Bagi para penggemar game besar atau disebut game AAA di seluruh dunia, bulan November besok tampaknya akan menjadi momen cukup menggembirakan. Pasalnya, sejumlah developer dan publisher game besar akan segera merilis game teranyar mereka. Sebagaimana game AAA pada umumnya, game-game yang akan rilis nanti tentunya telah melalui proses pengembangan yang cukup lama serta menghabiskan angaran yang besar juga. Jadi seharusnya hasilnya bisa memuaskan para pemain di seluruh dunia. Tanpa basa basi lagi, berikut ini game besar yang akan bisa kita mainkan pada bulan November 2022!

Harvestella (Switch, PC: 4 November)

Meskipun bukan game yang menonjolkan efek dan visual realistis, tetapi bukan berarti Harvestella tidak mempunyai keunikan dan daya tariknya tersendiri. Faktanya dengan grafis bergaya anime, banyak sekali penggemar yang sudah mengantisipasi game dari Square Enix ini. Bergenre life sim RPG, para pemain Harvestella akan merasakan pengalaman bermain yang layaknya kehidupan sehari-hari. Seperti mengekplorasi tempat yang disebut Lethe, berkenalan dengan penduduk lokal, bahkan bercocok tanam. Namun jangan salah, ketika memasuki musim Quietus, para pemain harus bersiap untuk menghadapi monster-monster berbahaya yang dapat menyebabkan tanaman layu.

Sonic Frontiers (PS4, PS5, Xbox, Switch, PC: 8 November)

Siapa yang tidak mengenal Sonic? Hedgehog berwarna biru ini siap kembali berpetualangan dengan game terbarunya yang berjudul Sonic Frontiers. Pada tahun 2021 lalu, Frontiers sendiri telah merilis trailer gameplay yang memperlihatkan petualangan Sonic di Starfall Islands yang cukup realitis. Di mana para pemain akan bisa berkeliling di dunia open World, yang penuh dengan hutan, gurun, serta tower-tower yang menjulang tinggi, dan juga air terjun yang sangat besar. Tentunya, di Starfall juga terdapat musuh-musuh robotik dan organik seperti di game-game Sonic sebelumnya.

God of War: Ragnarok (PS4, PS5: 9 November)

Sukses dengan game God of War yang rilis pada tahun 2018 lalu, Santa Monica akan kembali merilis sekuelnya yang berjudul God of War: Ragnarok pada November besok. Game eksklusif Playstation ini akan melanjutkan petualangan God of War Kratos bersama anaknya Atreus alias Loki di mitologi Nordik, untuk menghentikan Ragnarok. Setelah sebelumnya berhasil mengalahkan anak Odin yang bernama Baldur, di game sekuel ini dia akan menghadapi sejumlah dewa Aesir lainnya. Termasuk Valkyrie tangguh bernama Hrist dan Mist, bahkan sang God of Thunder Thor. Berdasarkan trailer gameplaynya beberapa waktu lalu, God of War: Ragnarok menjanjikan pengalam bermain yang lebih seru dari sebelumnya.

Warzone 2 (PS4, PS5, Xbox, PC: 16 November)

Setelah baru saja merilis Call of Duty: Modern Warfare 2, pada bulan November nanti Activision juga akan memperkenalkan game besar Warzone 2 kepada para penggemar game multiplayer kompetitif di seluruh dunia. Sama seperti game sebelumnya, Warzone 2 juga akan mengusung tema battle royale, di mana para pemain akan terjung dari sebuah pesawat untuk kemudian saling mengalahkan pemain lain. Dengan mekanik dan gameplay yang lebih baik, Warzone 2 berjanji akan jauh lebih besar sekaligus lebih menegangkan dari sebelumnya. Tentunya dengan efek suara yang ‘renyah’ seperti pendahulunya.

Pokemon Scarlet and Violet (Switch: 18 November)

Meskipun Pokemon Legends: Acreus masih banyak peminatnya, tetapi hal tersebut tidak menghentikan Game Freak untuk merilis game besar terbaru mereka pada November nanti, yaitu Pokemon Scarlet and Violet. Bedanya dengan Acreus, game ini akan menyajikan pengalaman bermain open world yang tidak mempunyai batasan antara satu tempat dengan yang lainnya. Berlatar di lokasi a la mediterania, para pemain akan bisa berkeliling untuk menangkap pokemon dengan bebas, termasuk pokemon generasi 9. Menariknya, ada sejumlah pokemon yang juga berubah menjadi motor, perahu, dan bahkan pesawat, yang bisa pemain kendarai sambil berpetualang di dunianya.

The Devil in Me (PS4, PS5, Xbox, PC: 19 November)

Penggemar game horor tampaknya akan segera mendapatkan kejutan mengerikan yang selama ini mereka inginkan. Sebagai bagian dari The Dark Pictures Anthology, The Devil In Me akan memberikan pengalaman bermain game survival yang menegangkan. Para pemain nantinya akan bisa memainkan lima karakter secara bergantian, di mana setiap pilihan yang kita ambil akan menentukan nasib dari masing-masing karakernya. Ceritanya sendiri berfokus pada petualangan para kru dokumenter di sebuah lokasi menyeramkan yang disebut Murder Castle. Tempat ini terinspirasi dari legenda horor nyata tentang pembunuh berantai Amerika bernama H.H. Holmes.

Warhammer 40K: Darktide (Xbox Series X/S, PC: 30 November)

Sama seperti pendahulunya, yaitu waralaba game Vermintide, Warhammer 40K: Darktide merupakan game co-op yang berlangsung di dunia Warhammer Fantasy Battles. Di mana para pemain bisa memainkannya sendirian atau dengan tiga orang lainnya untuk menghadapi gerombolan monster dan pasukan brutal di dunia yang sangat mengerikan. Sama seperti Vermintide 2, para pemain nantinya diberikan akses untuk mendesain sendiri karakternya, dengan skillset yang diinginkan. Developer Fatshark berjanji bahwa gunplay dan efek suara Darktide akan jauh lebih baik dari game-game mereka sebelumnya.

Itulah tujuh game AAA yang akan rilis pada bulan November besok. Melihat semua judul game menarik ini tampaknya bulan November nanti akan menjadi bulan game paling beragam. Karena masing-masing gamenya mempunyai daya tarik dan pasarnya tersendiri. Ada yang berfokus di game dewasa seperti Warzone 2 dan God of War: Ragnarok. Kemudian ada juga game menggemaskan seperti Pokemon Scarlet and Violet. Serta tidak ketinggalan juga game menegangkan seperti Darktide dan The Devil in Me. Dari semua game AAA November ini mana yang paling ingin kalian mainkan, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.