Kang the Conqueror adalah salah satu supervillain veteran di Marvel Universe yang telah melakukan debutnya sejak tahun 1963 silam. Sebagai seorang penjelajah waktu, Kang sering kali berhadapan dengan para superhero Marvel di berbagai timeline. Mulai dari Fantastic Four, X-Men, Inhuman, dan tentu saja Earth’s Mightiest Heroes, Avengers. Saat ini Kang bahkan sudah terkonfirmasi sebagai big bad villain di Multiverse Saga MCU. Termasuk di film mendatang yang berjudul Ant-Man and the Wasp Quantumania yang akan tayang tahun depan. Sebelum melihat penampilannya nanti, mari kita bahas terlebih dahulu 10 fakta menarik Kang yang wajib untuk kita ketahui!

Berasal dari Abad Ke-30

Fakta Kang the Conqueror pertama, adalah tempatnya berasal. Marvel sudah memperkenalkan Kang sebagai sosok yang berasal dari masa depan. Tepatnya dari abad ke-30, di mana Kang masih terkenal sebagai seorang cendekiawan cerdas bernama Nathaniel Richards. Suatu hari ketika bosan dengan dunianya, dia lantas memutuskan untuk melakukan perjalanan waktu ke masa lalu. Tentunya dengan berbekal teknologi serta pengetahuan yang sudah lebih maju, Kang bisa menjadi sosok yang jauh lebih superior dari orang-orang yang hidup pada masa lampau.

Pernah Jadi Firaun

Setelah memutuskan untuk melakukan perjalanan waktu, tujuan pertama kang di Marvel Universe adalah zaman Mesir Kuno. Dengan teknologi dan robot-robot miliknya Kang berhasil mengambil alih peradaban pada masa itu. Sehingga dia akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi Firaun bernama Rama-Tut. Misi utamanya adalah menjadi leluhur En Sabah Nur alias Apocalypse, salah satu mutan tertua di Marvel Universe. Untungnya rencana ini berhasil digagalkan oleh Fantastic Four yang juga kembali ke masa lalu dan tidak sengaja bertemu dengan Rama-Tut.

Time Traveler Paling Lengkap

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Kang adalah seorang penjelajah waktu dari masa depan yang mempunyai sejumlah teknologi dan senjata canggih untuk mendukung setiap aksinya. Salah satu keunggulannya terletak pada teknologi time travel-nya yang sangat lengkap. Dia mempunyai Centuries Sphere yang memungkinkannya untuk melakukan perjalanan waktu sambil membawa pesawat dan pasukannya sendiri. Centuries Sphere sendiri terhubung pada Time Scanner yang biasanya Kang gunakan untuk ‘mengintip’ sekaligus menentukan timeline mana yang akan dia tuju.

Sangat Mencintai Ravonna

Ravonna Renslayer adalah love interest Kang yang telah Marvel ceritakan sejak kemunculan awalnya sebagai the Conqueror. Dia adalah seorang putri dari sebuah kerajaan pada abad ke-40, yang akhirnya dikuasai oleh Kang. Karena hal inilah Ravonna menjadi sangat membenci Kang, padahal di sisi lain Kang justru sangat mencintainya. Saking cintanya Kang, dia bahkan rela melakukan berbagai macam cara agar Ravonna mau menyukainya juga. Mulai dari pamer kekuatan dengan mengalahkan Avengers, sampai akhirnya berkhianat kepada para jenderal perangnya demi memihak kepada Ravonna.

Musuh Bebuyutan Avengers

Dalam sejarahnya di Marvel Universe, sebenarnya ada banyak sekali superhero yang pernah Kang hadapi sekaligus berusaha dia musnahkan. Seperti bangsa Inhuman, mutan X-Men, dan juga keluarga super Fantastic Four. Namun, dari semua superhero yang ada di Marvel, Avengers adalah yang paling sering berhadapan dengannya. Itulah mengapa dia akhirnya menjadi salah satu musuh bebuyutan Avengers yang tidak kalah hebat dari supervillain terkenal seperti Thanos dan Ultron. Bahkan tidak jarang dia sengaja menghampiri Avengers dan bertarung dengan mereka demi mengusir kebosanannya.

