Poneglyph adalah salah satu benda misterius dan langka di dunia One Piece. Pada dasarnya, ini adalah sebuah artefak yang dibuat di sebuah batu besar dan berisi tentang sejarah tentang dunia. Meskipun Poneglyph menjadi bagian penting dalam cerita One Piece, Oda Sensei baru memperkenalkan tentang Poneglyph secara baik dalam chapter 202 di manganya, saat arc Alabasta.

Poneglyph memiliki peran yang penting terutama bagi para bajak laut yang ingin pergi ke Laugh Tale. Serta, untuk mereka yang ingin mengetahui apa sebenarnya yang terjadi pada masa lalu, maka mereka bisa melakukan penelitian tentang Poneglyph. Dengan kemunculannya sejauh ini, Poneglyph bahkan semakin penting dalam cerita kedepannya. Berikut adalah 5 fakta epik tentang Poneglyph.

Pencipta Poneglyph

Karena Poneglyph berisi tentang sejarah dunia, sudah jelas jika artefak ini sudah ada sejak lama. Lalu, siapa sebenarnya pencipta dari Poneglyph? Dalam ceritanya terungkap jika pencipta dari artefak penting ini adalah klan Kozuki. Oda Sensei sendiri belum menjelaskan siapa Kozuki pertama yang menciptakan Poneglyph dan kapan pastinya mereka membuat Poneglyph. Yang pasti, klan Kozuki adalah orang yang menciptakan artefak ini.

Hal ini juga yang sempat membuat Oden terkejut saat dia berada di pulau manusia ikan serta Zou. Oden terkejut karena dia mengetahui bahwa ada “warisan” dari klan Kozuki di masa lalu yang berada di luar Wano. Di sisi lain, dengan klan Kozuki yang merupakan pencipta Poneglyph, ini juga yang membuat mereka memiliki peran penting dalam sejarah di dunia One Piece.

Merekalah yang menulis tentang apa yang terjadi pada masa lalu, tepatnya pada abad yang hilang. Mereka juga yang menulis permintaan maaf Joy Boy kepada bangsa manusia ikan. Dan ini juga yang membuat Oden bersikukuh untuk membuka perbatasan Wano, demi menyambut kemunculan Joy Boy baru setelah dia menemukan fakta mengejutkan di Laugh Tale.

Tidak Bisa Dihancurkan

Poneglyph terbuat dari sebuah material yang mirip dengan batu, dengan daya tahan yang sangat luar biasa. Diketahui jika Poneglyph tidak bisa dihancurkan oleh apa pun. Nama material tersebut adalah Pyrobloin. Penjelasan tentang material Pyrobloin sempan muncul dalam arc pulau langit. Menurut Pagaya, salah satu penduduk pulau langit, batu laut dan juga pulau langit itu sendiri tercipta karena adanya zat atau material tersebut.

Zat tersebut dengan sengaja terlempar ke udara oleh letusan gunung berapi. Ketika Pyrobloin menyatu dengan air yang ada di udara, pulau langit pun akhirnya terbentuk. Pada intinya, Pryobloin merupakan material yang biasa digunakan untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa, kuat, dan kokoh seperti Poneglyph. Dan yang menarik adalah material Pyrobloin ini sangat melimpah di wilayah Wano.

Hal ini berkat adanya gunung Fuji yang berada di wilayah tersebut. Dan ini juga yang kemudian menjadi alasan mengapa Kaido dan Orochi menciptakan pabrik senjata di Wano. Serta, bagaimana Pemerintah Dunia berusaha membeli senjata dari kedua sosok tersebut. Meskipun belum ada konfirmasi, namun kemungkinan semua sumber Pyrobloin yang ada di dunia One Piece berasal dari Wano.

Jumlah Poneglyph

Lalu, ada berapa jumlah Poneglyph yang ada di dunia One Piece? Dalam arc Whole Cake Island diketahui jika ada total 30 Poneglyph yang tersebar di seluruh lautan. Dari 30 Poneglyph tersebut terbagi menjadi beberapa kategori. Empat diantaranya adalah Road Poneglyph. Sedangkan, 26 lainnya adalah Poneglyph tentang sejarah, atau Rio Poneglyph, serta informasi lainnya seperti Senjata Kuno.

Road Poneglyph sendiri merupakan jenis yang berbeda, di mana isinya berisi instruksi atau cara bagi seseorang yang ingin pergi menuju Laugh Tale. Ini menjadi jenis yang banyak diperebutkan oleh bajak laut, seperti yang terjadi saat ini di mana Blackbeard coba merebut salinan Road Poneglyph milik Law. Mereka perlu mengumpulkan keempat Road Poneglyph tersebut sebelum kemudian mampu menemukan lokasi Laugh Tale.

