Sosok Superman menjadi pembahasan hangat dan menarik khususnya di kalangan penggemar film dan juga penggemar DC. Pasalnya, bintang utama dari film Black Adam, Dwayne Johnson, memberikan petunjuk mengenai cerita masa depan dari karakternya. Menurut Dwayne, ada kemungkinan jika Black Adam akan bertarung menghadapi kekuatan besar dari DC, yaitu Superman.

Kemunculan Superman di DC Extended Universe menjadi salah satu hal yang banyak para penggemar puji dari jagat sinematik tersebut. Dan banyak para fans yang berharap jika Superman akan bertarung menghadapi sosok Black Adam, bahkan jauh sebelum film ini resmi rilis. Mereka berharap apa yang terjadi dalam cerita komiknya bisa juga muncul dalam versi layar lebar.

Namun, tentunya meskipun sebagian besar dari Geeks mengenal siapa Superman, tetapi ada mungkin banyak yang masih belum mengenal siapa Black Adam. Secara garis besar, Superman dan Black Adam merupakan dua kekuatan besar yang ada di DC Universe. Meskipun begitu, mereka berdua tetap memiliki perbedaan terutama dalam hal kekuatan. Lalu, apa saja perbedaanya?

Sumber kekuatan

Teth-Adam pada awalnya merupakan seorang budak di Mesir kuno yang harus kehilangan keluarganya akibat kekejaman sang pemimpin Khandaq. Teth-Adam alias Black Adam mendapatkan kekuatannya dari para penyihir yang kemudian membentuk huruf SHAZAM. Mereka adalah Shu, Horus, Amun, Zehuti, Aten, dan Mehen. Yang perlu menjadi catatan adalah para penyihir ini berbeda dengan penyihir yang memberikan kekuatan kepada Billy Batson.

Berkat kekuatan dari para penyihir tersebut, Black Adam memiliki kecepatan yang luar biasa, daya tahan tinggi, kecerdasan tingkat tinggi, dan semua inderanya mengalami peningkatan. Hal inilah yang membuat kemudian Black Adam menjadi karakter yang mengerikan. Bahkan, dengan kekuatannya tersebut Black Adam menjadi musuh abadi dari Shazam.

Bagaimana dengan Superman? Berbeda dengan Black Adam, Superman memiliki sumber kekuatan yang berasal dari kondisi fisiologis penduduk di planet Krypton. Seperti yang kita ketahui, Kal-El merupakan penduduk planet Krypton terakhir yang kemudian dikirim ke bumi oleh kedua orang tuanya. Berasal dari planet lain, membuat Kal-El juga memiliki kondisi fisik yang dahsyat melebihi manusia.

Meskipun Superman memiliki kondisi fisiologis penduduk planet Krypton, namun dia juga memiliki sumber kekuatan lainnya yaitu matahari. Sudah sejak lama matahari menjadi sumber kekuatan dari Superman. Dengan menyerap energi dan cahaya matahari, kekuatan Superman akan meningkat secara drastis. Meskipun begitu, bukan berarti Superman akan lemah ketika tidak ada matahari. Hanya saja, ketika ada matahari dan dia mampu untuk menyerap energinya maka kekuatannya akan meningkat atau bertambah.

Berbagai Keunggulan Yang Dimiliki

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa secara garis besar Superman dan Black Adam memiliki kemampuan super yang hampir mirip. Namun, mereka memiliki sumber kekuatan yang berbeda. Meskipun sebagian besar kekuatan mereka sama, masing-masing karakter ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki karakter lainnya. Misalnya, untuk Superman memiliki keunggulan dalam hal kekuatan vision miliknya.

Seperti yang Geeks sudah ketahui, Superman memiliki kemampuan “khas” yang tidak Black Adam miliki. Misalnya, X-Ray Vision di mana dia mampu melihat apa pun di balik sesuatu. Selama benda tersebut tidak berlapis Kryptonite, maka Superman masih mampu melihatnya. Kemudian Heat Vision, yang juga menjadi salah satu kemampuan “khas” dari Superman.

Heat Vision sendiri merupakan kemampuan di mana Superman akan mengeluarkan sinar laser merah dari matanya. Sinar laser tersebut mampu memotong bahkan menghancurkan hampir semuanya. Hal ini bisa kita lihat di berbagai medium yang ada, mulai dari komik, games, bahkan film. Sedangkan, Black Adam memiliki keunggulan dalam hal kekuatan sihir.

Level kekuatan kekuatan sihir Black Adam cukup luar biasa, yang mana membuat dia bisa menjadi saingan dari Shazam. Bahkan, dalam beberapa cerita komik, kemampuan sihir Black Adam inisanggup mengalahkan kekuatan karakter lainnya. Yang juga menjadi kelebihan dari Black Adam daripada Superman adalah kemampuan sihirnya yang mampu dia bagi-bagi.

Seperti halnya Shazam, Black Adam juga mampu membagi kekuatannya kepada siapa pun orang yang dia kehendaki. Dalam salah satu cerita, Black Adam pernah membagikan kekuatannya kepada keluarganya dan juga Amon. Jika kemudian keluarga Batson kemudian dikenal sebagai “Marvel Family,” maka keluarga Black Adam memiliki sebutan “Black Marvel Family.”

Kelemahan

Berbicara mengenai kekuatan super dari sebuah karakter tentunya tidak lengkap tanpa pembahasan kelemahannya. Apakah Black Adam dan Superman memiliki kelemahan? Jawabannya adalah ya, mereka memiliki kelemahan. Lalu, apa kelemahan mereka? Yang pertama, mungkin sudah sangat populer di mana Superman lemah terhadap batu hijau bernama Kryptonite.

Hampir di berbagai medium diperlihatkan bagaimana Superman nampak lemah jika ada batu hijau tersebut disekitarnya. Namun, sebenarnya, kelemahan Superman bukan hanya Kryptonite. Banyak yang mungkin belum tahu jika Superman juga memiliki kelemahan dalam hal sihir. Meskipun kekuatannya tidak melemah drastis seperti halnya Kryptonite, Superman hampir tidak bisa berbuat apa-apa saat ada kekuatan sihir menyerang tubuhnya.

Hal inilah yang kemudian sering Black Adam manfaatkan dalam pertarungan melawan Superman dalam cerita komiknya. Lalu, untuk Black Adam sendiri dia juga memiliki kelemahan dalam hal kekuatan sihir. Meskipun kekuatan sihir adalah kekuatannya, namun ketika ada kekuatan sihir yang levelnya jauh lebih dahsyat maka bukan hal mustahil jika Black Adam kalah. Dan inilah yang menjadi kunci Shazam mengalahkan Black Adam dalam komiknya.

Juga, seperti halnya Billy Batson, kelemahan terbesar dari Black Adam adalah ketika dia harus mengucapkan mantra utamanya yaitu ‘Shazam!’ yang mengubahnya menjadi Black Adam. Ketika kemudian Teth berhasil dipaksa untuk mengucapkan kata itu dan kembali menjadi manusia, dia bukanlah siapa-siapa. Dan ketika mulutnya tidak mampu untuk berbicara, maka dia pun tidak akan mampu untuk mengucapkan mantranya. Kita nantikan saja ya Geeks pertarungan epik dua karakter dahsyat dari DC ini pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.