Dunia dalam seri Naruto sudah menyaksikan bagaimana dahsyatnya kekuatan Sage Mode milik Hashirama Senju. Seperti yang muncul dalam ceritanya, Sage Mode milik Hokage pertama ini berbeda dari yang lain dan juga luar biasa. Meskipun begitu, tidak banyak informasi yang kita ketahui tentang teknik atau kekuatan tersebut. Bahkan, sampai sekarang pun Masashi Kishimoto belum mengungkapkan informasinya.

Banyak fans yang berteori jika kemampuan chakra milik Uzumaki, yang dipadukan dengan lengan buatan di mana di dalamnya terdapat DNA Hashirama, seharusnya bisa membuat Naruto mampu untuk menggunakan teknik Wood Release. Serta, dia juga seharusnya mampu mempelajari teknik Sage Mode milik Hashirama. Terlepas semua itu, pertanyaanya kemudian adalah bagaimana Hashirama mampu mengakses Sage Mode?

Menggunakan Kekkei Genkai

Dalam seri manga Naruto, terungkap bahwa Hashirama bahkan sudah berhasil mencapai atau memiliki Sage Mode pada saat era peperangan (Warring Era) terjadi. Hal ini terbukti bagaimana Hashirama dan klan Senju sering bertarung dan menggunakan teknik tersebut untuk menghadapi klan Uchiha. Hashirama sendiri adalah shinobi yang sangat menguasai kelima teknik Pelepasan Alam.

Juga, dia sangat ahli dalam hal Pelepasan Yin dan Yang. Meskipun begitu, Hashirama terkenal karena kemampuannya dalam penggunaan Teknik Pelepasan Kayu, yang merupakan gabungan antara Teknik Pelepasan Bumi/Tanah dan Air. Wood Release atau Pelepasan Kayu merupakan sebuah Kekkei Genkai yang ekslusif menjadi milik Hashirama.

Mengapa? Karena, sejauh ini, kita bisa melihat bahwa tidak ada anggota keluarga Senju lainnya yang mewarisi kemampuan tersebut. Pelepasan Kayu memberikan kemampuan bagi Hashirama untuk mengubah chakra menjadi energi kehidupan, yang mana pada dasarnya sama dengan energi alam. Sebenarnya, karakter lain yang bisa menggunakan Pelepasan Kayu adalah Yamato.

Namun, dia mampu melakukan hal tersebut karena memiliki DNA Hashirama di dalam tubuhnya. Namun, tentunya, meskipun dia memiliki kemampuan tersebut Yamato jauh lebih lemah penggunaan teknik tersebut daripada sosok Hashirama. Ketika Naruto mampu menggunakan mode chakra Kurama untuk pertama kali, deretan kayu yang Yamato ciptakan mampu untuk mencegahnya kehilangan kendali.

Bahkan, kayu-kayu tersebut mulai memunculkan cabang dan daun akibat energi alam yang meluap-luap. Pelepasan Kayu mungkin juga melakukan hal yang sama terhadap Hashirama, di mana teknik tersebut membuatnya secara otomatis mampu untuk mengakses energi alam saat dia berhasil menguasai Kekkei Genkai tersebut. Hal ini juga mungkin bisa menjadi salah satu penjelasan bagaimana Hashirama mampu mencapai Sage Mode dengan cepat, dan mampu menggunakannya dalam waktu yang lama.

Warisan Chakra Otsutsuki

Selain Hashirama, pengguna teknik Pelepasan Kayu lainnya yang tercatat di seri Naruto adalah Ashura Otsutsuki. Mengingat Hashirama adalah keturunan dari Ashura, rasanya tidak mengherankan jika kemudian muncul spekulasi bahwa dia mewarisi Kekkei Genkai tersebut dari nenek moyangnya. Di sisi lain, Ashura sendiri memiliki kekuatan Sage of Six Path dari ayahnya, Hagoromo, yang bisa jadi adalah sumber dari Sage Mode milik Hashirama.

Buah chakra yang diproduksi oleh pohon suci akan menyerap energi alam dan juga energi kehidupan dari planet di mana pohon tersebut ditanam, dan mengubahnya menjadi chakra. Karena Kaguya memakan buah chakra sebelum melahirkan Hagoromo dan Hamura, mereka pun akhirnya mewarisi chakra tersebut. Hal ini juga berlaku kepada anak-anak Hagoromo, Indra dan Ashura, yang mana membuat mereka mampu menggunakan Jutsu.

Teori ini semakin terbukti di anime Boruto, di mana pohon suci buatan sengaja Victor ciptakan dengan mengombinasikan pohon suci yang berasal dari era perang dunia shinobi keempat dan juga sel Hashirama. Hal ini pun seolah memberikan jawaban juga bagaimana Hashirama mampu untuk mengendalikan para Bijuu seorang diri, sesuatu yang sebelumnya hanya Hagoromo yang mampu melakukannya berkat Sage of Six Path.

Bertapa di Hutan Shikkotsu

Kemungkinan lainnya, yang mungkin kurang begitu menarik adalah Hashirama bisa jadi mempelajari Sage Mode di hutan Shikkotsu. Ini merupakan salah satu dari tiga tempat suci yang shinobi bisa tuju untuk mempelajari teknik Sage Mode. Dua tempat lainnya adalah gunung Myoboku dan gua Ryuchi. Dalam seri Naruto, kita melihat beberapa shinobi mempelajari Sage Mode di gunung Myoboku. Mereka adalah Minato, Jiraiya, dan Naruto.

Sedangkan, Kabuto mempelajari Sage Mode miliknya di gua Ryuchi. Yang menarik adalah meskipun Sakura dan Tsunade mampu untuk memanggil Katsuyu, yang merupakan penghuni dari hutan Shikkotsu, tidak keduanya berhasil mempelajari Sage Mode. Di sisi lain, Hashirama sendiri cukup handal dalam hal medis ninja. Juga, bagaimana dia memiliki cadangan chakra melimpah, dan bagaimana dia sangat melekat dengan energi alam membuatnya menjadi kandidat kuat sebagai sosok yang pernah bertapa atau belajar di hutan Shikkotsu.

Yang juga tidak kalah menarik adalah ketika Hashirama mengaktifkan Sage Mode miliknya, terdapat sebuah tanda yang unik di dahinya yang mana hal ini berbeda dari mereka yang belajar Sage Mode di dua tempat lainnya. Mengingat hutan Shikkotsu menjadi satu-satunya tempat lain untuk mempelajari Sage Mode, artinya bukan hal mustahil jika Hashirama pernah bertapa di sana.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.