Terkenal sebagai anti-hero Marvel, sebentar lagi Namor akan segera melakukan debut MCU-nya di film Black Panther: Wakanda ForeverDi filmnya nanti, Namor (Tenoch Huerta) akan menjadi antagonis utama yang menyerang Wakanda bersama bangsa bawah lautnya, Talokan alias Atlantis versi MCU. Cerita filmnya sendiri sepertinya terinspirasi dari perseturuan abadi antara Atlantis dan Wakanda di Marvel Universe. Nah, itulah mengapa, sebelum filmnya rilis, kali ini kita akan membahas siapa saja sebenarnya yang pernah menjadi musuh abadi bagi Namor di komiknya. Penasaran? Simak di bawah ini, Geeks!

Attuma

Selain Namor, sebenarnya Attuma juga sudah dipastikan akan muncul juga di film Wakanda Forever. Namun, sepertinya pada kemunculan perdananya nanti dia masih akan menjadi sekutu sang Sub-Mariner, tidak seperti di Marvel Comics. Di mana Attuma terkenal sebagai musuh bebuyutan Namor yang telah berkali-kali berusaha merebut takhtanya di Atlantis. Di kisah Atlantis Attack, Attuma bahkan benar-benar berhasil menjadi Raja Atlantis karena para Atlantean lebih memilihnya daripada Namor. Namor baru berhasil merebut kembali kekuasaannya setelah para Avengers membantunya untuk mengalahkan Attuma.

Krang

Krang adalah seorang panglima militer Atlantis, yang akhirnya memutuskan untuk berkhianat dan menjadi musuh Namor karena ingin menjadi raja Atlantis. Terkenal sebagai Krang the Usurper alias Perebut Kekuasaan, di komik Fantastic Four Annual #1, dia memang sempat berhasil menduduki takhta Atlantis saat Namor tidak ada, sebelum akhirnya Namor kembali dan berhasil menggulingkannya. Alih-alih mengusirnya, Namor malah memberikan jabatan yang cukup tinggi kepada Krang di kemiliteran Atlantis. Alasannya karena Namor ingin semua musuhnya selalu berada dalam jangkauannya.

Mister Fantastic

Perseteruan antara Namor dan Reed Richards alias Mister Fantastic sebenarnya lebih karena masalah percintaan. Karena diam-diam ternyata Namor dan istri Reed, yaitu Sue Storm alias Invisible Girl, pernah berselingkuh untuk waktu yang cukup lama. Bahkan ketika Reed mengetahui hubungan terlarang mereka di komik Fantastic Four #407, Namor malah mengatakan bahwa dia akan selamanya mencintai Sue sekaligus berusaha menyingkirkannya. Hal inilah yang akhirnya membuat mereka menjadi musuh, di mana Namor sering berusaha mencari kesempatan untuk kembali berhubungan dengan Sue.

Doctor Doom

Di Marvel Comics, Namor dan Doctor Doom adalah dua karakter yang sama-sama kuat dan terbilang mempunyai hubungan yang unik. Selain sering terlihat bekerja sama, dalam kesempatan lainnya, Doom juga cukup sering diceritakan menjadi musuh Namor. Seperti di komik Fantastic Four #6, di mana Doom awalnya mengajak Namor untuk bekerja sama mengalahkan Fantastic Four. Namun menjelang kekalahan mereka, Doom malah mengkhianatinya dan meninggalkan Namor sendirian. Sejak saat itulah Namor sering terlihat bertarung dengan Doom saat menemukan kesempatan yang tepat.

Llyra

Llyra adalah salah satu musuh pertama Namor yang berasal dari kerajaan bawah laut Lemuria. Alasan mengapa dia sering mengganggu kehidupan Namor adalah karena Llyra sangat mencintainya. Dengan kemampuan berubah bentuknya, Llyra pernah menyamar sebagai Dorma di Sub-Mariner #37, agar Namor mau menikahinya. Kemudian di kisah lain, Llyra juga pernah diceritakan sebagai orang yang bertenggung jawab atas kematian Dorma yang pada saat itu telah menjadi ratu Atlantis. Mulai dari sinilah Namor tidak pernah mau memaafkan Llyra dan mengingatnya sebagai salah satu musuh Atlantis.

Master Khan

Di kisah Namor: The Sub-Mariner, Namor pernah diceritakan tidak sengaja bertemu dengan supervillain Master Khan yang tengah menyusun rencana untuk menguasai dunia. Alih-alih membunuhnya, Master Khan, justru memilih untuk menghapus semua ingatan Namor dan mengambil semua miliknya, termasuk kekayaannya yang ada di permukaan. Selama lebih dari sepuluh tahun, Namor tidak ingat dengan jati dirinya sebagai raja Atlantis. Setelah ingatannya kembali, Namor akhirnya mendapatkan kesempatan untuk membalaskan dendamnya kepada Master Khan dengan membunuhnya.

Black King

Sebastian Shaw alias Black King adalah pemimpin dari tim supervillain mutan yang disebut Hellfire Club. Di komik Uncanny X-Men Annual #2, Black King pernah sengaja mengirim Frost untuk menggoda Namor agar dia mau bergabung dengan timnya. Cara ini terbukti berhasil, karena pada akhirnya Namor memang jatuh cinta kepada Frost dan mau memperkuat tim Hellfire. Namun, saat Frost benar-benar jatuh cinta kepadanya, Black King malah menghapus ingatannya dan mengirim Sentinel untuk menyerang Atlantis. Hal ini membuat Namor menyatakan permusuhan abadi dengan Black King dan Hellfire.

Black Panther

Dari sekian banyak musuh abadi Namor, mungkin Black Panther adalah yang paling sering bertarung dengannya. Yang lebih parahnya lagi, perseteruan mereka bahkan berkembang menjadi permusuhan antara negara yang mereka pimpin, Wakanda dan Atlantis. Di kisah Avengers vs. X-Men, Namor dengan kekuatan Phoenix Force bahkan sengaja mengirim tusnami untuk meratakan Wakanda. Sebagai serangan balik, Black Panther juga pernah mengirim bom ke Atlantis untuk menghancurkan kerajaan Namor tersebut. Perseteruan mereka baru berakhir setelah multiverse hancur karena peristiwa incursion.

Itulah delapan musuh bebuyutan Namor di Marvel Universe. Melihat status keberpihakan musuhnya yang beragam, mulai dari supervillain sampai superhero, cukup masuk akal jika Namor akhirnya lebih terkenal sebagai anti-hero. Karena dia tidak peduli apa itu baik dan buruk, yang terpenting bagi Namor adalah mempertahankan harga dirinya dan juga Atlantis di hadapan semua orang. Jika ada yang melukai harga dirinya, maka dengan dia akan emnganggap orang tersebut sebagai musuhnya. Kita lihat saja nanti, siapa yang akan menjadi musuh-musuh baru Namor selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.