Sukses dengan game God of War yang rilis pada tahun 2018, developer Santa Monica akan segera merilis sekuelnya yang berjudul Ragnarok secara eksklusif di PS4 dan PS5. Kali ini Kratos dan anaknya Atreus diceritakan harus berusaha menghentikan bencana besar Ragnarok, sambil diburu oleh para dewa Aesir dari mitologi Nordik, termasuk Thor.

Menjelang perilisan gamenya, tidak sedikit penggemar yang bertanya-tanya bagaimana performa Ragnarok khususnya di PS4. Seperti yang kita tahu, sebagai konsol pendahulu, teknologi dan komponen PS4 tentunya tidak sebaik PS5.

Sebagai pengingat, PS4 sendiri rilis perdana pada tahun 2013, disusul dengan versi Slim dan Pro pada tahun 2016. Jika dibandingkan dengan PS5 yang baru-baru ini keluar, kemungkinan performa PS4 saat memainkan game baru seperti God of War Ragnarok akan sedikit berbeda.

Menurut laporan terbaru Kotaku, sebenarnya God of War Ragnarok cukup berjalan lancar di konsol PS4. Mereka bahkan telah mengujinya langsung dan pada umumnya gamenya berjalan cukup baik di PS4 dengan kualitas 1080p/30fps.

Sebuah video perbandingan dari IGN juga menunjukkan gamenya sama-sama berjalan baik di PS4 dan PS5, perbedaannya hanya terletak pada loading yang sedikit lebih lama di PS4. Walaupun begitu, masalah terberat di PS4 adalah suara mesin yang sangat bising saat menjalankan Ragnarok.

Mungkin salah satu alasan mengapa suara konsol PS4 bising ketika memainkan Ragnarok adalah karena kualitas grafisnya yang sudah lebih meningkat dari game sebelumnya. Meskipun suara bising bukanlah suatu masalah bagi sebagian orang, tetapi tidak sedikit juga yang merasa justru ini berpotensi mengganggu pengalaman bermain God of War Ragnarok.

Di sisi lain, para pemain juga khawatir konsol PS4 mereka akan mengalami overheat. Sejauh ini baik pihak PlayStation dan Santa Monica tidak pernah menyinggung masalah suara yang akan ditimbulkan konsol PS4 saat memainkan gamenya.

Yang jelas, alasan mereka masih merilis Ragnarok di PS4 mungkin karena seharusnya tidak ada masalah dengan performanya secara umum, baik gamenya sendiri maupun konsolnya. God of War Ragnarok sendiri akan dirilis serentak di PS4 dan PS5 pada tanggal 9 November nanti. So, buktikan saja sendiri ya, Geeks, bagaimana performanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.