Baru-baru ini tersebar sebuah kabar yang cukup mengejutkan terkait karakter Vision di Marvel Cinematic Universe. Menurut Jeff Sneider, orang dalam Marvel sekaligus reporter senior Collider, saat ini Marvel Studios tengah mengembangkan serial solo Vision yang berjudul Vision Quest.

Hal ini tentunya menjadi pertanda baik untuk karakter White Vision dari aktor Paul Bettany yang terakhir kali terlihat di WandaVision. Karena kisah Vision Quest di Marvel Comics sendiri memang berfokus pada pencarian jati diri White Vision. Seperti apa kisahnya dan bagaimana penerapannya di MCU? Check this out, Geeks!

Vision Quest di Marvel Comics

Vision Quest adalah salah satu arc penting Vision di Marvel Comics yang pertama kali diceritakan oleh John Byrne di komik West Coast Avengers Vol. 2 #42-45 (1989). Kisahnya sendiri bermula dari para agen jahat Amerika yang menculik dan sengaja ‘membongkar’ Vision. Hal tersebut bisa terjadi karena mereka khawatir Vision akan menggunakan otak komputernya untuk mengakses database global yang penuh dengan rahasia. Pembongkaran tubuh Vision ini bahkan berujung pada hilangnya semua ingatan Vision, termasuk ingatan bahwa dia telah menikah dengan Scarlet Witch.

Sebagai sesama anggota Avengers, Hank lantas memperbaiki Vision dengan tubuh baru sebagai White Vision. Sayangnya, Hank tidak tidak bisa memulihkan ingatannya, sehingga White Vision lebih mirip seperti android yang sama sekali ‘baru’. Singkat cerita, White Vision akhirnya mulai merasa ingin menjadi seperti manusia, sama seperti hasrat Vision sebelumnya. Harapannya tersebut baru terwujud ketika dia berhasil menyalin pola otak seorang ilmuwan bernama Alex Lipton. Sejak saat itulah dia mulai menyamar sebagai seorang manusia bernama Victor Shade.

Empat tahun kemudian, di komik Avengers #360 (1993), White Vision kembali diculik oleh supervillain bernama Proctor. Di mana Proctor memindahkan kesadaran White Vision ke tubuh yang mirip seperti Vision lama, agar Anti-Vision dari Earth-932 bisa mengambil alih tubuh White Vision demi menyusup ke Avengers. Vision dan Avengers sendiri baru bisa mengalahkan Anti-Vision di komik Vision (1994). Menariknya, ternyata dalang yang selama ini mengarahkan kisah Vision Quest di Marvel Universe adalah Immortus, varian Kang yang mengklaim dirinya sebagai penguasa sekaligus penanggung jawab timeline.

Kemunculan White Vision di MCU

Seperti yang kita tahu, karakter White Vision sendiri sudah muncul di MCU melalui final episode WandaVision (2021). Kemunculannya sendiri tidak lepas dari campur tangan pemerintah yang menugaskan SWORD untuk kembali mengaktifkan tubuh lama Vision yang sempat hancur di Avengers: Infinity Wars. Menjelang ending WandaVision, SWORD lantas mengirim White Vision untuk mengalahkan Wanda (Elizabeth Olsen) di West View. Dalam prosesnya, White Vision harus berhadapan dengan Vision, yang akhirnya memenangkan pertarungan setelah mentransfer semua ingatannya kepada White Vision.

Dengan ingatan yang telah bercampur, White Vision yang tampak kaget sekaligus linglung, terakhir kali terlihat terbang menjauh dari West View. Sejak saat itu dia tidak pernah lagi terlihat. Marvel Studios juga bahkan tidak pernah menyinggung tujuan selanjutnya White Vision, apalagi keberadaannya di MCU. Melalui serial Vision Quest yang akan datang, Marvel mungkin nantinya akan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi setelah White Vision pergi meninggalkan West View. Di mana tidak menutup kemungkinan premis Vision Quest MCU akan mengambil irisan dari cerita komiknya.

Penentu Masa Depan Vision

Saat waktunya tiba nanti, serial Vision Quest secara tidak langsung akan menentukan nasib White Vision/Vision selanjutnya. Setelah pergi meninggalkan West View di ending WandaVision, sudah pasti dia akan mengalami dilema untuk kembali ke markas SWORD. Dengan ingatan yang telah pulih, pilihan terbaik White Vision adalah pergi menemui koleganya, bisa Hank Pym seperti di komiknya, atau Shuri di Wakanda. Yang jelas nantinya mungkin akan ada ilmuwan atau penemu yang berusaha mengembalikan tubuhnya ke bentuk dan warna semula. Pada titik inilah Vision mulai menjalani ‘Quest’-nya sendiri.

Jika kisah MCU-nya sama seperti di komik, Vision mungkin nantinya akan mencoba berbaur dengan manusia sebagai Victor Shade. Alasan mengapa dia tidak mencari kekasihnya Wanda, mungkin karena dia lebih memilih untuk fokus memulihkan emosi dan pikirannya di suatu tempat. Vision versi baru ini juga mungkin tidak mengetahui apa yang terjadi pada Wanda di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Koneksi lainnya yang cukup menarik, mungkin Vision Quest akan melibatkan varian Kang sebagai antagonisnya. Seperti yang terjadi di komiknya, di mana Immortus mengendalikan takdir White Vision/Vision.

Itulah pembahasan tentang Vision Quest dan potensi penerapan kisahnya di MCU. Jika teori di atas benar, nantinya kita akan melihat perubahan White Vision menjadi Vision seperti yang kita kenal sebelumnya. Di mana ceritanya lebih berfokus pada petualangan baru Vision yang ‘memanusiakan’ dirinya. Karakter baru seperti Alex Lipton, Proctor, dan varian Kang lain juga berpotensi untuk memeriahkan serialnya nanti. Karena saat ini serial Vision Quest masih dalam tahap awal pengembangan, kita ikuti saja terus perkembangan kabarnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.