Im atau Imu Sama adalah salah satu karakter villain utama yang muncul pertama kali dalam arc Reverie di seri One Piece. Dalam ceritanya, Im Sama terlihat cukup tinggi dengan mahkota. Sayangnya, sampai sekarang sosok aslinya sendiri masih misterius karena semuanya masih tertutupi oleh siluet. Hanya bagian matanya saja yang sudah Oda perlihatkan.

Dengan sedikitnya informasi mengenai Im Sama, membuat para fans akhirnya banyak berspekulasi dan berteori. Salah satu teori yang cukup menarik adalah Im Sama adalah ibu dari Luffy yang dirasuki buah iblis. Memang, sejauh ini Oda belum pernah memperlihatkan ibu dari Luffy, namun teori ini memiliki struktur cerita yang sesuai dengan petunjuk yang ada di cerita One Piece. Simak selengkapnya!

Im Adalah Ibu Luffy?

Banyak fans mencoba menebak-nebak siapa ibu dari Luffy. Banyak faktor yang membuat spekulasi mengenai Im Sama adalah ibu Luffy. Im tampak sangat paham mengenai kemampuan dan kekuatan Topi Jerami, dan dia diperlihatkan seolah memiliki koneksi kuat dengan sosok Luffy. Hal ini terlihat ketika dia memegang poster buruan Luffy dan marah.

Faktor lainnya adalah ada kemungkinan ibu dari Luffy adalah seorang kaum naga langit. Dalam teorinya, Dragon jatuh cinta kepada seorang wanita yang merupakan bagian dari kaum Naga Langit yang mana dia adalah Ibu dari Luffy.

Keduanya hidup bahagia sampai sang ibu melahirkan Luffy. Hanya saja sebuah kejadian membuat Dragon dan sang Ibu terpisahkan. Sang Ibu menjadi “wadah” bagi Im Sama (akan dijelaskan di bagian akhir artikel ini), sedangkan sang ayah menjadi pemimpin pasukan revolusi untuk melawan atau bahkan menyelamatkan sang Ibu.

Karena hal ini juga, Luffy kemudian dititipkan di desa Fusha kepada sang kakek, yaitu Monkey D. Garp. Spekulasi ini menjadi salah satu spekulasi yang banyak berkembang di kalangan fans. Dan melihat berbagai hal yang sudah dijselaskan di atas, rasanya memang spekulasi tersebut cukup masuk akal.

Im Adalah Buah Iblis?

Namun, mengapa Ibu dari Luffy menjadi “wadah” Im Sama? Teori ini menjelaskan bahwa Im sebenarnya adalah buah iblis yang merasuki tubuh penggunanya. Dalam hal ini, tubuh yang Im gunakan saat ini merupakan tubuh milik dari ibu Luffy. Artinya, meskipun secara fisik ia adalah Ibu Luffy, namun pikirannya telah di ambil alih oleh buah iblis tersebut. Terdengar cukup ekstrim tapi sebenarnya Oda pernah menjelaskan bahwa hal tersebut bukan tidak mungkin, bahkan telah kita saksikan beberapa kali.

Dalam Road to Laugh Tale, Oda Sensei sempat mengatakan bahwa buah iblis berjenis Mythical Zoan memiliki kelemahan di mana penggunanya akan kehilangan kesadaran atau jati diri mereka. Hal ini bisa kita lihat dalam sosok Luffy dan Kaido saat menggunakan kekuatan utama mereka. Karena itulah, ada kemungkinan jika buah iblis Im berjenis Mythical Zoan, dan Im yang merupakan kekuatan Buah Iblis merasuki kesadaran sang ibu.

Besar kemungkinan hal tersebut karena sang Ibu adalah bagian dari Kaum Naga Langit, dan ia terpaksa menjadi wadah buah iblis “Im” oleh Gorosei. Karena hal inilah Dragon kemudian marah dan melakukan perlawanan. Disamping itu, Dragon juga berpacu dengan waktu untuk menghentikan Im yang sedang bersiap untuk melakukan Great Cleansing atau “Pembersihan Besar-Besaran” dan memulai Abad Kekosongan yang kedua. Im sepertinya ingin menghapus era besar bajak laut yang saat ini sedang terjadi dan kembali seperti semula.

Jika kemudian teori bahwa Im Sama adalah ibu dari Luffy benar, maka itu akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa dimana ketika sang kakek adalah pahlawan angkatan laut, sang ayah adalah pemberontak paling di cari di seluruh dunia, dan sang ibu adalah orang paling berkuasa di dunia. Dan hal ini mungkin akan menjadi alasan mengapa Luffy menjadi sosok yang sangat kuat seperti sekarang. Mari kita nantikan saja fakta sebenarnya tentang Im di masa yang akan datang ya Geeks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.