Teka-teki mengenai siapa sosok ibu Luffy sepertinya memang masih membuat para fans dari seri One Piece penasaran. Pasalnya, sampai sekarang Eiichiro Oda masih belum memberikan informasi terkait ibu Luffy. Sebelumnya, sempat ada berbagai fakta-fakta menarik yang muncul mengenai sosok ibu dari Luffy. Misalnya, Oda Sensei pernah mengatakan di salah satu kolom SBS bahwa ibunya Luffy sebenarnya pernah muncul dalam cerita One Piece.

Oda juga menjelaskan bahwa dia juga bukan sosok wanita yang cantik. Menurutnya, sosok ibu Luffy tersebut berusia paruh baya dengan rambut yang bergelombang. Kemudian, sang kreator juga sempat menjelaskan bahwa ada alasan khusus kenapa dia tidak ingin menghadirkan sosok ibu Luffy. Menurutnya, menghadirkan sosok ibu tidak ada kaitannya dengan cerita dan petualangan Luffy serta One Piece.

Meskipun begitu, hal ini tidak menyurutkan semangat para fans untuk menghadirkan berbagai spekulasi dan teori baik tentang keluarga Monkey atau pun ibu dari Luffy secara khsusunya. Salah satu yang menarik adalah bisa jadi sebenarnya munculnya teori jika Luffy sebenarnya bukanlah anak biologis dari Dragon. Apa maksudnya?

Luffy Bukan Anak Dragon?

Dalam cerita One Piece, sudah tidak mengherankan jika Oda Sensei sering menghadirkan tidak terduga. Banyak fans yang “tertipu” dengan alur cerita atau hal yang sebelumnya sudah mereka perkirakan. Hal ini karena Oda sering membaca atau mengikuti perkembangan teori atau pendapat dari para fans. Salah satu hal yang sering fans diskusikan adalah mengenai hubungan keluarga.

Contoh nyatanya adalah bagaimana dalam One Piece Film: Red menghadirkan informasi bahwa Uta adalah anak dari Shanks. Informasi tersebut kemudian disebarluaskan melalui berbagai media promosi, seperti trailer resminya. Tetapi, yang mengejutkan adalah Uta sebenarnya bukanlah anak biologis Shanks. Dia ditolong oleh Shanks dan kru Rambut Merah, yang mana membuat Uta merasa bahwa dia adalah anak dari Shanks.

Dalam artikel sebelumnya pun terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa Bonney sebenarnya bukan anak biologis dari Kuma. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa hal yang menjadi bukti dari teorinya, misalnya perbedaan sifat dan wajah. Apalagi, Bonney menjelaskan bahwa Kuma berasal dari ras spesial dan Bonney sangat mengenal Egghead, yang mana membuat para fans semakin penasaran dan memperkuat teori tersebut.

Hal ini juga yang kemudian menjadi dasar dari spekulasi bahwa kemungkinan Luffy pun bernasib sama seperti Uta dan Bonney. Dalam hal ini, Dragon sebenarnya bukanlah ayah biologisnya. Spekulasinya menyebutkan bahwa bisa jadi Luffy adalah hasil ciptaan dari Vegapunk. Seperti halnya yang dia lakukan terhadap Bonney, Luffy juga mungkin merupakan hasil “kloning” dari DNA lain.

Dalam hal ini, bisa jadi jika Luffy adalah kloning dari sosok Joy Boy atau Nika. Bisa jadi hal inilah yang kemudian membuat buah iblisnya dan juga Luffy bisa menyatu atau berkolaborasi dengan baik. Kita bisa melihat bagaimana Luffy sejauh ini begitu dahsyat dalam mengendalikan atau menguasai buah iblisnya. Dan tidak butuh waktu lama untuk benar-benar menguasai dan membangkitkan buah iblisnya. Bisa jadi juga ini adalah alasan mengapa Luffy tidak memiliki sosok ibu seperti halnya Bonney.

Luffy Alasan Vegapunk Mengenal Dragon?

Dalam chapter 1064 kemarin, para fans dibuat terkejut lagi dengan hal yang muncul di akhir chapternya. Dalam chapternya nampak salah satu kloning Vegapunk, Shaka, menghubungi sosok Dragon. Dia mengaku nyawanya sudah tidak akan lama lagi, danĀ  kemungkinan dia akan segera tewas – yang mana memang benar mengingat CP-0 sekarang mengincar nyawanya.

Dragon sendiri kemudian merespos bahwa itu adalah sebuah lelucon yang tidak lucu. Dari dialog tersebut tersirat bahwa Vegapunk dan Dragon memiliki koneksi yang cukup dalam. Kemungkinan, mereka sudah sejak lama mengenal satu sama lain. Dalam artikel sebelumnya, terdapat pembahasan jika ada teori yang menyebutkan bila Vegapunk merupakan bagian dari Pasukan Revolusi.

Itulah alasan mengapa kemudian dia bisa mengenal sosok Dragon, dan begitu akrab dengan sang pemimpin. Namun, bagaimana jika ada hal lainnya yang membuat hubungan keduanya sangat akrab? Dalam hal ini, Vegapunk menciptakan kloning yang mana adalah Luffy dan kemudian dia serahkan atau titipkan kepada Dragon untuk dia rawat dan besarkan.

Mungkin, inilah alasan mengapa Dragon nampak tidak terlalu peduli terhadap Luffy meskipun dia masih memperhatikannya dari jauh. Karena, baginya ada hal yang jauh lebih penting daripada sekedar membesarkan Luffy. Namun, dia pun berharap suatu saat nanti, ketika Pemerintah Dunia dan naga langit sudah tidak lagi ada, mereka bisa menjalin hubungan keluarga yang baik.

Di sisi lain, teori tentang Luffy (dan Bonney) yang merupakan hasil eksperimen Vegapunk bisa jadi adalah jawaban mengapa kemudian Seraphim berwujud anak-anak. Dalam hal ini, para mantan Shichibukai ketika mereka masih kecil. Apakah artinya Vegapunk sudah menciptakan banyak anak-anak yang merupakan hasil eksperimennya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.