Baru-baru ini, Marvel Studios merilis trailer perdana untuk film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Trailernya mengungkap banyak hal, mulai dari Scott Lang dan keluarganya yang mengeksplorasi Quantum Realm, hingga penampilan sang villain utama yaitu Kang the Conqueror. Nah di antara beberapa kejutan yang muncul, ada satu yang paling menyita perhatian yaitu penampilan dari Cassie Lang. Meskipun ini bukan pertama kali Cassie tampil di MCU, namun dalam film ini ia akan bertransformasi menjadi seorang superhero. Untuk itu, mari kita bahas secara lengkap di artikel berikut ini Geeks!

Origin Cassie Lang

Dalam komik Marvel, Cassie Lang melakukan debut di tahun 1979. Dia adalah anak Peggy Rae dan Scott Lang. Berbeda dengan anak-anak yang lain, sejak kecil Cassie menderita kelainan jantung bawaan. Untuk menyelamatkan nyawa Cassie, Scott lantas memutuskan untuk mencuri kostum Ant-Man dan Pym Particles dari Henry Pym. Kostum tersebutlah yang Scott gunakan untuk menyelamatkan Dokter Sondheim, satu-satunya dokter yang mampu menyembuhkan penyakit Cassie.

Ketika Scott Lang sempat bekerja sama dengan Fantastic Four, Cassie tinggal di Gedung Baxter, dan dia juga sering menjaga Franklin (anak Reed Richards dan Sue Richards). Setelah Peggy dan Scott bercerai, Peggy mendapatkan hak asuh atas Cassie. Tetapi Peggy merasa bahwa terlalu berbahaya bagi Cassie ketika dia berada di dekat Scott, ayah kandungnya sendiri. Karena itulah Cassie mulai dijauhkan dengan Scott, dan Cassie hanya bisa mengunjungi ayahnya setiap akhir pekan.

Seiring bertembahnya usia, Cassie juga sangat ingin menjadi pahlawan, sama seperti ayahnya. Saking inginnya, Cassie bahkan sempat beberapa kali mencuri Pym Particles, dengan harapan dia bisa menjadi pahlawan super. Nah setelah kematian sang ayah karena sebuah peristiwa, Cassie pun memutuskan untuk menjadi superhero bernama Stature. Selain Stature, Cassie juga pernah menjadi supehero lain bernama Stinger. Dan semenjak menjadi supehero, Cassie sudah terlibat dalam beberapa misi besar bersama Young Avengers dan bahkan Avengers.

Sementara itu di MCU, Cassie Lang memiliki kisah yang sedikit berbeda dari komik. Di MCU, Cassie Lang lahir dari pasangan Maggie dan Scott Lang. Cassie Lang pun lahir dengan sehat tanpa penyakit apapun. Nah, Scott Lang di MCU diceritakan sebagai seorang pencuri yang bersumpah untuk berhenti dari kehidupan kriminalnya ketika putrinya (Cassie Lang) lahir. Namun, Scott tidak menepati janji tersebut karena dia kembali membobol rumah CEO Vistacorp. Ketika Scott dipenjara, ia dan Meggie memutuskan untuk bercerai. Meggie pun lantas menikahi pria lain bernama Jim Paxton, yang akhirnya membesarkan Cassie.

Cassie Sebagai Stature

Seperti yang disebutkan di atas, komik Marvel pernah memperlihatkan saat Cassie Lang beraksi sebagai Stature. Stature adalah identitas superhero pertama yang digunakan Cassie Lang. Karakternya melakukan debut di komik Young Avengers #6 pada tahun 2005. Setelah Scott meninggal, Cassie lantas memutuskan bergabung dengan Young Avengers, untuk menggantikan sang ayah sebagai superhero. Dalam tim superhero tersebut, Cassie pertama kali beraksi ketika Kang the Conqueror menyerang Avengers Mansion, dan saat itulah Cassie Lang memutuskan menggunakan nama Stature.

Stature memiliki berbagai kekuatan yang mirip seperti Ant-Man. Dia dapat membesar dan mengecilkan ukuran tubuhnya dengan menggunakan emosinya. Namun berbeda dengan Ant-Man, Cassie mendapatkan kekuatan super tersebut setelah dia mencuri dan menggunakan Pym Particles, jadi ia tidak membutuhkan peralatan helm dan kostum seperti yang ayahnya gunakan.

Secara rekor, Dia bisa membesarkan ukuran tubuhnya hingga tiga puluh kaki, dan dapat menyusutkan tubuhnya sekecil semut. Awalnya Cassie tidak bisa menguasai kemampuan tersebut, tetapi setelah melakukan banyak latihan, akhirnya ia pun bisa menguasainya.

