Para fans dari seri manga One Piece masih belum berhenti untuk membahas tentenag sosok Bartholomew Kuma. Seperti yang Geeks ketahui, nama Bartholomew Kuma serta Jewelry Bonney saat ini menjadi topik pembahasan yang ramai dibicarakan oleh para fans. Hal ini setelah Eiichiro Oda mengungkapkan fakta sebenarnya mengenai hubungan dari kedua karakter tersebut.

Bartholomew Kuma sendiri bukanlah nama yang baru dalam seri One Piece. Dia sudah muncul sejak paruh awal serinya. Kuma juga sempat menjadi perbincangan para fans sebelum timeskip terjadi, dan pembahasan mengenai karakternya kembali terjadi di arc terbaru ini. Mungkin, sebagian Geeks masih ada yang bingung tentang karakternya dan juga perannya dalam cerita. Berikut adalah berbagai fakta penting mengenai Bartholomew Kuma.

Pengguna Buah Iblis

Dalam ceritanya terungkap jika Kuma memiliki kekuatan dahsyat yang berasal dari buah iblis. Nama buah iblisnya sendiri adalah Nikyu Nikyu no Mi. Dengan kekuatan buah iblis itu dia mampu menahan serangan musuh dengan mudah berkat adanya telapak kucing di lengannya. Dengan kekuatan ini juga Kuma bisa “mengirim” orang kemana pun yang dia inginkan.

Misalnya ketika dia mengirimkan seluruh kru Topi Jerami ke berbagai tempat sebelum timeskip terjadi. Namun, ternyata, buah iblis Nikyu Nikyu juga bisa memiliki efek penyembuhan terhadap orang lain. Tetapi, cara kerjanya memang berbeda dengan buah iblis lainnya yang memang jelas memiliki efek penyembuhan. Contohnya adalah Tori Tori no Mi, Model: Phoenix milik Marco.

Lalu, bagaimana Nikyu Nikyu no Mi menghadirkan efek penyembuhan? Kuma akan menyerap seluruh rasa sakit yang diderita atau dirasakan seseorang, dan kemudian memindahkan rasa sakit tersebut ke tubuh orang lain. Di arc Thriller Bark, Kuma pernah melakukan hal ini dengan menyerap rasa sakit Luffy dan memindahkannya ke tubuh Zoro.

Menjadi Pasukan Revolusi

Bartholomew Kuma adalah sosok yang misterius dan masih banyak pertanyaan terkait dengan karakter ini, terutama mengapa dia bisa berada di bawah kendali Pemerintah Dunia. Bartholomew Kuma sendiri pernah menjadi bagian dari Pasukan Revolusi. Hal ini berdasarkan fakta bahwa Kuma memiliki kedekatan atau koneksi dengan organisasi tersebut dan juga sosok Dragon.

Selain itu, hal ini juga terbukti dalam infobox atau kotak informasi yang muncul di chapter 908 dalam arc Reverie. Dalam informasi tersebut dijelaskan bahwa Kuma merupakan mantan pemimpin kerajaan Sorbet dan mantan petinggi Pasukan Revolusi. Dalam beberapa momen, nampak Kuma bersama sosok Ivankov dan juga Dragon. Bukti kuat bahwa Kuma adalah bagian dari Pasukan Revolusi muncul sebelum timeskip.

Saat itu, Kuma muncul di tengah kekacauan yang Kizaru lakukan. Dia pun kemudian membisikan sesuatu kepada Rayleigh, di mana dia mengungkapkan fakta sebenarnya tentang dirinya. Kemudian, sebelum timeskip, Kuma juga menerbangkan para kru Topi Jerami yang mana banyak fans yakini bahwa itu adalah bagian dari rencana Kuma dan Pasukan Revolusi. Dan terakhir adalah bagaimana Kuma mejaga Sunny saat kru Topi Jerami melakukan latihan selama dua tahun.

Ayah Dari Bonney

Sudah sejak lama para fans menduga jika Jewelry Bonney dan Kuma memiliki koneksi yang mendalam. Hal ini berdasarkan fakta bagaimana Bonney begitu marah dan sedih saat mengetahui nasib Kuma, yang saat itu dirubah oleh Dr. Vegapunk menjadi sebuah Pacifista. Bahkan, dalam arc Reverie nampak Bonney berusaha untuk membebaskan Kuma yang menjadi budak bagi kaum naga langit.

fakta kuma

Dan petunjuk paling jelasnya sendiri muncul dalam Vivre Card, di mana dalam desain Bonney nampak tulisan yang berisi tentang Vegapunk yang harus mengembalikan ayahnya. Sebagian fans menduga jika Kuma adalah sosok yang pernah menolong Bonney saat masih kecil. Sebagian lainnya menduga bahwa mereka adalah keluarga. Dan akhirnya, di chapter 1063 kemarin Oda Sensei mengonfirmasi teori populer tersebut.

