Meskipun tidak banyak, nyatanya ada game di platform Steam yang menyediakan bahasa Indonesia untuk berbagai teks dalam gamenya. Hal ini tentunya memberikan kemudahan untuk para pemain yang mungkin tidak terlalu menguasai bahasa Inggris. Di sisi lain, game yang menyediakan bahasa Indonesia dalam pilihan mereka memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pemainnya.

Lokalisasi bahasa adalah sesuatu yang umum dalam berbagai industri, termasuk game. Para pengembang bisa mengincar pangsa pasar tertentu dengan mengatur strategi, salah satunya adalah menghadirkan bahasa lokal atau bahasa yang menjadi target pangsa pasar mereka. Indonesia sendiri terkenal salah satu pangsa pasar industri game di dunia, terutama di Asia.

Kepopuleran nama Indonesia bahkan semakin melejit di industri ini, setelah beberapa judul besar seperti DreadOut berhasil mencapai kancah internasional. Hal inilah yang kemudian membuat para pengembang menghadirkan game dalam bahas Indonesia, baik secara voiceover atau teks dalam game. Berikut adalah beberapa game yang menyediakan Bahasa Indonesia di platform Steam.

Destroy All Humans 2 Reprobed

Destroy All Humans merupakan salah satu game yang cukup populer dengan menghadirkan konsep unik. Yaitu alien datang ke bumi dan berusaha untuk menghabisi semua manusia. Game produksi THQ Nordic ini sempat kembali di-remake oleh studio Black Forest Games. Mereka pun kemudian memutuskan untuk melanjutkan cerita tentang Crypto sang alien dalam sekuel ini.

Setting ceritanya sendiri memiliki waktu 10 tahun pasca peristiwa di game pertama. Dan para pemain akan memainkan karakter kloning dari Crypto-137, yaitu Crypto-138. Dalam gamenya sendiri, Geeks bisa memilih bahasa Indonesia untuk pilihan bahasa utama. Yang menarik juga adalah terjemahan bahasa Indonesia dalam gamenya cukup baik, meskipun terasa kaku. Bahkan, ada juga lelucon dalam bahasa Indonesia yang mereka tawarkan dalam gamenya.

Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom

Rasanya semua orang Indonesia tumbuh dan berkembang bersama karakter karya Fujiko F. Fujio yang sangat populer di dunia, yaitu Doraemon. Mereka semua tumbuh bersama Doraemon baik melalui seri animenya atau pun melalui manganya. Dan pengembang game Story of Seasons sadar akan hal tersebut, yang mana kemudian membuat gamenya memberikan opsi bahasa Indonesia.

Doraemon-Story-of-Seasons

Doraemon Story of Seasons merupakan versi lain dari game Story of Seasons, di mana dalam game tersebut para karakter dari franchise Doraemon yang kemudian menjadi karakter yang kita mainkan. Game yang diproduksi Bandai Namco ini pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan franchise Harvest Moon, di mana kita bisa bertani, berkebun, memancing, dan sebagainya.

GigaBash

Negara Malaysia dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, seperti bahasa. Hal ini karena kedua negara berasal dari satu rumpun yang sama yaitu Melayu. Selain bahasa, kesamaan lainnya dari kedua negara ini adalah sama-sama menyukai tokusatsu atau kaiju. Salah satu buktinya adalah bagaimana pengembang game asal Malaysia merilis sebuah game bernama GigaBash.

Gamenya sendiri memang menyediakan berbagai macam bahasa, dan salah satunya adalah bahasa Indonesia. GigaBash menghadirkan konsep game yang sederhana, yaitu pertarungan antara kaiju dan juga pahlawan super. Banyak monster-monster orisinal yang mereka hadirkan. Tetapi, mereka juga menghadirkan monster ikonik lainnya seperti Godzilla dalam DLC yang akan rilis pada Desember mendatang.

Biomutant

Game RPG berbagai open-world memang akan selalu menjadi primadona di mata para penggemar. Pasalnya, dengan konsep tersebut para pemain bisa dengan bebas melakukan apa pun yang mereka mau. Ini juga yang coba diusung dalam game Biomutant, di mana Geeks akan disuguhkan sebuah dunia yang sangat luas dan penuh warna. Semua hal yang ada di dunia tersebut memiliki visual yang mirip seperti buku komik.

Biomutant rilis pada 2021 kemarin dan mendapatkan nilai 6 dari 10. Reaksi yang muncul tentang gamenya memang beragam, namun hal ini bukan berari gamenya tidak menarik untuk Geeks coba. Pengalaman bermain di sebuah dunia yang sangat luas dan terbuka tentunya akan semakin menarik jika kemudian ada teks bahasa Indonesia yang bisa kita pahami dengan mudah.

Unpacking

Jika dibandingkan dengan game yang sudah disebutkan di atas, Unpacking memang memiliki konsep yang sangat kontras. Game yang dikerjakan oleh Witch Beam dan rilis pada 2021 ini tidak menghadirkan hal-hal epik atau luar biasa. Sesuai namanya, para pemain bebas untuk menata ruangan sesuka hati mereka. Namun, yang menarik adalah ada sebuah timeline yang muncul dalam ceritanya.

Dimulai dari sejak kecil sampai dewasa, para pemain akan diberikan waktu untuk melakukan penataan ruangan. Game ringan ini tentunya bisa menjadi pilihan Geeks untuk bersantai melepas penat. Apalagi, Unpacking juga memiliki pilihan bahasa Indonesia yang bisa Geeks pilih untuk bahasa dalam gamenya. Visual yang sederhana juga menghadirkan nuansa yang unik dan menarik.

Industri game masih terus akan berkembang dalam beberapa waktu kedepan, yang mana artinya Indonesia juga masih akan menjadi pangsa pasar yang menarik bagi mereka. Selain menghadirkan alur cerita yang menarik, tentunya memberikan pilihan bahasa Indonesia dalam gamenya bisa menjadi cara untuk meraih minat para pecinta game di negeri ini.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.