Sudah banyak peristiwa besar yang Stature lalui ketika dia bersama Young Avengers. Dalam tim tersebut, dia bekerja sama dengan beberapa superhero lain seperti Iron Lad, Kate Bishop, Billy Kaplan, Tommy Shepherd, dan Eli Bradley. Selain pernah beraksi melawan Kang the Conqueror, bersama Young Avengers, Cassie juga pernah menyelamatkan Scarlet Witch dari Doctor Doom. Bahkan dalam komik, Cassie Lang juga sempat menjalin hubungan spesial dengan Iron Lad. Kisah percintaan keduanya sayangnya tidak berlangsung lama karena Iron Lad harus meninggalkan Young Avengers.

Cassie Sebagai Stinger

Nah identitas kedua dari Cassie Lang adalah Stinger. Identitas tersebut dia gunakan ketika dia mendaftar di aplikasi seluler yang dikembangkan oleh Power Broker bernama Hench. Aplikasi tersebut memfasilitasi siapapun untuk berkarier sebagai penjahat super. Yap ketika itu, Cassie merasa frustasi karena tidak lagi menjadi pahlawan super sehingga dia memutuskan bergabung dalam aplikasi tersebut. Cassie pun kemudian diberi setelan Stinger dan mendapat kesempatan untuk membalas dendam pada Darren Cross.

Tetapi ketika Cassie berusaha membobol Cross Technological Enterprises, Stinger kemudian ditangkap oleh Darren Cross. Beruntung karena pada saat itu Scott Lang dan Avengers berhasil menyelematkannya. Nah meskipun pada akhirnya Cassie sudah tidak memiliki hubungan dengan Power Broker ataupun Hench, tetapi Cassie masih menggunakan setelan dan nama Stinger. Dengan setelan Stinger yang terbuat dari molekul yang tidak stabil, Cassie pun dapat mengubah ukuran tubuhnya. Setelan itu juga memiliki sepasang sayap yang memungkinkan Cassie untuk terbang. Selain itu, setelannya juga dilengkapi dengan sarung tangan khusus yang mampu menembakkan energi dan helm yang memungkinkannya berkomunikasi dengan serangga.

Cassie di MCU

Nah di MCU, Cassie Lang sebenarnya sudah memulai debutnya di MCU sejak film pertama Ant-Man yang rilis tahun 2015 lalu. Bisa dibilang Cassie Lang merupakan anggota Young Avengers pertama yang diperkenalkan di MCU. Menariknya nih Geeks, karakter Cassie Lang di MCU telah diperankan oleh 3 aktris berbeda. Di film Ant-Man, karakternya diperankan oleh Abby Ryder Fortson. Sementara di film Avengers: Endgame, karakternya diperankan oleh Emma Fuhrmann. Tetapi kemudian Marvel Studios kembali mengganti pemeran Cassie Lang, dengan Kathryn Newton yang ditunjuk sebagai pemeran baru Cassie Lang.

Debut Kathryn Newton sebagai Cassie Lang terjadi dalam film Ant-Man 3 alias Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Dalam trailernya, kita bisa melihat aksi Cassie Lang sebagai superhero baru. Dia tampak mengenakan kostum superhero berwarna ungu, yang coraknya sangat mirip dengan yang The Wasp gunakan di kostumnya. Masih belum diketahui apakah Cassie Lang akan memerankan Stature atau Stinger. Tetapi jika melihat warna kostumnya yang berwarna ungu, maka kemungkinan besar Cassie akan menjadi Stinger meskipun dalam film ini kemungkinan ia tidak menjadi seorang villain.

Wajar jika Marvel Studios melakukan sedikit penyesuaian, karena dari segi desain, warna kostum Stature mirip seperti Ant-Man, maka kemungkinan besar mereka mencoba mengganti warna kostum Stature agar lebih mirip dengan Stinger. Namun sampai saat ini, tidak diketahui secara pasti darimana Cassie Lang mendapatkan kekuatan superheronya. Apakah dia mendapatkan kekuatan tersebut dari Pym Particles, atau ada karakter lain yang membuatkan kostum khusus untuk Cassie agar memiliki berbagai kemampuan layaknya Ant-Man? Well, semua jawaban tersebut baru akan terjawab ketika filmnya rilis nanti.

Itulah dia Geeks penjelasan tentang Cassie yang bakal menjadi superhero baru di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Dengan kemunculan Cassie Lang, semakin mempertegas bahwa Marvel Studios benar-benar akan menyiapkan debut Young Avengers di masa depan. Kita tunggu aja ya Geeks aksi Cassie dan Young Avengers di masa depan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/