Sebentar lagi film Black Panther: Wakanda ForeverĀ akan menceritakan pertempuran antara Wakanda dan bangsa bawah laut Talocan alias Atlantis di MCU. Menjelang penayangan filmnya tidak sedikit penggemar yang bertanya-tanya seperti apa kekuatan militer Talocan sampai berani menghadapi Wakanda, yang terkenal mempunyai vibranium dan berbagai teknologi canggih lainnya. Meskipun kekuatan dari bangsa yang dipimpin Namor ini belum terungkap di MCU, tetapi di komiknya kendaraan tempur yang dimiliki oleh Atlantis merupakan salah satu yang paling mengerikan. Berikut ini 6 senjata tempur andalan bangsa Atlantis di Marvel Universe!

Atlantean Submarine

Atlantean Submarine adalah kendaraan tempur Atlantis yang diciptakan khusus sebagai kapal induk milik Attuma di Marvel Universe. Itulah mengapa kapal selam yang debut di komik Avengers #26 ini sering disebut juga sebagai Attuma’s Submarine. Seperti halnya Attuma yang terkenal kasar dan agresif, kapal selamnya juga dilengkapi dengan sejumlah persenjataan yang mematikan. Seperti penjepit yang dapat menangkap dan menarik pesawat tempur ke dalam laut, Torpedo Vacum, Ray Blaster, dan juga artileri yang dapat mengincar target secara otomatis.

Super-Dreadnought

Super-Dreadnought adalah kapal selam induk Atlantean yang dapat menampung ribuan pasukan dan juga kendaraan tempur yang lebih kecil di dalamnya. Sebagai kendaraan tempur yang bergerak sesuai dengan komando Namor, Super-Dreadnought sering dipakai untuk membuktikan kekuatan Atlantis kepada para superhero atau supervillain Marvel lainnya. Saat Namor menggunakan Super-Dreadnought untuk menyerang Wakanda di komik Defenders #84 (1980), konon pergerakan kapal selam raksasa ini dapat menimbulkan riak ombak yang sangat besar.

Landing Barge

Sesuai dengan namanya, Landing Barge adalah jenis kendaran tempur Atlantis yang berfungsi untuk membawa dan menurukan pasukan Atlantean saat menyerang kota-kota musuh di Marvel Universe. Di komik Fantastic Four Annual #1 (1963), Namor sendiri sangat mengandalkan Landing Barge untuk menginvasi Kota New York yang terkenal besar dan mempunyai populasi padat. Alasannya adalah karena satu Landing Barge bisa menampung puluhan bahkan ratusan pasukan Atlantean beserta tank tempurnya. Dengan begitu, Namor bisa menguasai Kota New York lebih cepat.

Y-Ray Tank

Saat Attuma menguasai Atlantis di komik Avengers #27 (1966), Namor meminta bantuan kepada para superhero permukaan khususnya Avengers untuk merebut kembali takhtanya. Pada titik inilah Captain America menjadi orang pertama yang bersedia membantu Namor sambil mengendari Y-Ray Tank. Sebagai kendaraan tempur Atlantis, Y-Ray Tank bisa menembakan sinar laser dari moncongnya, yang konon bisa melumat semua kapal selam yang ada di Marvel Universe. Hal tersebut terbukti saat Captain America menggunakannya untuk menjatuhkan Attuma’s Submarine hanya dengan sekali tembak.

Weapon Supreme

Weapon Supreme adalah kendaraan tempur beroda empat yang Attuma gunakan saat dia berusaha menguasai Atlantis di Marvel Universe. Meskipun tidak bisa melayang di dalam air seperti Attuma’s Submarine, tetapi Weapon Supreme dibekali senjata yang dapat menghancurkan oksigen di dalam air. Senjata ini sangat berguna ketika Attuma menghadapi pasukan Atlantean Namor yang memang bernapas dengan menghisap oksigen di dalam air. Untungnya, saat pasukannya mulai kewalahan, Namor langsung melesat ke arah Weapon Supreme untuk menghancurkannya dari bawah.

Pincer Tank

Pincer Tank mungkin tidak semengerikan kendaraan tempur Atlantis lainnya di Marvel Universe. Namun, senjata ini pernah dipakai Attuma untuk menghadapi Iron Man yang terkenal mempunyai segudang teknologi canggih di armornya. Iron Man sendiri bahkan sampai mengatakan bahwa Pincer Tank adalah salah satu bukti bahwa Atlantis juga mempunyai kendaraan tempur canggih yang dapat mengimbangi manusia permukaan. Alih-alih menghancurkannya, Iron Man justru berusaha mengambil alih Pincer Tank agar dia bisa menggunakannya untuk mengalahkan kendaraan tempur lain milik Attuma.

Itulah enam kendaraan tempur Atlantis yang ada di Marvel Universe. Semua kendaraan ini secara tidak langsung telah menegaskan bahwa Atlantis bukanlah bangsa primitif seperti yang selama ini penggemar sangka. Pada kenyataannya mereka mempunyai banyak kendaraan tempur yang tidak kalah hebat, bahkan mungkin lebih unggul dari yang dimiliki oleh bangsa permukaan pada umumnya. Sepertinya akan menarik jika beberapa kendaraan tempur ini melakukan debutnya juga di film Black Panther: Wakanda Forever pada tanggal 11 November nanti. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.