, Azari bisa saja mendapatkan kekuatan listriknya dari teknologi vibranium yang diciptakan oleh Shuri. Sedangkan statusnya sebagai bagian dari Next Avengers, Marvel bisa saja mengubahnya dengan menjadikan Azari sebagai anggota Young Avengers versi MCU. Sejauh ini Marvel Studios sendiri memang belum mengonfirmasi nasib Young Avengers di MCU, tetapi mereka telah memperkenalkan sejumlah calon anggotanya. Termasuk mungkin Ironheart yang baru-baru ini akan melakukan debutnya di film Black Panther Wakanda Forever.

Itulah pembahasan mengenai anak Black Panther T’Challa, yaitu Azari T’Challa. Melihat kemunculan singkatnya di film animasi Next Avengers dan berbagai kisah alternatif komik yang cukup berkesan, sepertinya akan menarik juga jika dia benar-benar muncul di MCU. Bagaimana menurut kalian? Sebagai pengingat, film Black Panther Wakanda Forever sendiri sat ini sudah bisa disaksikan lebih awal di bioskop Indonesia, mulai tanggal 9 November kemarin. So, jangan sampai ketinggalan ya, Geeks!

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.