Mephisto adalah karakter Marvel yang sudah sering diteorikan muncul di beberapa tayangan MCU. Pertama, para penggemar berteori bahwa Mephisto sosok yang mengendalikan pikiran Scarlet Witch. Kedua, penggemar pun berteori bahwa Mephisto bakal muncul di proyek MCU lainnya yaitu Doctor Strange 2. Tetapi, tidak ada satu bukti pun yang menunjukkan bahwa Mephisto benar-benar pernah muncul di MCU. Nah baru-baru ini muncul sebuah kabar menarik yang mengidikasikan bahwa Mephisto benar-benar akan segera debut di MCU. Sebelum melihat debut Mephisto di MCU, ada baiknya kita mengetahui tentang fakta-fakta karakter Mephisto. Apa saja?

Mephisto Bukan Iblis

Di komik, Mephisto berasal dari Neraka. Namun yang harus dicatat adalah bahwa Neraka di sini adalah sebuah nama dimensi yang dibuat oleh Mephisto. Ketika berada di dalam dimensi tersebut, kekuatan Mephisto akan berkali-kali lipat lebih kuat. Walaupun memiliki penampilan yang mengerikan, tetapi pada dasarnya, Mephisto bukanlah seorang iblis atau setan. Tetapi dia memang lebih senang jika dirinya disebut sebagai iblis atau setan. Dalam komik, Mephisto pun pernah menyamar sebagai setan. Dan dia pernah menggunakan banyak nama alias seperti Lucifer.

Pernah Bertarung dengan Doctor Doom

Doctor Doom adalah salah villain terkuat di Marvel Universe. Nah sebagai karakter yang hebat, Doctor Doom pernah pergi ke Neraka untuk membebaskan jiwa ibunya dari Mephisto. Sebelum ditangkap, Ibu Doctor Doom, Cynthia von Doom, membaca sebuah mantra untuk memanggil Mephisto dengan tujuan untuk mendapatkan kekuatan lebih. Nah bertahun-tahun kemudian, Doctor Doom menyadari fakta tentang ibunya, bahwa dia pernah menggunakan sihirnya sendiri untuk memanggil Mephisto. Setelah mendatangi neraka, Doctor Doom pun menantang Mephisto untuk berduel dan merebut kembali jiwa ibunya. Tetapi Doctor Doom tidak sendiri untuk mengalah Mephisto, karena dia juga mengajak Doctor Strange.

Tidak Punya Wujud Asli

Mephisto memang beberapa kali muncul di komik Marvel dengan penampilannya yang berkulit merah, bertanduk, dan berjenis kelamin laki-laki. Tetapi itu bukan wujud aslinya. Sebenarnya, tidak ada yang mengetahui wujud asli Mephisto. Sebagai makhluk yang memiliki energi murni, dia memiliki kemampuan untuk berubah wujud. Itu berarti dia bisa menirukan wujud hampir semua makhluk hidup atau binatang. Dengan begitu, dia bisa menipu korbannya. Dia juga dapat memperbesar ukuran tubuhnya dan mengubah penampilannya untuk mengintimidasi musuh atau menghadapi musuh yang lebih besar. Jadi, wujud Mephisto bisa berbentuk apapun, sesuai dengan keinginannya.

Berurusan dengan Silver Surfer

Di komik Marvel, Mephisto sudah beberapa kali berusaha merusak dan mengambil jiwa Silver Surfer. Tetapi usaha tersebut tidak pernah berhasil. Pada akhirnya, Surfer selalu menang melawan Mephisto. Bahkan Surfer bisa menahan semua godaan dan tipu daya Mephisto. Jika Mephisto berhasil menguasai jiwa dan pikiran Silver Surfer, maka itu akan sangat berhaya bagi dunia, mengingat kekuatan Surfer sangatlah dahsyat. Mephisto bisa saja memerintah Surfer untuk menghancurkan dunia. Namun seperti yang disebutkan di atas, kemurnian hati dan jiwa Surfer lebih kuat daripada kekuatan jahat Mephisto.

Bisa Mencampur Realitas

Kekuatan Mephisto memang dahsyat. Kekuatannya terlihat saat dia mencampur sebuah realitas ke realitas lainnya, dan membuat semua peristiwa yang terjadi dalam realitas tersebut sama persis. Ini terjadi ketika Mephisto mencampurkan realitas dari Earth-81545 ke realitas dari Earth-616. Dalam suatu kejadian, Peter Parker juga pernah meminta Mephisto untuk menyelamatkan nyawa Bibi May. Dan sebagai gantinya, Mephisto akan menghapus pernikahan Peter Parker dengan Mary Jane, dan menghilangkan seluruh kebahagiaan yang Spider-Man pernah alami sebelumnya. Di sanalah Mephisto mengambil Bibi May yang masih hidup dari realitas yang berbeda, sehingga Peter Parker dapat bertemu dengan Bibi May kembali.

