Tidak lama lagi, kita akan segera melihat penampilan Kang the Conqueror di MCU. Dia akan kembali muncul dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, yang akan memperlihatkan Kang the Conqueror sebagai villain utama. Walau Kang terlihat sangat kuat, berkat kemampuan time travelnya dan kekuatan-kekuatan lainnya, tetapi ternyata dia pernah dikalahkan beberapa kali dalam cerita komiknya. Sudah ada beberapa pahlawan yang terbukti mampu mengalahkan Kang. Berikut adalah kekalahan terbesar Kang di Marvel Universe. Apa saja? Simak berikut ini Geeks!

Iron Lad Bunuh Kang Jahat

Geeks tentu sudah tidak asing dengan tim superhero bernama Young Avengers. Tim tersebut sebenarnya dibuat oleh versi Kang baik, bernama Iron Lad alias Nathaniel Richard. Suatu ketika, Richard muda memilih untuk mencuri teknologi Kang dan melakukan perjalanan ke masa lalu, di mana ia menciptakan armor yang kuat dan menjadi Iron Lad. Setelah menjadi Iron Lad, dia pun membentuk tim superhero muda bernama Young Avengers. Tim tersebut sebenarnya dibentuk untuk mencegah kemunculan Kang jahat. Tetapi suatu ketika, Kang jahat muncul, dan Iron Lad berhasil membunuh Kang dalam sebuah pertempuran. Tetapi sayangnya kematian Kang menciptakan paradoks waktu. Pada akhirnya, Iron Lad memilih kembali ke masa depan dan ia menjadi Kang baru.

Spider-Man Pukul Mundur Kang

Suatu ketika, Kang harus berhadapan dengan Avengers. Kang mengerahkan seluruh kekuatannya, mulai dari menggunakan senjata canggihnya, hingga pasukannya yang banyak. Namun karena Kang sosok yang licik, dia lantas memanfaatkan Spider-Man untuk melawan balik Avengers. Yap, Kang membuat sebuah robot duplikat Spider-Man yang kuat. Robot Spider-Man tersebut menyusup ke Avengers dan mengalahkan mereka dari dalam. Untungnya, Spider-Man yang asli menyadari kehadiran robot Spider-Man dan dia menghancurkan robotnya sebelum korban jiwa berjatuhan. Nah inilah pertemuan pertama antara Spider-Man dan Kang, di mana Spider-Man yang berhasil mengalahkan Kang the Conqueror.

Dane Kalahkan Kang dengan Ebony Blade

Meskipun Dane Whitman alias Black Knight adalah pahlawan kurang yang terkenal, tetapi ternyata dia pernah mengalahkan Kang the Conqueror. Kejadiannya bermula ketika Black Knight menyelesaikan tugasnya bersama Avengers. Ketika itu, dia membantu Avengers untuk menghentikan Surtur dan musuh lainnya. Sesaat kemudian, Kang the Conqueror muncul dan berhadapan dengan Black Knight. Momen pertarungan pun terjadi. Dengan menggunakan pedang ajaibnya yang dikenal sebagai Ebony Blade, Black Knight mampu mengalahkan Kang the Conqueror sendirian. Setelah kejadian tersebut, Avengers pun merekrut Black Knight sebagai anggota inti (bukan cadangan).

Ahura Cegah Rencana Jahat Kang

Ketika itu, Black Bolt sedang berupaya menyelamatkan putranya, Ahura, dari sebuah serangan besar yang mengancam multiverse Marvel. Nah untuk menyelamatkan Ahura, Black Bolt menitipkan anaknya yang masih kecil tersebut kepada Kang, sehingga Kang dan Ahura bisa lolos dari bahaya tersebut (dengan kembali ke masa lalu). Namun setelah kejadian tersebut berakhir, Kang menolak mengembalikan Ahura. Kang memilih untuk membesarkan Ahura sendiri. Sadar bahwa Ahura dalam bahaya, Inhuman pun melakukan perjalanan waktu untuk menyelamatkan Ahura. Pada saat itu, Inhuman berhasil menyadarkan Ahura, bahwa Kang adalah sosok berbahaya. Dan setelah Ahura sadar, diapun menggunakan kemampuannya untuk mengalahkan Kang. Kang akhirnya kalah, dan diminta untuk tidak lagi mengusik mereka selamanya.

Kang Dikalahkan Para Penyihir

Siapa yang tidak mengenal Scarlet Witch? Dia adalah penyihir berkekuatan dahsyat yang mampu mengubah realitas. Nah dalam suatu cerita, Scarlet Witch yang bergabung menjadi anggota West Coast Avengers, mengalami kejadian buruk. Ketika itu Immortus (versi Kang dari masa depan) muncul dan memanipulasi pikiran Scarlet Witch. Immortus berencana memanfaatkan kekuatan Scarlet Witch untuk tujuan jahat. Namun beruntung sebelum kejadian tersebut terjadi, Agatha Harkness muncul dan membantu membebaskan Scarlet Witch dari kendali Immortus. Setelah kejadian tersebut, Immortus akhirnya berhasil dikalahkan, dan ditahan Time-Keepers.

