Bagaimana nasib Big Mom dan Kaido pasca pertarungan di Onigashima dalam arc Wano Country masih menjadi tanda tanya besar di kalangan fans One Piece. Hal ini karena Oda Sensei tidak memberikan kejelasan mengenai apa yang terjadi kepada kedua mantan Yonko tersebut. Di sisi lain, hal ini pun memunculkan banyak diskusi dan perdebatan di kalangan fans apakah masih hidup atau sudah mati.

Seperti yang kita ketahui, Luffy dan aliansinya harus berhadapan dengan Kaido dan Big Mom dalam pertempuran puncak di Onigashima. Kaido akhirnya berhadapan 1 vs 1 dengan Luffy, sedangkan Big Mom harus berhadapan dengan Trafalgar Law dan Eustass Kid. Meskipun sempat kewalahan, namun pada akhirnya mereka berdua berhasil mengalahkan Big Mom.

Bahkan, mereka berhasil membuat Big Mom akhirnya terjerembap ke bawah tanah di bawah gunung Fuji. Kemudian, kita melihat bagaimana Big Mom terbawa aliran arus lahar bawah gunung tersebut. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi dan perdebatan di kalangan fans terkait bagaimana nasib dari Big Mom. Banyak yang memprediksi Big Mom telah mati namun, sepertinya Oda sudah memberikan jawaban terkait hal tersebut.

Oda konfirmasi Nasib Big Mom

Setelah perdebatan yang cukup panjang, Oda Sensei akhirnya memberikan jawaban atau kepastian mengenai nasib dari Big Mom. Hal ini berdasarkan chapter 1064 kemarin, di mana kita melihat salah satu anak dari Big Mom, Charlotte Pudding, diculik oleh kelompok Blackbeard. Nampak Pudding terkurung di dalam sebuah sel, yang mana kemudian dia mengingatkan kru Blackbeard agar tidak terlalu percaya diri.

Dalam chapter tersebut, Pudding menyatakan bahwa “If mama is still alive, you won’t be talking like that much longer!!” yang bisa diartikan “Jika saja mama masih hidup/berada di sini, kalian tidak akan bisa berbicara seperti itu lagi!!” Kata tersebut merupakan terjemahan dari pihak resmi yaitu Viz Media. Pemilihan kata kerja “is” dan bukan “was” menjadi sorotan dalam hal ini.

Dengan berdasarkan ucapan Pudding tersebut seolah memberikan petunjuk bahwa ada kemungkinan jika Big Mom masih hidup sampai saat ini. Dalam terjemahan yang beredar di kalangan fans, kata yang digunakan justru “was” dan bukan “is,” yang mana hal tersebut yang kemudian membuat Pudding seolah menyebutkan jika Big Mom sudah mati.

BACA JUGA: Katakuri Jadi Kapten Baru Kelompok Big Mom?

Memang, Pudding dan Blackbeard beserta kelompoknya tidak berada di Wano ketika momen Big Mom kalah oleh Law dan Kid. Serta, saat Big Mom terjatuh ke aliran lahar di bawah gunung Fuji. Gunung berapi bawah air di perairan tersebut memang sempat mengalami erupsi, namun kita tidak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi. Begitu juga apa yang sebenarnya terjadi kepada Big Mom. Satu hal yang pasti, saat ini, nasib Big Mom masih belum diketahui. Tetapi, dia kemungkinan besar masih hidup.

Perdebatan Fans

Chapter 1064 kemarin sempat menjadi topik diskusi hangat dan perdebatan di kalangan fans. Hal ini karena ucapan dari Pudding tentang nasib dari Big Mom. Para fans banyak berdebat terkait hal ini karena mereka tidak sabar menunggu terjemahan resminya. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar perdebatan, di mana sebagian fans meyakini bahwa Big Mom sudah tewas sedangkan yang lainnya belum.

Para leaker (orang yang biasa memberikan bocoran) sebenarnya sudah memberikan catatan tersendiri terkait hal ini. Mereka menyebutkan bahwa Pudding sendiri sebenarnya tidak yakin terkait bagaimana nasib dari Big Mom. Namun, dia kemungkinan yakin bahwa Big Mom masih hidup. Ini sebenarnya bukan pertamakali terjadi di kalangan fans. Sebelumnya, hal yang sama juga terjadi baru-baru ini terkait terjemahan ucapan dari Kozuki Hiyori.

Di sisi lain, terkadang Viz juga melakukan kesalahan translasi yang sering mendapatkan kritik dari para fans. Tidak jarang Viz mendapatkan kritikan dari para fans, yang memang paham tentang bahasa Jepang atau hal lainnya. Tetapi, terlepas dari permasalahan tersebut, terjemahan resmi tentunya bisa menjadi acuan. Dan ini juga yang menjadi landasan teori dari kemungkinan jika Big Mom masih hidup.

Masa Depan Big Mom

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik asumsi atau kesimpulan jika Big Mom belum mati. Ucapan dari Pudding tersebut seolah menjadi petunjuk yang Oda berikan kepada para fans. Di sisi lain, hal ini seolah ingin mempertegas apa yang coba Oda hadirkan dalam ceritanya. Generasi lama memang harus memberikan jalan kepada generasi baru.

Pudding sendiri sepertinya masih memiliki peran penting kedepannya, di mana nasibnya masih berada di tangan Blackbeard. Dia membutuhkan bantuan dari kelompok Topi Jerami. Dan juga, dia mungkin sudah mulai berhasil membangkitkan kekuatan mata ketiganya untuk menerjemahkan Poneglyph. Kekuatan inilah yang kemudian menjadi incaran dari Blackbeard untuk mewujudkan mimpinya.

Bagaimana dengan Big Mom? Untuk saat ini, nasibnya memang masih menjadi misteri. Namun, dengan kemungkinan bahwa dia masih hidup artinya ada kemungkinan jika dia akan kembali muncul dalam cerita. Meskipun sisi relevan dari kemunculan kembali Big Mom sudah berkurang, namun dia bisa tetap menjadi ancaman. Apalagi, Luffy sendiri sempat mengatakan bahwa dia akan mengalahkan Big Mom setelah mengalahkan Kaido. Mungkin Big Mom akan kembali muncul menjelang akhir ceritanya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.