Siapa yang tidak mengenal Black Panther? Karakter yang berasal dari Wakanda tersebut terkenal dengan kehebatannya dalam pertarungan jarak dekat. Dia tidak ragu untuk melukai orang-orang yang dia anggap jahat. Perpaduan armor dan skill bertarungnya membuat Black Panther sulit untuk musuh kalahkan. Bahkan berkat armornya, seorang Black Panther menjadi lebih mematikan. Tahukah kalian bahwa armor Black Panther menyimpan banyak fitur-fitur canggih. Apa saja fitur tersebut? Simak pembahasannya berikut ini Geeks!

Memiliki Pisau Energi

Di film Captain America: Civil War dan Black Panther, Black Panther lebih sering menggunakan cakarnya untuk bertarung. Tetapi tahukah kalian bahwa armor Black Panther juga memiliki sebuah pisau energi yang bisa dia gunakan untuk menghabisi musuhnya? Di komik, Black Panther sudah beberapa kali menggunakan pisau energi tersebut. Gagang pisaunya terbuat dari gading atau batu, sementara bilahnya terbuat dari energi khusus. Bilahnya dapat Black Panther atur, dari mulai untuk melumpuhkan musuh, hingga yang sangat tajam untuk membunuh. Menariknya, pisau tersebut juga dapat dia lemparkan, mirip seperti busur panah. Dan juga, karena terbentuk dari energi khusus, maka bilahnya dapat Black Panther bentuk sesuka hati.

Cakar

Tentunya Geeks sudah tau dengan fitur ini. Di film Black Panther dan Civil War, kita diperlihatkan dengan cakar Black Panter. Sama seperti armornya, cakar Black Panther terbuat dari Vibranium. Cakar tersebut dapat memotong logam apapun. Itu berarti, cakarnya bisa memberikan kerusakan yang lebih dahsyat daripada perisai Captain America. Cakarnya juga mampu menghasilkan energi yang dapat meningkatkan daya hancurnya. Menariknya nih Geeks, cakarnya juga dapat ditembakan untuk menyerang musuh jarak jauh.

Fleksibilitas

Fleksibilitas Vibranium membuat armor Black Panther mampu mengikuti bentuk pemakainya. Jadi siapapun sosok yang berada di balik armornya, maka armor tersebut akan menyesuaikan bentuk pemakainya. Contohnya adalah saat armor tersebut mengikuti bentuk kepala T’Challa. Di armor Hulkbuster versi Wakanda (yang juga terbuat dari Vibranium) pun kita juga diperlihatkan saat Black Panther dapat masuk ke dalam dada Hulkbusternya sehingga dia bisa duduk dan mengoperasikannya. Film Black Panther juga sempat mendemonstrasikan bagaimana armor Black Panther mampu menyesuaikan bentuk tubuh penggunanya, T’Challa.

Menampung Energi Kinetik

Vibranium mampu melindungi Black Panther dari peluru atau pukulan terkuat sekalipun. Setiap energi kinetik yang diterima armornya akan diserap dan energi tersebut akan armornya simpan. Di MCU, fungsi ini terlihat jelas ketika Black Panther menerima pukulan atau tembakan, muncul cahaya ungu di titik yang musuh targetkan. Itu menandakan bahwa armor tersebut tengah menyerap energi kinetik. Armor Black Panther berbeda dari armor Iron Man, karena tidak memerlukan sumber baterai / tenaga, seperti halnya arc reactor. Dengan begitu, sulit bagi musuh untuk mencari kelemahan armornya.

Melepaskan Energi Kinetik

Jika tadi armor Black Panther mampu menyerap dan menyimpan energi kinetik, fitur canggih lainnya dari armornya adalah melepaskan energi tersebut untuk menyerang lawan. Film Black Panther telah menunjukkan bagaimana armor Black Panther mampu melepaskan energi kinetik. Saat Black Panther berada di atap sebuah mobil, dia mengeluarkan energi kinetik dari armornya untuk membuat mobilnya terbalik. Itu berarti, armornya dapat memanfaatkan energi kinetik untuk pertahanan, maupun untuk menyerang musuh. Sebenarnya nih Geeks, di komiknya, kemampuan armor ini bukan untuk membunuh musuh, melainkan untuk melukai.

Mampu Membuat Tameng

Dengan energi kinetik yang diserap armor Black Panther, Black Panther juga bisa membuat sebuah perisai yang bisa melindungi siapapun yang berada di balik tamengnya. Fitur ini sebenarnya bukan untuk melindungi Black Panther, karena seperti yang kita ketahui armor Black Panther tidak dapat ditembus. Fitur tersebut sering Black Panther gunakan untuk melindungi rekan-rekannya. Di komik New Avengers #1, Black Panther berhasil melindungi beberapa orang, sebelum akhirnya perisai tersebut mampu musuh tembus.

Super Komputer

Seperti yang kita ketahui, Wakanda adalah salah satu kota berteknologi paling maju di Marvel Universe. Itu berarti, kemampuan komputasi mereka jauh melampaui manusia biasa. Di armor Black Panther, ada sebuah PDA bernama Kimoyo Card. Superkomputer yang super canggih tersebut mampu memberi sang pengguna informasi apapun yang dia butuhkan saat menjalankan misi. Kimoyo Card mungkin mirip seperti teknologi yang Avengers gunakan, hanya saja Kimoyo Card bukan hanya sekedar sebagai alat komunikasi biasa, tetapi juga mampu terhubung ke beberapa satelit, yang mampu memberikan sang Black Panther informasi realtime tentang apapun.

Teleportasi

T’Challa adalah seorang fisikawan yang sangat brilian. Jadi tidak heran jika dia mengembangkan perangkat teleportasi di armornya, agar dia mampu menjangkau tempat-tempat sulit, atau sekedar untuk melarikan diri. Di komik, Black Panther sudah beberapa kali menggunakan kemampuan ini, hanya saja kemampuannya terbatas oleh jarak. Di komik New Avengers #1, menjadi bukti bahwa Black Panther sebenarnya bisa berteleportasi. Ketika itu, dia mencoba untuk memindahkan dirinya bersama tiga remaja yang tengah dalam bahaya. Di antara kemampuan armor Black Panther lainnya, mungkin kemampuan inilah yang jarang Black Panther gunakan.

Itulah dia Geeks 8 fitur canggih yang ada dalam armornya. Walau armornya terlihat sederhana, tetapi ada beragam fitur canggih di dalamnya. Bahkan ada beberapa fitur yang jauh lebih canggih daripada milik Iron Man. Menurut kalian, mana fitur paling canggih yang ada di armornya Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/