Kang the Conqueror adalah salah satu musuh bebuyutan Avengers yang paling sering membuat tim terbaik Bumi tersebut kewalahan. Alasannya adalah karena Kang merupakan penjelajah waktu yang menguasai timeline. Sehingga dia sudah mengetahui apa pun yang akan Avengers lakukan kepadanya, termasuk solusi apa saja yang harus dia ambil untuk mengatasinya. Walaupun begitu, di Marvel Comics sendiri ada satu anggota Avengers, yaitu Dane Whitman alias Black Knight, yang terbukti mempunyai cara khusus untuk kalahkan Kang. Bagaimana bisa? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Ebony Blade Jadi Kunci

Dane Whitman adalah Black Knight ketiga di Marvel Universe yang melakukan debutnya di komik The Avengers #47 (1967). Sebagai anggota utama Avengers, dia terkenal sebagai kesatria Inggris pada era modern yang sering menggunakan Ebony Blade sebagai senjata andalannya. Ebony sendiri merupakan sebuah pedang sihir yang diciptakan Merlin dan Sir Percy dari meteor Starstone. Meskipun terbukti bisa memotong apa pun dan mencegah kematian penggunanya, sejatinya Ebony adalah pedang kutukan yang perlahan-lahan bisa merusak jiwa penggunanya, tanpa terkecuali Black Knight.

Walaupun begitu, Ebony sendiri ternyata pernah menjadi kunci kemenangan Avengers yang sempat melawan Kang di komik Avengers (1969). Semuanya bisa terjadi karena Black Knight berhasil menemukan cara kalahkan Kang dengan pedang sihirnya ini. Kisahnya sendiri bermula dari Bumi yang tiba-tiba dijadikan taruhan oleh Kang saat melakukan sebuah permainan kosmik melawan Grandmaster. Avengers yang tidak punya pilihan lain terpaksa menjadi ‘pion catur’ bagi Kang. Pada titik inilah Black Knight datang untuk menghentikan permainan Kang vs. Grandmaster tersebut.

Mengetahui bahwa Black Knight akan merusak permainan, Kang lantas pergi ke masa depan bersama Avengers untuk melanjutkan permainan. Ternyata dalam prosesnya Ebony tidak sengaja terbawa oleh Kang, hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Black Knight untuk memperbaiki kesalahan sebelumnya. Di mana dia menggunakan Ebony sebagai katalis untuk melakukan perjalanan waktu secara diam-diam ke timeline yang dituju oleh Kang. Dia berharap kedatangannya yang tiba-tiba dapat mengejutkan Kang sehingga dia tidak bisa kabur lagi.

Cara Time Travel yang Unik

Bagi Kang yang terkenal mempunyai pengetahuan yang luas terkait penjelajahan waktu, ternyata dia tidak pernah mengira bahwa ada cara lain untuk melakukan perjalanan waktu selain menggunakan teknologi. Seperti cara yang Black Knight lakukan untuk kalahkan Kang dengan menggunakan Ebony sebagai mesin waktunya. Dengan bantuan dari roh Black Knight terdahulu, dia bisa mengikuti ke mana pun Ebony pergi. Termasuk mencapai lokasi di mana Ebony terbawa oleh Kang sampai ke masa depan yang sangat jauh.

Setelah berhasil mengejutkan Kang dengan kedatangan keduanya, kali ini Black Knight bisa langsung mengalahkannya sendirian. Dan akhirnya berhasil menyelamatkan para Avengers yang kemudian membantunya untuk mengalahkan Grandmaster. Sejak saat itu, Black Knight sering terlihat melakukan perjalanan waktu dengan menggunakan Ebony. Jika tidak ada Black Knight dan Ebony Blade-nya, mungkin Avengers akan selamanya menjadi pion Kang. Karena mereka tidak bisa menemukan cara efektif untuk kalahkan Kang yang mengetahui segalanya, kecuali tindakan Black Knight yang penuh dengan kejutan.

Black Knight dan Ebony Blade di MCU

Kisah dari Marvel Comics ini mungkin bisa terjadi juga MCU, mengingat karakter Black Knight dan senjata Ebony-nya sudah muncul di film Eternals (2021). Namun untuk menerapkan ceritanya setidaknya ada beberapa hal yang harus Marvel Studios lakukan terlebih dahulu. Mulai dari memunculkan kembali Avengers pada masa depan MCU. Kemudian membawa kembali Black Knight dari aktor Kit Harington. Sampai memperkenalkan Black Knight sebagai anggota baru Avengers di semestanya.

Untungnya, Marvel Studios sendiri sebenarnya sudah mempunyai jawaban untuk itu, di mana ke depannya mereka sudah pasti akan merilis film Avengers 5 The Kang Dynasty. Sedangkan untuk karakter Black Knight kemungkinan besar akan kembali juga di film Blade mendatang. Saat waktunya nanti tiba Marvel tinggal menceritakan Black Knight terlibat dalam pertarungan para superhero vs. Kang (Jonathan Majors) di Avengers 5. Dengan begitu, meskipun Kang menguasai timeline, Black Knight bisa mengejutkannya dengan menggunakan kehebatan Ebony seperti di komiknya.

Itulah pembahasan tentang kisah Black Knight yang berhasil menemukan cara kalahkan Kang the Conqueror di Marvel Comics. Dengan kisah ini Marvel Studios bisa menjelaskan bahwa sebenarnya karakter sependiam Dane Whitman alias Black Knight ternyata cukup vital di MCU. Sepertinya akan menarik jika kisah ini benar-benar terwujud di MCU pada masa yang akan datang. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Marvel Studios sendiri telah menjadwalkan film Blade untuk tayang pada 6 September 2024, dan Avengers: The Kang Dynasty pada tanggal 2 Mei 2025 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.