WARNING: ARTIKEL INI MENGANDUNG MINOR SPOILER BLACK PANTHER: WAKANDA FOREVER!

Apa sebenarnya arti dari “Imperius Rex” yang sering Namor ucapkan dalam cerita komiknya? Namor the Sub-Mariner adalah salah satu karakter bawah laut yang populer dari cerita Marvel Comics. Di sepanjang sejarah kemunculannya, sosok Namor memiliki hubungan yang dinamis dan beragam dengan para Avengers atau pun para karakter lainnya. Namun, inilah yang membuat Namor jadi karakter yang menarik.

Namor sendiri sebenarnya adalah karakter yang kompleks, di mana tidak ada hal yang pasti apakah dia jahat atau benar. Namun, satu hal dari sosok Namor yang pasti adalah dia rela melakukan apa pun demi melindungi rakyatnya dan juga lautan. Sudah sangat sering dia berselisih paham dengan para makhluk daratan dan para Avengers. Tetapi, tidak jarang juga mereka bersekutu.

Yang menarik adalah ada salah satu ciri khas yang selalu Namor lakukan disaat dia bertarung atau bertempur menghadapi musuh. Dia akan mengucapkan sebuah kata yaitu “Imperius Rex!” sebelum kemudian menyerang musuhnya. Dan bahkan, hal ini juga muncul dalam film terbaru kemarin, Black Panther: Wakanda Forever. Sudah sejak puluhan tahun lalu para fans penasaran apa sebenarnya arti kata tersebut. Dan ini adalah jawabannya.

Secara Etimologi

Kalimat Imperius Rex sendiri terbagi menjadi dua suku kata; Imperius dan Rex. Masing-masing kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Menurut kamus Merriam-Webster, kata “imperious” bisa berarti “sesuatu yang dominan” atau “sebuah sikap arogansi.” Bisa juga kata tersebut berarti “penggambaran dari sikap atau perilaku seseorang” dan juga “menggambarkan peringkat.”

Sedangkan, Rex sendiri tidak sebenarnya tidak memiliki arti apa pun. Namun, hal berbeda jika kita melihatnya dalam bahasa Latin. Dalam bahasa Latin, “Rex” berarti “Raja” atau “Penguasa.” Kata “Rex” sendiri sebenarnya muncul pada zaman Romawi, di mana “Rex” merupakan pemimpin dari sebuah pasukan. Namun, untuk “Imperius” sendiri tidak memiliki arti dalam bahasa Latin.

Yang menarik adalah jika kita balik nama “Namor” sebenarnya itu merupakan kebalikan dari kata “Roman” atau Romawi. Berdasarkan hal tersebut, wajar jika kemudian Namor menggunakan bahasa Latin atau pseudo-Latin (Latin palsu) untuk menghadirkan kata-kata yang dia hadirkan dalam cerita. Jadi, kesimpulannya secara etimologi kata “Imperius Rex” bisa mmemiliki beberapa arti.

Pertama, bisa kita artikan sebagai “Aku Adalah Sang Pemimpin!” atau “Aku Adalah Rajanya!” Kedua, kata tersebut bisa kita artikan bahwa Namor sedang mempertontonkan atau memperlihatkan kekuatannya kepada musuh. Itu adalah perwujudan dari “kesombongannya” atas kekuatan yang dia miliki.

Arti Imperius Rex di Marvel Comics

Pertanyaan besarnya kemudian apa arti “Imperius Rex!” yang Namor ucapkan di Marvel Comics? Apakah artinya sama secara etimologi? Berdasarkan informasi yang ada, Namor sudah mengucapkan kalimat tersebut sejak Golden Age atau Masa Keemasan dari dunia komik. Namun, para fans sendiri tidak pernah tahu pasti apa sebenarnya arti dari kalimat tersebut.

Namun, jika kita berkaca pada etimologi dan juga apa yang sering Namor hadirkan dalam ceritanya, besar kemungkinan arti dari “Imperius Rex” dalam cerita komik Marvel tidak jauh berbeda. Dalam cerita di komik Marvel, arti Imperius Rex Namor tersebut bisa kita artikan sebagai “Hidup Sang Raja!” atau “Akulah Sang Raja! Dengakan aku!” Pada intinya, Namor ingin menegaskan bahwa dialah sang pemimpin.

Dalam cerita di komiknya sendiri, Namor biasanya akan meneriakan kalimat tersebut sebelum bertarung melawan musuh. Dengan kata lain, kalimat “Imperius Rex” bagi Namor bisa kita artikan juga sebagai sebuah war cry atau battle cry. Tujuannya adalah untuk melemahkan mental lawan, agar mereka sadar yang sedang dihadapi bukanlah sosok sembarangan.

Namun, Marvel Comics juga memberikan arti sendiri dari kalimat tersebut. Hal ini bisa kita lihat dalam komik Thor #1 karya Jason Aaron dan Mike Del Mundo. Dalam komiknya, nampak Namor sedang bertarung menghadapi Thor. Dia pun bertanya kepada Namor mengenai arti dari kalimat yang sering dia ucapkan. Namor sendiri menjawab bahwa itu berarti bahwa dia akan menghabisi nyawa Thor dan memberikannya ke paus.

Meskipun begitu, kemungkinan itu bukanlah arti sebenarnya. Marvel coba memperlihatkan bagaimana sosok Namor dari kalimat tersebut. Dan itu hanyalah sebuah ungkapan Namor yang sedang berusaha menghabisi nyawa Thor. Jadi, Marvel Comics sendiri belum memberikan arti sebenarnya dari Imperius Rex Namor. Namun, kemungkinan tidak jauh berbeda artinya dari versi etimologi.

Gambaran Karakter Namor?

Melalui kalimat “Imperius Rex” sepertinya sang pencipta karakter, Bill Everett, dan juga Stan Lee, saat itu berusaha untuk menghadirkan sosok menghadirkan sosok yang “sombong” dengan kekuatannya. Dan hal ini pun terbukti dari karakter Namor yang muncul di sepanjang seri Marvel Comics. Dia selalu menyombongkan level kekuatan yang dia miliki terhadap orang lain.

Dengan kekuatan dahsyat yang dia miliki, memang wajar dan sah saja bagi Namor untuk melakukannya. Dan upaya mereka sepertinya berhasil. Namor menjadi sosok yang begitu dipuja dan dihormati oleh rakyatnya. Dan Namor juga rela melakukan apa pun demi melindungi para penduduknya. Sifat dan juga karakter Namor yang sombong tersebut mungkin adalah cara untuk melindungi mereka.

Namun, pada dasarnya, seperti halnya kalimat “Wakanda Forever” atau “Yibambe” yang menjadi kalimat yang T’Challa sering ucapkan, “Imperius Rex” adalah sebuah seruan perang yang memiliki makna untuk melemahkan mental lawan. Bagi Namor, sepertinya ada “makna” lain dari kalimat tersebut yang mana menjadi gambarna dari sifat dan perilakunya sebagai pemimpin dan salah satu karakter kuat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.