Menciptakan Ghost Rider

Geeks tentunya tahu dengan Ghost Rider. Dia adalah pahlawan super dengan kekuatan kegelapan yang dia gunakan untuk melawan semua kejahatan di Bumi. Tetapi tahukah Geeks siapa yang menciptakan Ghost Rider di Marvel Universe? Nah sebenarnya, sosok yang menciptakan Ghost Rider adalah Mephisto. Buat Geeks yang belum tahu, Ghost Rider pertama di era purba diberikan kekuatan oleh Mephisto yang saat itu tengah menyamar. Ghost Rider yang paling terkenal sekalipun, Johnny Blaze juga mendapatkan kekuatan dari Mephisto. Menariknya, Johnny Blaze memanggil Mephisto dengan sebutan Satan.

Kebal Kekuatan Penance Stare

Seperti yang kita ketahui, Penance Stare adalah kekuatan Ghost Rider yang paling dahsyat. Kemampuan tersebut memungkinkan Ghost Rider untuk mengunci mata sang korban dan membuat sang korban melihat semua dosa mereka di masa lalu. Efeknya, sang korban akan merasakan kesakitan yang teramat sangat, dan trauma psikologis. Tetapi efeknya akan berbeda ketika Ghost Rider menggunakan Penance Stare terhadap Mephisto. Pasalnya dia kebal kekuatan tersebut. Karena Mephisto haus akan kejahatan dan ia adalah karakter yang murni tercipta sebagai penjahat, maka dia sama sekali tidak merasakan efek traumatis ketika diperlihatkan dengan semua kejahatannya di masa lalu. Malah, Penance Stare membuat kekuatan Mephisto meningkat karena dia teringat kembali dengan perbuatan jahatnya yang dia anggap menyenangkan.

Kelemahan Mephisto

Di balik semua kekuatannya, Mephisto ternyata menyimpan kelemahan yang sangat fatal. Dia sangat kuat ketika berada dalam dimensinya, tetapi kekuatannya akan sangat berkurang drastis ketika dia berada jauh dari dimensinya. Karena itulah Mephisto sering menggunakan kemampuan manipulasinya untuk memanipulasi targetnya agar prosesnya menjadi lebih cepat. Selain itu, dia juga tidak bisa mendekati seseorang yang pernah melakukan perjanjian dengannya. Peter Parker menjadi contoh saat Mephisto tidak bisa mendekatinya lagi karena mereka berdua pernah melakukan perjanjian. Selain itu, tubuh Mephisto juga sebenarnya bisa terluka ketika dia harus melawan musuh-musuh yang kuat.

Membenci Spider-Man

Kebencian Mephisto terhadap Spider-Man memang sudah melegenda di komik Marvel. Padahal alasan Mephisto membenci Spider-Man sangat sederhana. Ketika Mephisto menjalin kesepakatan dengan Spider-Man untuk menyelamatkan nyawa Bibi May, dengan imbalan menghapus pernikahannya dengan Mary Jane, Mephisto pun sangat membenci  Spider-Man karena Spider-Man merasa bahagia kembali setelah Bibi May kembali. Mephisto membenci kebahagiaan yang tercipta di antara keduanya. Saking bencinya dengan Spider-Man, Mephisto tidak tertarik untuk mengambil jiwa Parker, karena Parker saat itu bersedia mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan orang lain. Kebaikan Spider-Man membuat Mephisto merasa benci terhadapnya.

Arti Nama Mephisto

Nama Mephisto diambil dari legenda Jerman yang memiliki banyak nama yaitu Mephistophilus, Mephostopheles, Mephistophilis, dan Mephastophilis. Selain itu, ada banyak literatur kuno yang merepresentasikan bahwa Mephisto adalah iblis yang sangat licik terhadap manusia. Oleh sebab itulah di Marvel Comics, dia juga digambarkan sebuah sosok yang sangat licik, yang bersia memanipulasi pikiran manusia dan kemudian mengendalikan pikirannya.

Itulah dia Geeks 10 fakta tentang karakter Mephisto di Marvel Universe. Dengan semua fakta tersebut, sekarang kita mengetahui bahwa Mephisto sudah beberapa kali menciptakan masalah yang besar di Marvel Universe. Apakah nanti dia akan muncul juga di MCU? Kita tunggu aja ya Geeks, tetapi kabarnya Mephisto akan segera melakukan debutnya di MCU.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/