Pertama kali didirikan pada tahun 1939, Marvel Universe adalah semesta komik yang telah berusia kurang lebih 83 tahun. Selama itu juga para penulis dan ilustrator berbakat Marvel telah mengembangkan dunianya dengan berbagai negara fiksi yang mempunyai keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Berbagai negara ini tidak hanya dihadirkan sebagai pemanis untuk kisah di dalamnya saja, tetapi juga sebagai negara yang menjadi fondasi penting bagi sejumlah karakter populer di Marvel Universe. Negara apa saja yang dimaksud? Berikut ini 9 negara fiksi di Marvel Universe yang perlu kalian tahu!

K’un-Lun

Pertama kali muncul di komik Marvel Premiere #15 (1974), K’un-Lun adalah negara fiksi yang eksis di Pocket Dimension Marvel. Letak K’un-Lun sendiri berada di antara jajaran pegunungan Asia yang tersebar dari Himalaya sampai Tiongkok. Negara yang terkenal dengan sebutan Kota Abadi ini hanya membuka gerbangnya ke dunia nyata setiap sepuluh tahun sekali. Salah satu pelindung K’un-Lun yang paling terkenal di semestanya adalah Daniel Rand alias Iron Fist. Di semesta alternatif, K’un-Lun bahkan menjadi wilayah kekuasaan Shang-Chi yang diceritakan menjadi kaisar di negaranya.

Wakanda

Wakanda adalah negara fiksi paling terkenal di Marvel Universe yang letaknya berada di sebelah utara benua Afrika. Sebagai negara yang menguasai tambang vibranium, Wakanda berkembang lebih pesat dari negara lain di sekitarnya. Bahkan jika dibandingkan dengan negara adidaya seperti Amerika, Wakanda jauh lebih kaya dan juga makmur. Karena satu gram vibranium setara dengan 10.000 dolar Amerika. Wakanda sendiri biasanya dipimpin oleh seorang raja monarki. Saat ini di Marvel Universe sendiri, Wakanda tengah dipimpin oleh salah satu anggota Avengers, yang tidak lain adalah T’Challa alias Black Panther.

Atlantis

Negara fiksi lain yang eksis di Marvel Universe adalah Atlantis yang debut bersama rajanya, Namor the Sub-Mariner. Atlantis sendiri awalnya adalah sebuah kerajaan yang berada di permukaan. Namun, peristiwa Great Cataclysm yang terjadi sekitar 20 ribu tahun yang lalu akhirnya menenggelamkan kerajaannya sampai ke dasar laut. Sejak saat itulah penduduknya berevolusi menjadi Homo mermanus yang terkenal bisa beraktivitas dan juga bernapas di dalam air. Di bawah kepemimpinan Namor, Atlantis sering terlibat perang dengan para manusia permukaan yang menurut mereka terlalu serakah.

Lemuria

Tidak jauh berbeda dengan Atlantis, Lemuria adalah kerajaan fiksi yang tenggelam dalam peristiwa Great Cataclysm di Marvel Universe. Bedanya para penduduk Lemuria yang berevolusi menjadi Homo mermanus lebih memilih untuk mengungsi ke samudera pasifik, bukan ke samudera Atlantik. Perbedaan lainnya terletak pada ciri-ciri fisik mereka yang lebih bersisik, karena para Lemurian menyembah dewa ular raksasa Set. Karena kerajaan mereka dibangun dengan teknologi Deviant, musuh abadi Eternal, jadi posisi mereka lebih seperti kerajaan jahat yang cukup sering juga menyerang Atlantis.

Madripoor

Pertama kali diceritakan di komik New Mutants #32 (1985), Madripoor adalah negara fiksi yang menjadi tempat penting bagi para mutan dan karakter Marvel secara keseluruhan. Posisi negara ini sendiri konon terletak di antara Indonesia dan Singapura, di mana awalnya Madripoor adalah tempat persembunyian bagi para bajak laut. Seiring berjalannya waktu, Madripoor berubah menjadi tempat yang jauh lebih modern. Namun fungsinya masih tetap sama, yaitu tempat persembunyian bagi para penjahat yang keberadaannya tidak ingin diketahui, termasuk Wolverine yang pada saat itu menjadi bounty hunter bernama Patch.

Genosha

Sama seperti Madripoor, Genosha adalah nama sebuah negara fiksi yang mempunyai hubungan erat dengan para mutant Marvel. Di komiknya, Magneto diceritakan mengambil alih Genosha dan menyatakannya sebagai negara khusus mutant Bumi. Tujuannya tidak lain agar para mutan bisa hidup lebih tenang dan juga tidak mendapatkan diskriminasi dari manusia biasa. Pada kisah masa depan alternatif, Genosha menjadi negera penting yang muncul di kisah Age of Apocalypse. Di mana mutan jahat Apocalypse mencoba menguasai dunia dengan melancarkan setiap serangannya ke negara lain dari Genosha.

Krakoa

Pada era yang lebih modern, Magneto bersama mutan lain diceritakan menemukan tempat yang lebih ideal bagi para mutan daripada Genosha. Tempat ini adalah Krakoa yang pada dasarnya adalah pulau hidup yang berbentuk pohon raksasa. Muncul di kisah Dawn Of X (2019), Krakoa telah menjadi tempat teraman bagi para mutan yang ingin berlindung dari diskriminasi dan juga gangguan dari bangsa lain. Krakoa sendiri terhubung dengan keseluruhan Marvel universe melalui sebuah gerbang misterius. Tidak sedikit yang percaya bahwa Krakoa menyimpan sebuah misteri yang berpotensi membayakan Bumi.

Arakko

Muncul pertama kali di komik Powers of X #4 (2019), Arakko adalah pohon hidup lain yang merupakan saudara dari Krakoa. Awalnya Arakko juga eksis sebagai tempat bernaung para mutan di Bumi, tetapi Magneto mengusulkan untuk memindahkan Arakko ke Planet Mars agar tidak mendapatkan gangguan dari politik Bumi. Magneto bersama para mutan omega lain lantas menggunakan kekuatannya untuk mengubah Mars menjadi planet yang layak untuk ditempati. Setelah proyek luar biasa tersebut berhasil, Magneto bersama mutan lain sepakat untuk menjadikan Arrako alias Mars sebagai pusat tata surya.

Latveria

Latveria adalah salah satu negara fiksi lain yang mempunyai koneksi dengan karakter populer di Marvel Universe. Sebagai negara kecil yang pertama kali diceritakan di komik Fantastic Four Annual #2 (1964), Latveria tidak lain adalah negara milik Doctor Doom, yang letaknya berada di sebelah timur benua Eropa. Ibu kota negaranya adalah Doomstadt, yang Doom jadikan sebagai pusat pemerintahannya sekaligus tempat untuk menciptakan berbagai teknologi canggihnya. Termasuk Doombot yang dia siapkan untuk menguasai dunia, dan juga untuk menyerang negara laink, seperti Wakanda.

Itulah 9 negara fiksi di Marvel Universe yang masing-masing mempunyai posisi penting di semestanya. Berbagai negara ini secara tidak langsung telah memberi warna kepada kisah Marvel yang umumnya berlangsung di kota-kota di Amerika. Yang lebih menariknya lagi, beberapa negara fiksi ini sudah muncul di MCU, misalnya Wakanda, K’un-Lun, dan Madripoor. Itu artinya bukan tidak mungkin negara-negara lainnya juga akan menyusul. Seperti Atlantis yang sebentar lagi akan jadi tempat penting bernama Talokan, di film Black Panther Wakanda Forever yang sudah bisa kita saksikan mulai tanggal 9 November besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.