Superman adalah salah satu superhero andalan DC yang sangat terkenal di seluruh dunia. Pertama kali muncul pada tahun 1938, sampai sekarang ada sejumlah varian Superman yang eksis di Multiverse DC. Menariknya, tidak seperti varian pada umumnya, beberapa varian Superman ternyata ada yang mewakili komunitas kulit hitam. Hal ini memungkinkan semesta DC menjadi lebih beragam, khususnya terkait Superman sebagai karakter paling populer. Para varian Superman kulit hitam ini akhirnya lebih penggemar kenal sebagai Black Superman. Siapa saja mereka? Berikut ini para Black Superman di DC Universe!

Steel

Steel adalah Black Superman pertama yang debut tidak lama setelah Doomsday membunuh Clark Kent di kisah The Death of Superman (1992). Black Superman yang mempunyai nama asli John Henry Irons ini merupakan satu dari empat karakter yang mengklaim dirinya sebagai penerus Superman. Selain Steel, sisanya adalah Superboy, Cyborg Superman, dan The Eradicator. Bedanya dengan yang lain, hanya Steel yang mengenakan armor dan menggunakan palu kinetik, untuk menutupi kelemahannya sebagai manusia biasa. Meskipun yang lain sekuat Superman asli, tetapi bagi Lois Lane hanya Steel yang hatinya seperti Clark Kent.

Kal-El (Earth-D)

Di komik Legends of the DC Universe: Crisis on Infinite Earths (1999), Barry Allen alias Flash dari semesta utama tidak sengaja menemukan universe alternatif Earth-D. Huruf D di nama universenya sendiri adalah akronim dari Diversity atau keberagaman. Itulah mengapa di universe ini terdapat Kal-El versi kulit hitam yang mendirikan dan memimpin Justice Alliance. Yang anggotanya terdiri dari Flash Asia, Green Arrow Indian, Black Supergirl, dan anehnya Batman yang masih kulit putih. Misi terakhir mereka adalah melawan Anti-Monitor yang pada saat itu ingin menghancurkan Multiverse DC.

Calvin Ellis

Mungkin dari semua varian Black Superman di Multiverse DC, Kalel alias Calvin Ellis adalah yang paling populer di kalangan penggemar. Debut di komik Final Crisis #7 (2009), desain dan karakter Calvin ini mengambil referensi dari presiden Amerika yang ke-44, Barrack Obama. Secara kekuatan Calvin mempunyai semua yang Superman miliki, termasuk bisa terbang, kekuatan super, heat vision, dan napas es. Bedanya Black Superman yang satu ini adalah presiden di Earth-23. Sekarang dia bahkan menjadi bagian dari tim superhero Justice Incarnate yang melindungi multiverse dari segala ancamannya.

Val-Zod

Val-Zod adalah Black Superman yang muncul ketika DC mencoba kembali merombak keseluruhan semestanya dengan kisah New 52 (2011). Ciri khas dari Val-Zod adalah lambang dan sayapnya yang berwarna putih, tidak seperti Superman pada umumnya. Dia diceritakan eksis di Earth-2 yang pada saat itu telah kehilangan sebagian besar superheronya di tangan Darkseid. Bedanya dengan varian Superman lain, Val-Zod mempunyai kecerdasan super yang meliputi pengetahuan Kryptonian. Dalam salah satu kisahnya dia bahkan pernah menciptakan dua Batsuit anti api yang kemudian dia berikan kepada Batman.

Ronan Kent

Terakhir, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa pada masa depan DC yang sangat jauh terdapat Black Superman yang mempunyai nama asli Ronan Kent. Dia adalah Superman yang eksis pada abad ke-30 sebagai pemimpin dari House of El di semesta Future State. Kekuatan dan kelemahannya sepenuhnya sama seperti kebanyakan Superman di Multiverse DC. Dia kuat karena sinar matahari kuning Bumi dan juga lemah terhadap kryptonite hijau. Menariknya, dia mempunyai seorang adik bernama Rowan Kent, yang mengambil indentitas Blue Lantern di semestanya.

Itulah lima Black Superman yang eksis di DC Universe, sebagai bukti keberagaman semestanya. Keberadaan para Black Superman ini telah membuktikan bahwa DC juga sangat menghargai minoritas di Amerika, sehingga mereka menjadikan varian superhero andalannya sebagai perwakilan komunitas kulit hitam. Secara kekuatan dan kelemahan, mereka semua tidak ada bedanya dengan Clark Kent di semesta utama. Namun karena penampilannya berbeda, hal inilah yang kemudian membuat para Black Superman ini terasa lebih unik sekaligus menarik.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.