Geeks tentu masih ingat dengan film Titanic. Film tersebut rilis di tahun 1997, dengan James Cameron yang menyutradarai filmnya. Pada masanya, film ini sangat menyita perhatian, bahkan untuk beberapa tahun menjadi film dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah hingga dikalahkan oleh film Avatar (2009) dan Avengers: Endgame (2019). Namun alasan James Cameron membuat film Titanic ternyata mengejutkan, bahkan cenderung tidak diduga.

Film Titanic sendiri sama sekali tidak terkesan sebagai film “asal-asalan”. Menghadirkan beberapa aktor terkenal Hollywood dan berbagai efek khusus, maka wajar jika ongkos produksi filmnya mencapai 200 juta dolar. Angka tersebut bahkan lebih besar daripada pembuatan kapal Titanic yang asli. Nah dalam sebuah interview dengan majalah PlayBoy di tahun 2009, James menjelaskan apa yang membuat dirinya berhasrat untuk memproduksi film ini.

Alasan James Cameron Membuat Titanic

James Cameron mengungkapkan bahwa Titanic adalah “Sebuah Gunung Everest dari bangkai kapal”, dan sebagai penyelam, dia ingin membuat filmnya dengan benar. Cameron juga mengatakan bahwa dia membuat film Titanic karena dia sangat ingin menyelam dan melihat ke sebuah kapal karam, bukan karena sangat ingin membuat filmnya. Dan setelah mengetahui tentang kru lain yang telah menyelam untuk mengambil gambar Titanic, Cameron lantas memutuskan untuk membuat film tersebut untuk membiayai semua ekspedisinya.

Pada akhirnya, obsesi James Cameron dengan bangkai kapal dan Titanic tidak hanya menghasilkan salah satu film terbaik yang pernah dia buat, tetapi dia juga berkontribusi pada kemajuan pembuatan film di bawah air. Setelah membuat film Titanic, James Cameron pun terus melanjutkan kegemarannya, di mana dia kemudian melakukan ekspedisi bawah laut dengan Deepsea Challenger dan mencapai Challenger Depp, bagian terdalam dari palung Mariana. Dan setelah menghabiskan berjam-jam menjelajahi dasar laut, dia menjadi orang pertama yang menyelesaikan perjalanan tersebut sendirian.

James Cameron pun berhasil membuat banyak film dokumenter besar seperti Ghost of the Abyss dan Aliens of the Depp. Di akhir tahun 2022 nantipun kita akan segera melihat film terbaru Cameron, yaitu sekuel dari film Avatar yang berjudul Avatar: The Way of Water. Jika tidak ada halangan, film tersebut akan rilis pada tanggal 16 Desember, dan melanjutkan petualangan Jake Sully dan Neytiri. Kita tunggu aja ya Geeks film-film terbaru dari James Cameron nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/