Setelah cukup lama dirumorkan akan muncul di layar lebar, akhirnya film Black Adam resmi rilis dan menjadi bagian dari DCEU. Banyak halangan, rumor, dan berbagai rintangan lainnya sebelum kemudian filmnya siap untuk tayang. Dwayne Johnson menjadi bintang utamanya, di mana dia berperan sebagai Black Adam. Ini menjadi debut pertamanya untuk berperan sebagai karakter pahlawan super.

Seperti yang kita lihat dalam trailernya, selain juga memperkenalkan sosok Black Adam filmnya juga memperkenalkan kelompok pahlawan epik yaitu Justice Society. Kelompok pahlawan ini terdiri dari Dr. Fate, Hawkman, Cyclone, dan juga Atom Smasher. Namun, sayangnya, nasib buruk dialami oleh kelompok pahlawan ini. Buat Geeks yang belum menonton filmnya, artikel ini mengandung banyak spoiler. Jadi, take on you own risk ya Geeks!

Kematian Dr. Fate

Nasib buruk harus dialami oleh Justice Society, di mana mereka harus kehilangan salah satu anggota terbaiknya yaitu Dr. Fate. Di sepanjang ceritanya, nampak Fate begitu gelisah dengan penglihatan yang dia alami dari Helmet of Nabu. Dalam penglihatannya, dia melihat sosok Hawkman yang mengalami nasib buruk. Mimpi tersebut terjadi berulang-ulang.

Hawkman sendiri khawatir melihat kondisi Kent Nelson, yang mana Kent sendiri meyakinkan bahwa dia tidak apa-apa. Hawkman sendiri sempat bertanya apakah dia akan tewas di masa depan. Kent sendiri tidak memberikan jawaban pasti. Tetapi, dia menegaskan bahwa masa depan masih bisa dirubah. Petaka kemudian muncul di akhir ceritanya.

Fakta kemudian terungkap bahwa apa yang diungkapkan oleh Kent tentang kematian Hawkman tidaklah 100% benar. Yang sebenarnya terjadi adalah bukan Hawkman yang tewas, melainkan Kent Nelson. Dia mengaku sudah melihat kematiannya sendiri dalam 100 tahun terakhir. Dan dia pun menyambut takdirnya. Kent Nelson sendiri tewas dalam pertarungannya melawan Sabacc.

Pada awalnya, Kent menggunakan semua kekuatannya untuk membangun perisai agar Justice Society lain tidak ada yang masuk. Dia juga mengerahkan kekuatannya untuk membangkitkan kembali Teth-Adam, karena dia tahu hanya Black Adam yang mampu mengalahkan Sabacc. Kent Nelson sendiri akhirnya tewas setelah dia harus kehilangan banyak kekuatannya.

Kematian ini jelas diluar dugaan dan sangat mengejutkan, mengingat Dr. Fate sendiri sebenarnya adalah salah satu karakter yang kuat di komiknya. Dan dalam filmnya sendiri nampak dengan jelas bagaimana Hawkman dan Black Adam begitu terpukul dengan kematian Kent Nelson. Namun, pada akhirnya, setelah semua selesai akhirnya Hawkman mulai bisa menerima kematian Kent.

Siapa Anggota Selanjutnya?

Kematian Dr. Fate memang meninggalkan bekas luka yang mendalam bagi Carter Hall. Dia adalah sahabat terbaiknya, yang sudah berjuang bersama-sama sejak lama. Meskipun begitu, Carter sendiri adalah sosok yang rasional. Dia tentunya sadar bahwa kehilangan Dr. Fate artinya kehilangan sebagian besar kekuatan dari Justice Society. Maka dari itu, dia tentunya perlu mencari pengganti Dr. Fate.

Pertanyaanya kemudian siapa karakter pahlawan yang selanjutnya akan menjadi bagian dari Justice Society? Untuk saat ini, memang pihak Warner Bros. masih belum memberikan petunjuk apa pun terkait hal tersebut. Namun, kita bisa melihat dari berbagai hal yang sudah WB hadirkan sejauh ini. Misalnya, sosok the Sandman bisa jadi salah satu pilihan Hawkman untuk bergabung dengan Justice Society.

Dalam cerita komiknya, The Sandman merupakan salah satu pendiri dari kelompok Justice Society of America bersama Hawkman. Sehingga, rasanya masuk akal jika kemudian Sandman menjadi bagian dari organisasi ini. Belum lagi, baru-baru ini platform streaming Netflix merilis seri The Sandman yang diadaptasi dari alur cerita komiknya. Meskipun bukan bagian dari canon DCEU, namun bukan hal mustahil jika karakternya akan muncul pada masa yang akan datang.

Kemudian, karakter lainnya adalah The Flash. Geeks mungkin heran terkait hal ini, karena The Flash sendiri sudah bergabung dengan Justice League. Namun, Flash sendiri sebenarnya pernah juga menjadi bagian dari kelompok pahlawan ini. Dan dengan adanya film Flashpoint yang akan segera tayang, bukan tidak mungkin jika Barry Allen jadi anggota Justice Society selanjutnya.

Terakhir adalah Green Lantern. Seperti halnya Black Adam, Green Lantern adalah karakter yang sudah sejak lama diprediksi akan muncul di DCEU. Para fans sendiri sudah sangat mengharapkan kehadiran dari Lantern Corps. Dan keberadaan Justice Society bisa menjadi jalan untuk hal tersebut. Seperti halnya Sandman dan Hawkman, Green Lantern merupakan salah satu pendiri Justice Society. Kita nantikan saja ya Geeks siapa yang akan gantikan Dr. Fate di kelompok pahlawan ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.