Tinggal kurang dari dua hari lagi film terbaru MCU, Black Panther: Wakanda Forever, sudah bisa penggemar Indonesia saksikan mulai tanggal 9 November besok. Filmnya sendiri akan bercerita tentang konflik antara Wakanda dan Atlantis. Hal yang sama juga sebenarnya sudah pernah terjadi dalam sejarah panjang Marvel Comics. Di mana bangsa terkaya di Afrika dan juga bangsa terkuat di bawah laut ini pernah saling menyerang satu-sama lain. Satu hal yang sering penggemar tanyakan adalah siapa yang lebih kuat? Sebelum melihat filmnya nanti, mari kita bahas terlebih dahulu seperti apa fakta di komiknya, Geeks!

Kekuatan Fisik Penduduk

Wakanda adalah bangsa besar di benua Afrika, yang terkenal mempunyai sejarah panjang di Marvel Universe. Debut di komik Fantastic Four #52 (1966), Wakanda diceritakan sudah ada sejak zaman prasejarah. Di mana mereka memulai semuanya dari suku Panther yang dipimpin oleh Mosi, Black Panther pertama yang eksis sejak 1 juta tahun yang lalu. Walaupun kehadiran mereka sudah sangat lama, tetapi pada dasarnya penduduk Wakanda adalah manusia biasa, yang rata-rata kekuatan dan kecepatan setiap individunya tidak jauh berbeda dengan manusia pada umumnya.

Di sisi lain, Alantis yang pertama kali diceritakan di komik Marvel Comics #1 (1939) merupakan bangsa yang sudah hidup di laut dalam, sejak peristiwa Great Cataclysm menenggelamkan kerajaan mereka sekitar 20 ribu tahun yang lalu. Selama itu juga penduduk Atlantis telah berevolusi menjadi Homo mermanus yang bisa beraktivitas di dalam air. Dengan kata lain, kekuatan fisik penduduk Atlantis pastinya lebih superior dari manusia biasa. Meskipun harus menggunakan alat bantu untuk bernapas, bisa kita bayangkan betapa leluasanya ketika mereka berada di daratan yang tidak ada tekanan air.

Jumlah Populasi dan Tokoh Penting

Karena pada dasarnya bangsa Wakanda adalah manusia yang berkembang biak, seperti manusia di penjuru Bumi lainnya, mereka tercatat mempunyai jumlah populasi yang sangat besar. Marvel pernah memyebutkan bahwa setidaknya ada sekitar 6 juta jiwa yang tinggal di Wakanda, terlepas mereka benar-benar lahir di situ atau merupakan pengungsi dari negara di sekitarnya. Dengan jumlah tersebut, di dalamnya terdapat pasukan khusus Dora Milaje, mata-mata, dan juga pasukan dari suku lain. Adapun tokoh kuat dari kerajaannya, di antaranya adalah Raja T’Challa alias Black Panther, Shuri, M’baku, bahkan Killmonger.

Berbanding terbalik dengan Wakanda, jumlah populasi Kerajaan Atlantis ternyata tidaklah banyak. Di komik Avengers #49 (2018), Raja Namor alias Sub-Mariner pernah mengatakan bahwa dia mempunyai sekitar 12 ribu Atlantean yang harus dilindungi. Jumlah yang sedikit ini mungkin karena Atlantis sering berperang dengan bangsa lain, sehingga tidak ada waktu bagi mereka untuk memperbanyak populasinya. Walaupun begitu, di antara keluarga kerajaan sendiri ada cukup banyak tokoh kuat dan juga terkenal. Selain Namor, ada juga Namora, Namorita, Attuma, Aquarian Neptunia, dan monster paus raksasa Giganto.

Kemajuan Teknologi

Seperti yang kita tahu, Wakanda adalah salah satu negara terkaya di permukaan Bumi. Semua kekayaannya tersebut mereka dapatkan dari tambang vibranium. Di komik Fantastic Four #53, pernah disebutkan bahwa satu gram vibranium setara dengan 10 ribu dolar Amerika, atau sekitar 157 juta rupiah. Dengan jumlah kekayaan tersebut, didukung dengan kecerdasan ilmuwannya termasuk Shuri, Wakanda telah berhasil membuat berbagai macam teknologi canggih. Termasuk senjata dan zirah bagi pasukannya, kemudian kendaraan tempur seperti pesawat, sampai kostum Black Panther.

Dari dahulu sampai sekarang, Atlantis justru sangat menjunjung tinggi teknologi primitif yang umumnya terbuat dari biota laut. Walaupun primitif, tetapi bukan berarti setiap senjata dan perlengkapan tempur mereka lemah. Faktanya, mereka mempunyai teknologi alat bantu napas untuk di darat, kendaraan tempur yang dapat menampung banyak pasukan, bahkan senjata keramat seperti Neptune’s Trident dan Horn of Proteus yang bisa mengendalikan monster laut. Sayangnya, di sisi lain Namor juga melarang Atlantis meniru bangsa permukaan, sehingga teknologi mereka cenderung sulit berkembang.

Mana Bangsa Lebih Kuat?

Dari ketiga perbandingan di atas, terkait kekuatan fisik, populasi, dan teknologi bangsanya, kita bisa simpulkan bahwa Wakanda dan Atlantis mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Dan yang paling kuat di antara keduanya, sudah pasti Wakanda yang mempunyai populasi berkali-kali lipat dan juga teknologi yang jauh lebih maju dengan vibraniumnya. Mereka bisa dengan mudah melengkapi semua penduduknya dengan teknologi vibranium untuk melawan penduduk Atlantis yang jumlahnya hanya 12.000.

Walaupun begitu, bukan berarti jika keduanya bertempur, Atlantis akan langsung kalah. Karena mereka mempunyai sejumlah senjata rahasia, termasuk Namor the Sub-Mariner sendiri. Dengan senjata Trident-nya Namor bisa memanipulasi air dan menggiring tsunami ke Wakanda seperti di komik Avengers vs. X-Men (2012), atau dia juga bisa menyuruh Giganto untuk menyerang Wakanda seperti ketika dia meratakan New York di komik Fantastic Four #4 (1962).

Itulah pembahasan mengenai bangsa yang paling kuat di antara Wakanda dan Atlantis. Jawabannya adalah Wakanda karena mereka lebih unggul dalam beberapa aspek. Di sisi lain Namor dan Atlantis harus memutar otak untuk melawan bangsa yang jauh lebih besar dari mereka. Apakah hal yang sama juga akan berlaku di MCU? Kita lihat saja nanti jawabannya di film Black Panther: Wakanda ForeverSo, jangan sampai ketinggalan ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.