Sosok Eiichiro Oda rasanya sudah tidak asing untuk menghadirkan berbagai misteri besar yang membuat para fans bertanya-tanya dan penasaran. Bahkan, menjelang akhir dari serinya pun Oda Sensei masih tetap menghadirkan sebuah misteri yang  sangat luar biasa. Salah satu misteri besar yang paling baru muncul dalam cerita adalah tentang sosok Sun God Nika.

Dalam pertarungan Jinbe melawan Who’s Who di arc Wano kemarin, terungkap bahwa ada sosok misterius bernama Sun God Nika atau Nika sang Dewa Matahari. Sayangnya, belum banyak informasi yang muncul tentang sosok tersebut. Tetapi, dari kesimpulan yang sudah muncul sejauh ini Nika merupakan sosok penting di masa lalu. Dan dia akan kembali menjadi sosok penting pada masa yang akan datang.

Nika di One Piece

Pertama kali disebutkan di chapter 1018, Nika merupakan sosok pejuang legendaris yang dianggap sebagai sosok dewa. Dia hidup berabad-abad lalu di dunia One Piece, yang mana menurut penuturan dari Who’s Who, dia sempat dipuja sebagai dewa pada masa lalu. Sosok Nika terkenal memiliki peran penting terutama bagi para budak atau tawanan. Dia selalu membawa kebahagiaan dan tawa bagi mereka.

Namun, legenda tentang sosok Nika sepertinya lebih dari sekedar tawa dan kebahagiaan bagi orang-orang. Banyak orang-orang di masa lalu, khususnya budak dan tawanan, yang yakin bahwa Nika akan membebaskan mereka. Dia juga akan membebaskan semua budak dan tawanan, serta melindung mereka semua. Inilah yang kemudian mereka percaya yang mana menjadi awal mula Nika kemudian dipuja sebagai dewa.

Kepercayaan tersebut ternyata masih berlaku sampai sekarang, di mana Who’s Who sendiri sempat berdoa atau meyakini jika Nika akan muncul dan membebaskannya pasca apa yang terjadi. Who’s Who sendiri mendengar cerita tentang sosok Nika dari penjaga yang ada di penjara. Dan yang menarik adalah pasca penjaga tersebut menceritakan tentang sosok Nika, dia kemudian menghilang.

Hal tersebut seolah menggambarkan bahwa semua cerita tentang Nika menjadi subyek percakapan yang tidak boleh dibicarakan sama sekali. Meskipun sudah berharap Nika akan membebaskannya, namun faktanya Who’s Who tidak pernah merasakan hal tersebut. Yang terjadi justru dia kabur dari penjara dengan caranya sendiri, tanpa pernah berhasil bertemu Nika.

Diadaptasi Dari Mitologi Yunani?

Selain menghadirkan berbagai misteri, Oda Sensei juga terkenal sering menghadirkan berbagai mitologi dari berbagai belahan dunia. Dalam salah satu teori yang populer di kalangan fans, Nika sendiri kemungkinan berasal dari adaptasi salah satu dewi mitologi Yunani kuno yaitu Nike. Menurut berbagai sumber, sosok dewi Nike tersebut merupakan dewi kemenangan.

Dalam berbagai literasi sejarah, diketahui jika Nika sering beraliansi dengan berbagai dewa-dewa kuat Yunani lainnya. Bangsa Romawi sendiri kemudian mulai mengenal dewi Nika, dan kemudian mereka mengubah namanya menjadi Victoria. Nike sendiri memiliki tiga orang saudara; Zelos, Kratos, dan Bia. Mereka semua merupakan sosok dekat dari Zeus.

Bahkan, ibunya, Styx, membawa mereka kepada Zeus ketika sang dewa membutuhkan pasukan untuk menghadapi para Titan. Nika merupakan salah satu dewa/dewi yang membantu mereka untuk meraih kemenangan dalam pertempuran tersebut. Dalam salah satu cerita mitologi Roma pun Nika sempat membantu Constantine the Great untuk menang dalam pertempuran melawan musuh.

Dalam konteks One Piece, sosok Nika kemungkinan akan membantu mereka untuk bisa menang melawan ketidakadilan. Sosoknya terbukti sering membantu membebaskan para budak dan tawanan. Banyak orang-orang yang memuja sosok Nika, yang mana hal ini pun sama dalam cerita mitologinya. Ini memunculkan spekulasi bahwa kemungkinan Oda sengaja menghadirkan kemiripan cerita Nike dengan sosok Nika.

Dengan adanya kemampuan buah iblis Nika, Monkey D. Luffy akan membawa kemenangan besar bagi setiap pertempuran yang dia alami. Dalam hal ini, ketika kemudian Luffy bertempur menghadapi musuh besar di akhir ceritanya, keberuntungan atau kemenangan akan berpihak kepada sosok Luffy dan kelompok Topi Jerami. Entah bagaimana caranya, kemenangan itu akan bisa Luffy raih.

Kesimpulannya

Berdasarkan hal tersebut, bisa kita tarik kesimpulan bahwa ada kemungkinan jika Oda mengadaptasi sosok Nika dari dewi dalam mitologi Yunani Kuno, Nike. Nike sendiri merupakan dewi kemenangan. Artinya, bisa jadi dalam setiap pertempuran peluang Luffy untuk menang sangatlat besar. Meskipun, pada faktanya, dia akan mengalami jatuh bangun yang menyakitkan, namun akhirnya dia akan meraih kemenangan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.