Setelah melalui proses syuting yang panjang, akhirnya series 1899 tidak lama lagi akan tayang di Netflix. Bergenre drama, mystery, dan horror, series ini digadang-gadang akan menghadirkan ketakutan dan sensasi menegangkan di atas laut. Tidak banyak informasi yang bisa kita gali tentang series ini, mengingat Netflix pun sangat merahasiakan detail plotnya. Sebagai sebuah series bergenre mystery, maka wajar jika tidak banyak hal yang Netflix ungkap. Tetapi sebelum kita menyaksikannya, ada baiknya kita mengenal lebih dulu tentang series 1899 ini. Berikut adalah pembahasannya Geeks!

Detail Cerita 1899

Series 1899 akan menceritakan sebuah peristiwa misterius yang terjadi pada sebuah kapal uap emigran yang berlayar dari London menuju New York, Amerika Serikat. Para penumpang kapal tersebut berasal dari berbagai latar belakang berbeda. Namun mereka disatukan oleh harapan dan impian untuk masa depan baru yang menunggu mereka di New York. Tetapi suatu ketika, mereka melihat sebuah kapal Prometheus, yang sudah hilang selama bertahun-tahun. Sesuatu yang mereka temukan dalam kapal tersebut mengubah perjalanan mereka menjadi mimpi buruk mengerikan.

Sepertinya, mereka semua memang lari dari suatu masalah. Hal tersebut dapat kita lihat lewat karakter misterius bernama Maura Fraklin, di mana ia terlihat memiliki banyak masalah yang terpendam dalam pikirannya. Kondisi yang terjadi dalam kapal semakin kacau ketika para penumpang yang berasal dari Polandia, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Inggris kesulitan untuk berkomunikasi secara efektif.

Beberapa waktu lalu, Netflix pun sudah mengkonfirmasi bahwa seluruh episodenya akan menampilkan banyak peristiwa misterius. Selain itu, kreator seriesnya, Jantje Friese dan Baran bo Odar pun sudah mengkonfirmasi bahwa seriesnya nanti akan menghadirkan multibahasa. Yap, karena para karakter berasal dari beberapa negara yang berbeda, maka para karakter akan berbicara sesuai dengan negaranya masing-masing. Friese dan Odar pun menjanjikan bahwa mereka sangat memperhatikan aspek bahasa dengan sangat serius, dan mereka ingin mewakili setiap budaya sedetail mungkin. “Kami tidak ingin menampilkan karakter berbeda negara tetapi semuanya berbicara bahasa Inggris.”

Digarap oleh Kreator Dark

Di tahun 2018, sutradara Jerman, Jantje Friese dan Baran bo Odar menandatangani kesepakatan selama 5 tahun dengan Netflix untuk membuat beberapa tayangan. Hasil pertama dari kerjasama tersebut adalah sebuah series berjudul Dark, yang berlangsung selama tiga musim, dari tahun 2017 hingga 2020. Dan series 1899 adalah series kedua yang menjadi bagian dari kesepakatan duo sutradara Jerman tersebut bersama dengan Netflix. Series 1899 diproduksi oleh studio Dark Ways, sebuah studio produksi yang berbasis di Berlin, dan studio tersebut dimiliki oleh Friese dan Odar.

Para Pemeran yang Terlibat

Akan ada beberapa aktor terkenal yang terlibat dalam series 1899. Salah satu yang paling terkenal adalah Emily Beecham yang sebelumnya pernah membintangi Little Joe. Emily Beecham sendiri sebelumnya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Actress dalam penghargaan Cannes Film Festival tahun 2019. Dalam series 1899, Beecham akan memerankan Maura Franklin. Selain itu, Andreas Pietschmann yang dahulu pernah membintangi series Dark juga kembali terlibat dalam 1899. Pietschmann nantinya akan memerankan karakter Eyk Larsen. Series ini akan menandai reuni antara Pietschmann, Friese, dan Odar, yang sebelumnya bertemu di series Dark.

Seriesnya juga akan menghadirkan beberapa pemeran lainnya seperti Alexandre Willaume (The Wheel of Time), Lucas Lynggaard Tonnesen (The Rain), Miguel Bernardeau (Elite), dan Anton Lesser (Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides). Yang harus dicatat, bahwa mereka semua akan berbicara dalam bahasa asli yang mereka kuasai.

Kapan 1899 Tayang?

Beberapa waktu lalu, series ini sempat diputar secara perdana di Festival Film Internasional Toronto. Dalam acara tersebut, sudah ada dua episode yang diperlihatkan. Nah baru-baru ini, Netflix pun mengkonfirmasi bahwa 1899 akan rilis pada tanggal 24 November 2022. Tetapi yang harus dicatat bahwa jadwal rilisnya dapat berubah sewaktu-waktu. Musim perdananya akan memiliki delapan episode, di mana masing-masing episodenya kurang lebih berdurasi 1 jam. Belum ada informasi apakah Netflix akan melanjutkan series ini ke musim kedua atau tidak. Tetapi jika musim pertama sukses, bukan tidak mungkin Netflix akan memuat musim lanjutannya.

Menyimpan Banyak Misteri

Lewat sinopsis dan trailer resmi yang Netflix bagikan, kita dapat menyimpulkan bahwa seriesnya akan menyimpan banyak misteri. Netflix juga sering membagikan beberapa materi promosi lainnya untuk series 1899, namun semua materi promosi tersebut tidak mengungkap apa yang sebenarnya terjadi. Beberapa waktu lalu Netflix merilis sebuah video poster di Twitter. Alih-alih menjelaskan apa yang terjadi, video poster tersebut malah membuat penggemar bingung. Simak videonya melalui link ini.

Pasalnya, video poster tersebut mengisyaratkan sesuatu lewat lampu kapal yang berkedip-kedip. Selain itu, ada bunyi bip yang mengindikasikan bahwa itu adalah sebuah pesan. Penggemar pun yakin bahwa itu adalah Kode Morse, yang mengungkap jadwal rilis seriesnya. Selain itu, Netflix pun memberikan deskripsi “Yang kita tahu hanyalah setetes air di lautan. Misteri berikutnya yang membingungkan.” Dengan semua petunjuk tersebut, maka dapat dipastikan bahwa seriesnya akan menampilkan banyak misteri di dalamnya, dan penonton dipaksa untuk berpikir keras untuk mencari tahu jawabannya.

Itulah dia Geeks beberapa detail penting dari series 1899 yang tidak lama lagi bakal tayang di Netflix. Dengan tangan dingin Friese dan Odar, sepertinya 1899 akan menjadi salah satu series besar yang Netflix rilis di tahun ini. Kita tunggu aja ya Geeks perilisannya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/