Meskipun jumlah Poneglyph yang diketahui sejauh ini berjumlah 30, namun bisa jadi jumlah tersebut jauh lebih banyak. Dan tempat yang bisa menyimpan banyak Poneglyph tentunya adalah Laugh Tale. Hal ini bisa kita lihat dalam kilas balik Oden, di mana Roger menemukan Poneglyph tentang sosok Joy Boy. Bahkan, Oden pun sempat mengukir nama Roger di salah satu Poneglyph.

Isi Poneglyph

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Poneglyph terdiri dari beberapa kategori atau kelompok. Dan masing-masing kategori memiliki isi yang berbeda. Misalnya, untuk Road Poneglyph merupakan Poneglyph khusus berwarna merah yang mana isinya adalah instruksi dan petunjuk tentang bagaimana caranya untuk bisa pergi ke Laugh Tale. Menemukan Road Poneglyph bukanlah pekerjaan mudah.

Mengingat ini merupakan jenis yang penting, wajar jika kemudian banyak tantangan dan rintangan sebelum kemudian seseorang berhasil menemukan Road Poneglyph. Apalagi, sebagian Road Poneglyph sangat sulit untuk didapatkan atau ditemukan. Kemudian, jenis selanjutnya adalah Rio Poneglyph. Ini merupakan jenis yang berisi tentang peristiwa atau sejarah yang terjadi pada masa lalu.

Para peneliti Ohara sengaja melakukan riset dan penelitian tentang Poneglyph untuk mengetahui apa yang terjadi pada abad yang hilang. Mereka pun menggunakan Rio Poneglyph tersebut sebagai acuannya. Karena berisi sejarah dunia, tidak mengherankan jika ini menjadi salah satu jenis Poneglyph penting lainnya selain Road Poneglyph. Yang terakhir, Poneglyph berisi tentang informasi dunia.

Salah satu contohnya adalah informasi tentang Senjata Kuno. Dengan membaca tentang Poneglyph, seseorang bisa menemukan di mana lokasi dari senjata kuno itu berada. Contoh nyata dari hal ini adalah informasi mengenai salah satu Senjata Kuno yaitu Pluton. Nico Robin membaca informasi tentang Pluton di Alabasta, di mana dalam Poneglyph tersebut terungkap jika sebenarnya Pluton ada Wano dan bukan di Alabasta. Dan fakta ini terbukti saat dia bertemu dengan Kozuki Sukiyaki.

Tidak Banyak Yang Bisa Membacanya

Mempelajari tentang Poneglyph atau coba menerjemahkannya adalah sesuatu yang sangat dilarang oleh World Government. Mereka yang mencoba untuk mempelajari tentang Poneglyph, dan mencoba mengungkap apa tulisan di Poneglyph itu akan dibunuh dan dihancurkan. Dan hal inilah yang terjadi kepada orang-orang di wilayah Ohara, di mana World Government meluncurkan Buster Call untuk menghancurkan mereka.

Sejauh ini, Nico Robin adalah satu-satunya orang yang bisa membaca Poneglyph. Dia awalnya berasal dari Ohara dan berhasil selamat dari pembantaian di masa lalu. Dengan kemampuannya dan pengetahuannya itu, Pemerintah Dunia mencoba untuk memburu dan membunuh Robin. Sebenarnya, beberapa karakter lain pernah memiliki kemampuan ini. Misalnya Dr. Clover atau Nico Olivia.

Namun, mereka semua tewas dalam peristiwa Buster Call 20 tahun lalu. Kemudian, ada sosok Kozuki Oden yang tewas dalam eksekusi Kaido. Momonosuke dan Hiyori merupakan penerus dari klan Kozuki, namun mereka berdua nyatanya tidak memiliki kemampuan untuk membaca Poneglyph karena tidak ada yang mengajarkan mereka. Satu-satunya kandidat lain yang bisa membaca Poneglyph adalah Kozuki Sukiyaki. Dia adalah keluarga Kozuki dari masa lampau yang masih hidup saat ini. Namun, tidak diketahui apakah dia memiliki kemampuan tersebut.

Poneglyph merupakan benda yang sangat penting bagi para bajak laut dan juga semua orang yang ada di dalam serinya. Itu juga adalah salah satu benda misterius dan langka di dunia One Piece. Dengan serinya yang akan segera berakhir, mungkin kita akan melihat lebih banyak lagi hal yang berkaitan dengan Poneglyph pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.