Sherlock Holmes adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle. Karakternya pertama kali muncul pada tahun 1887, dan menjadi tokoh utama dalam empat novel dan 56 cerita pendek. Untuk versi live action, sudah banyak aktor yang mendapat keberuntungan untuk memerankan Sherlock Holmes, seperti Robert Downey, Benedict Cumberbatch, dan yang terbaru adalah Henry Cavill. Sebagai karakter yang populer, ada baiknya kita mengenal lebih dalam tentang keluarga Sherlock Holmes. Siapa saja keluarga detektif ini? Simak berikut ini Geeks!

Ayah Holmes

Sebenarnya nih Geeks, ada beberapa versi ayah Sherlock Holmes. Masing-masing dari versinya memiliki sifat dan latar belakang berbeda. Di series Elementary misalnya, ayah Sherlock Holmes memiliki nama Morland Holmes. Morland Holmes digambarkan sebagai sosok yang keras dan tidak peduli kepada sang anak. Bahkan Morland sering meninggalkan Sherlock sendirian ketika dia masih kecil. Sementara itu di series Sherlock, ayah Sherlock Holmes bernama Mr. Holmes. Mr. Holmes digambarkan sebagai sosok yang lebih peduli terhadap sang anak, dan punya hubungan yang cukup baik. Sementara itu untuk versi novel, nama ayah Sherlock Holmes sebenarnya tidak pernah disebutkan sama sekali.

Ibu Holmes

Sama seperti ayah Sherlock Holmes, ibu Sherlock Holmes juga tidak pernah disebutkan dalam novelnya. Tetapi ada beberapa versi live action yang pernah dimunculkan. Salah satunya adalah May Holmes, yang muncul dalam series Elementary. Dia adalah ibu kandung Sherlock Holmes. Tetapi ketika Sherlock Holmes masih kecil, Morland Holmes dan May Holmes memutuskan bercerai, dan Morland mendapat hak asuh penuh terhadap putranya. Sementara itu, versi berbeda juga muncul dalam series Sherlock. Dalam series tersebut, ibu Sherlock Holmes bernama Mrs. Holmes.

Terakhir dan yang terbaru adalah versi yang muncul dalam film Enola Holmes. Dalam film tersebut, ibu Sherlock Holmes bernama Eudoria Holmes. Sebagai seorang ibu beranak 3 (Enola Holmes, Sherlock Holmes, dan Mycroft Holmes), ia bertekad untuk menciptakan dunia di mana anak perempuannya bisa mendapatkan kekuasaan dan kebebasan.

Mycroft Holmes

Mycroft adalah kakak Sherlock Holmes yang berusia 7 tahun lebih tua darinya. Sebenarnya Geeks, Mycroft sangat berpotensi untuk menjadi detektif hebat. Ia memiliki kemampuan deduktif yang lebih baik ketimbang sang adik. Selain itu, Mycroft juga mampu mengingat informasi apapun dengan sempurna. Kecepatan pikirannya memungkinkan dia untuk menganalisis sekelilingnya untuk mendapatkan informasi dalam sekejap. Tetapi dibalik semua kehebatan tersebut, Mycroft enggan menjadi detektif yang harus turun ke lapangan untuk memecahkan kasus. Sebagai gantinya, Mycroft memilih untuk bekerja pada pemerintah. Tetapi Mycroft selalu merahasiakan di bagian mana dia bekerja.

Eurus Holmes

Keluarga Sherlock Holmes selanjutnya adalah Eurus Holmes. Eurus Holmes sebenarnya adalah karakter khusus yang diciptakan untuk series Sherlock, yang berarti dia tidak muncul dalam novel maupun film Sherlock Holmes lainnya. Eurus adalah anak ketiga dari Mr. dan Mrs. Holmes. Sama seperti Sherlock, Eurus memiliki kecerdasan dan kejeniuasan yang luar biasa. Tetapi Eurus tidak memiliki empati, kasih sayang, dan rasa penyesalan. Dalam seriesnya, Eurus digambarkan sebagai seorang sosiopat dan villain. Ketika kecil pun, tanda-tanda jahat Eurus memang telah muncul, di mana dia membunuh sahabat Sherlock, Victor Trevor, dengan cara menguncinya di dalam sumur dan membiarkannya tenggelam.

Sherlock Holmes

Siapa yang tidak mengenal nama Sherlock Holmes? Dia adalah dokter yang menyebut dirinya sebagai seorang detektif. Sebagai detektif, Sherlock memiliki banyak keahlian seperti keterampilan dalam menggunakan ilmu forensik, logika berpikir yang tinggi, dan ahli dalam menyamar. Tentunya sebagai seorang detektif, Sherlock Holmes juga dibekali dengan kemampuan bela diri memumpuni, apalagi setelah dia mengikuti banyak pertandingan tinju. Ketika muncul sebuah ancaman, Sherlock Holmes tidak segan untuk bertarung, jika diperlukan. Nah walau sebagai kakak beradik, tetapi Sherlock dan Mycroft sering bersaing. Akan tetapi, keduanya akan saling membantu saat dibutuhkan.

Enola Holmes

Bernama lengkap Enola Eudoria Hedassa Holmes, Enola Holmes adalah karakter utama dalam novel misteri berjudul Enola Holmes karya Nancy Springer. Diceritakan bahwa Enola Holmes adalah adik perempuan Sherlock dan Mycroft. Menariknya, usia Enola jauh lebih muda 20 tahun ketimbang sang kakak. Suatu ketika, saat ibunya melarikan diri ke London, Enola lantas memutuskan untuk memecahkan misteri yang terjadi pada ibunya tanpa bantuan Sherlock dan Mycroft. Itulah kisah Enola Holmes yang juga diangkat dalam film Enola Holmes yang tayang di Netflix. Enola adalah sosok yang cerdas, dan mampu memecahkan misteri lebih cepat dari kakak-kakaknya.

Itulah dia Geeks keluarga Sherlock Holmes yang kita ketahui. Untuk kedua orang tua Sherlock Holmes di versi novelnya, nama mereka sebenarnya tidak pernah disebutkan. Karena kebutuhan cerita, lantas kedua orang tuanya pun dimunculkan dalam versi live action-nya. Nah di antara para karakter tersebut, mana yang kalian sudah ketahui Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/