Saat Luffy hendak menyerang Pacifista Kuma berbentuk polisi, Bonney memintanya untuk berhenti. Hal tersebut ternyata karena Kuma merupakan ayahnya. Hal tersebut sontak membuat semuanya terkejut. Bonney juga kemudian menjelaskan bahwa Kuma adalah satu-satunya keluarga yang dia miliki. Namun, Luffy sendiri kemudian menjelaskan bahwa itu bukan Kuma melainkan Pacifista.

Berasal Dari Ras Spesial

Fakta baru mengenai Kuma kembali muncul dalam chapter terbaru dari seri manga One Piece. Setelah sebelumnya Oda mengonfirmasi tentang Kuma, bahwa dia memang adalah ayah dari Bonney, kali ini Oda menghadirkan informasi bahwa Kuma berasal dari ras spesial. Hal ini terungkap dalam percakapan Bonney dan juga Luffy setelah mereka lolos dari kejaran Pacifista Kuma di chapter 1064.

Dalam chapter tersebut, Jinbei sempat bercerita tentang siapa Kuma sebenarnya. Menurut informasi yang dia ketahui, Kuma merupakan mantan pemimpin jahat yang kemudian digulingkan oieh rakyatnya sendiri. Dia juga kemudian menjadi Pasukan Revolusi dan tertangkap oleh Pemerintah Dunia. Atas kejahatan yang dia lakukan selama ini, pemerintah pun kemudian memberikan hukuman penjara seumur hidup.

fakta kuma

Namun, Vegapunk melihat potensi luar biasa dalam sosok Kuma. Hal ini yang kemudian menjadi momen di mana Kuma tidak jadi dipenjara seumur hidup. Namun, sebagai gantinya, dia harus rela tubuhnya menjadi subyek eksperimen dari Vegapunk untuk menciptakan kloning. Namun, Bonney sendiri tidak setuju dengan hal itu karena menganggap jika sebenarnya itu merupakan pembunuhan dalam nama ilmu pengetahuan.

Bonney sendiri kemudian menyebutkan jika Kuma pernah mengatakan kepadanya bahwa dia berasal dari ras spesial. Namun, tidak ada penjelasan mengenai dari ras mana Kuma berasal. Meskipun begitu, banyak fans menduga jika dia kuma berasal dari ras Lunarian. Bisa jadi juga sebenarnya Kuma berasal dari ras spesial lainnya yang baru akan Oda perkenalkan.

Sudah Kehilangan Sisi Manusianya

Apakah Kuma memang bisa kembali seperti semula? Melihat apa yang terjadi kepada Kuma rasanya sulit untuknya kembali seperti manusia utuh. Apalagi, seluruh organnya sudah Vegapunk manipulasi. Sedari awal Vegapunk melakukan berbagai hal terhadap tubuh Kuma, yang mana hal tersebut membuat dia sudah tidak lagi menjadi manusia. Karena hal ini, mengembalikan Kuma seperti semula merupakan sesuatu yang mustahil.

fakta kuma

Secerdas apa pun sosok Vegapunk, rasanya dia tidak akan mampu mengembalikan Kuma menjadi manusia biasa lagi. Dalam chapter sebelumnya terungkap bagaimana sosok Kuma sudah kehilangan sisi manusianya. Saat Dragon meminta untuk memutar kejadian sebelumnya nampak Kuma berperilaku layaknya robot. Inilah yang menjadi dasar kesimpulan bahwa Kuma memang sudah kehilangan sisi manusianya.

Meskipun begitu, Vegapunk mungkin bisa membantu Bonney untuk mengembalikan ingatan atau mengembalikan kesadaran Kuma. Peluang keberhasilannya sendiri memang kecil, namun itu merupakan sesuatu yang pantas untuk dicoba. Ada kemungkinan jika di dalam diri Kuma masih ada sedikit kesadarannya, yang membuat dia perlahan bisa kembali menjadi sosok normal.

Meskipun begitu, Vegapunk mungkin bisa membantu Bonney untuk mengembalikan ingatan atau mengembalikan kesadaran Kuma. Sosoknya membuat banyak fans penasaran dengan sosoknya. Melalui arc terbaru ini, Oda Sensei bisa mulai menghadirkan cerita masa lalu dari sosok Kuma untuk menjawab berbagai misteri yang ada.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.