Doctor Strange Hentikan Rama-Tut

Salah satu anggota Avengers yang berhasil mengalahkan Kang the Conqueror adalah sang Master of the Mystic Arts, yaitu Doctor Strange. Ketika itu, Doctor Strange tengah bertarung bersama dengan Avengers untuk mengalahkan versi Kang dari masa lalu yaitu Rama-Tut. Namun, itu adalah wujud astral Doctor Strange, bukan wujud aslinya. Ternyata terungkap bahwa sebenarnya Khonsu (dewa bulan Mesir) memanggil Doctor Strange untuk membantu membebaskan Fantastic Four dan menggulingkan Rama-Tut. Rencana tersebut berhasil dan Rama-Tut berhasil dikalahkan Doctor Strange dan aliansinya.

Kang Dikirim Kembali ke Masa Lalu

Setelah dikalahkan oleh Avengers, Fantastic Four, dan dewa bulan Khonshu, Kang tidak punya pilihan lain selain melarikan diri dari timeline-nya. Saat melakukan perjalanan waktu, tiba-tiba muncul “badai waktu” yang menghantam Kang. Pada akhirnya, Kang pun terjebak dalam sebuah timeline di era modern, di mana Kang menghadapi Dr. Doom. Nah karena alat untuk melakukan perjalanan waktu miliknya rusak, Kang pun terlempar kembali ke masa depan, di mana ia bertemu dengan salah satu mutan terkuat yaitu Cable. Saat itu, Kang pun harus menghadapi Cable yang bekerja sama dengan mentornya, Blaquesmith. Dengan bantuan Blaquesmith, Kang yang saat itu berwujud Rama-Tut berhasil dikalahkan dan dikirim kembali ke timeline asalnya.

Trio Squirrel Girl Habisi Kang

Dibalik penampilan yang sederhana, siapa yang menyangka bahwa Squirrel Girl pernah mengalahkan villain sekelas Kang the Conqueror? Squirrel Girl berhasil membuktikan dirinya sebagai sosok yang tidak bisa terkalahkan. Ketika itu, Kang the Conqueror berhasil mengalahkan Lady Doreen tua di masa depan, dan Kang memutuskan untuk melenyapkannya. Di saat terakhir, Squirrel Girl berhasil menghentikan rencana jahat Kang the Conqueror. Menariknya, ada 3 versi Squirrel Girl yang berasal dari semesta berbeda yang muncul, di mana mereka saling membantu mengalahkan Kang. Bersama-sama, ketiganya pada akhirnya berhasil menghabisi Kang, yang mencoba kabur ke masa lalu.

Havok Buat Kang Melarikan Diri

Alex Summers atau yang lebih dikenal sebagai Havok adalah pemimpin Avengers dalam sebuah timeline alternatif. Dalam timeline ini, Avengers mengobarkan genderang perang terhadap Apocalypse Twins dan Kang the Conqueror. Havok pun ternyata menyimpan dendam pribadi terhadap Kang, setelah Kang membunuh putrinya. Havok yang marah kemudian berhadapan dengan Kang. Sayangnya, Kang hampir memenangkan pertarungan melawan Havok setelah Kang mendapatkan kekuatan dari Celestials yang jatuh. Beruntung karena Sunfire muncul dan membantu Havok mengalahkan Kang. Namun kemudian Kang berhasil melarikan diri dan kembali ke timeline asalnya.

Deadpool Kalahkan Kang

Geeks tentunya sudah tahu dengan peristiwa Secret Wars, di mana Beyonder membawa sekelompok pahlawan dan villain ke sebuah planet bernama Battleworld. Mereka dipertemukan untuk saling beradu satu sama lain. Dalam peristiwa tersebut, Kang bergabung dengan kelompok penjahat yang berada di bawah kepemimpinan Doctor Doom. Tetapi Kang tidak bisa diajak bekerja sama. Tetapi kemudian, dalam sebuah komik Deadpool’s Secret Secret Wars, terungkap bahwa ternyata Deadpool juga turut dibawa oleh Beyonder ke Battleworld, meskipun sebenarnya Deadpool tidak muncul dalam peristiwa asli Secret Wars di tahun 1985. Dalam komik tersebut, Deadpool berhasil mengalahkan Kang, dengan pukulan dahsyatnya ke pangkal paha Kang.

Itulah dia Geeks beberapa kekalahan terbesar Kang the Conqueror di Marvel Universe. Siapa yang menyangka bahwa villain sekelas Kang the Conqueror yang notabene bisa melihat masa depan, mampu dikalahkan oleh segelintir pahlawan Marvel. Ternyata ada cara jitu mengalahkan Kang, yang bisa digunakan oleh pahlawan Marvel lainnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/