Mendirikan Young Avengers

Pada tahun 2005, Marvel pernah berhasil mengejutkan para penggemar dengan kisah di mana Kang versi muda mendirikan tim superhero Young Avengers. Hal ini bisa terjadi karena Kang alias Nathaniel versi muda tidak ingin menjadi penjahat seperti versi dewasanya. Dia lantas pergi ke masa lalu sebagai sosok bernama Iron Lad dan mendirikan Young Avengers bersama superhero muda lainnya. Karena kemunculannya menciptakan time paradox, dia akhirnya memutuskan untuk kembali ke timeline-nya. Pada titik inilah dia sadar tidak akan bisa mengubah takdir dan akhirnya menerima jati dirinya sebagai Kang.

Keturunan Mister Fantastic atau Doctor Doom

Salah satu fakta terbesar dari Kang yang sampai sekarang masih menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar adalah tentang siapa leluhurnya. Jika mengacu pada nama aslinya, Nathaniel Richards, kemungkinan besar dia adalah keturunan Reed Richards alias Mister Fantastic dari Fantastic Four. Hal ini bahkan pernah beberapa kali Marvel singgung di berbagai kisahnya. Namun, Kang sendiri percaya bahwa dia adalah keturunan Doctor Doom. Itulah mengapa dia bisa menciptakan time machine dan juga sering terlihat mengenakan Battle Armor yang terinspirasi dari leluhurnya tersebut. Sampai sekarang dua nama ini selalu muncul ketika Kang membahas siapa leluhurnya.

Bergabung dengan Kamala Khan

Fakta Kang the Conqueror lainnya, di kisah Infinity Wars, Nebula diceritakan menggunakan kekuatan Infinity Stones untuk menggabungkan dua karakter menjadi satu. Efek yang terjadi pada Kang adalah dia bergabung dengan superhero muda bernama Kamala Khan alias Ms. Marvel, menjadi sosok baru bernama Kamala Kang. Bukan hanya nama dan penampilannya saja yang menjadi satu, tetapi juga latar belakang dan kekuatannya. Bedanya, Kamala Kang menggunakan kekuatan untuk mengubah masa lalu agar masalahnya sendiri menjadi lebih mudah untuk dia atasi. Meskipun kisahnya singkat, tetapi Kamala Kang mempunyai tempat tersendiri di hati penggemar.

Hancurkan Amerika untuk Unjuk Kekuatan

Dari dahulu hingga sekarang, tidak bisa kita mungkiri bahwa Kang adalah villain yang sangat jahat dan juga kejam. Salah satu bukti kejahatannya yang paling terkenal adalah ketika Kang muncul di kisah Kang Dynasty. Di mana dia dan anaknya Marcus berhasil menguasai dunia dengan cara-cara yang sangat kejam. Salah satu upayanya agar dunia mau bertekuk lutut padanya adalah dengan menghancurkan Amerika, khususnya Wahsington D.C. Hal ini seketika langsung membuat seluruh dunia tidak berani lagi melawannya, sebelum akhirnya Avengers bersatu dan berhasil mengalahkannya.

Menghabiskan Masa Tua Sebagai Immortus

Fakta Kang the Conqueror terakhir, dari sekian banyak varian Kang di Multiverse Marvel, Immortus adalah yang paling terkenal selain Kang Prime alias Kang the Conqueror. Bagaimana tidak? Immortus sendiri adalah versi Kang yang telah memutuskan pensiun dan menghabiskan masa tuanya di Limbo dengan menjadi antek Time Keepers. Kang pernah berusaha untuk menghindari takdirnya ini, karena dia tidak sudi hidup menua sebagai pelayan dari orang lain. Namun, pada akhirnya Kang memang sudah ditakdirkan untuk menjadi Immortus, yang salah satu tugasnya adalah mengawasi perbuatan versi mudanya, seperti Rama-Tut dan sebagainya.

Itulah sepuluh fakta tentang Kang di Marvel Universe yang menarik untuk kita ketahui. Berdasarkan semua fakta ini cukup jelas bahwa Kang bukanlah sosok yang sembarangan. Dia telah hidup di berbagai zaman dan mempunyai banyak pengalaman serta pengetahuan untuk menjadi villain nomor satu di Marvel Universe. Hal yang sama sepertinya berlaku juga di MCU, di mana mungkin dia telah eksis di berbagai zaman sambil menunggu waktu yang tepat untuk menampakan dirinya. Seperti yang akan terjadi di film Ant-Man and the Wasp Quantumania pada tanggal 17 Februari 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.