Sebentar lagi Hawkman versi live action akan segera memulai debutnya di film DCEU Black Adam. Sebenarnya di DC Universe sendiri ada beberapa karakter yang pernah menggunakan identitas Hawkman. Namun yang paling terkenal dan paling lama di antara semuanya adalah versi Carter Hall. Yang lebih hebatnya lagi, dia adalah pendiri sekaligus pemimpin tim superhero Justice Society yang juga akan muncul di film Black Adam.

Sebelum melihat aksinya bersama Justice Society di film Black Adam nanti, mari kita kenali terlebih dahulu siapa sebenarnya Hawkman yang telah melanglang buana di DC Universe sejak tahun 40-an ini. Begitu juga dengan penjelasan kehebatan Hawkman yang terkenal sebagai salah satu petarung jarak dekat terbaik di alam semesta. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Origin Hawkman di DC Universe

Seperti yang sudah kita singgung di atas, sebenarnya ada banyak karakter yang pernah menjadi Hawkman. Mulai dari Katar Hol yang berasal dari Planet Thanagar, sampai Pangeran Khufu yang hidup pada Zaman Mesir Kuno. Namun, Hawkman yang asli dan paling pertama adalah Carter Hall yang debut di Flash Comics #1 (1940) ciptaan¬† Gardner Fox dan Dennis Neville. Awalnya Carter Hall hanyalah seorang arkeolog yang tidak sengaja menemukan ‘Nth Metal’ di Mesir. Ternyata logam ajaib dari Planet Thanagar ini dapat berubah bentuk menjadi armor, senjata, dan sayap emas yang akhirnya Carter kenakan.

Sejak saat itulah kehidupan Carter mulai berubah, di mana dia menjadi Hawkman yang bertugas memerangi kejahatan, termasuk Nazi. Alasan mengapa dia menemukan Nth Metal dan mendapatkan kekuatan Hawkman ternyata tidak kebetulan. Semuanya bisa terjadi karena dia adalah reinkarnasi dari Hawkman sebelumnya. Seperti Pangeran Khufu yang pertama kali menemukan pesawat Thanagarian yang terjatuh di Mesir. Karena kisah DC yang cukup rumit dengan banyaknya ‘pengulangan semesta’, ada juga kisah lain yang menceritakan bahwa Carter Hal adalah reinkarnasi dari supervillain Ktar Deathbringer.

Siapa pun pendahulunya, yang jelas Hawkman versi Carter ini telah menggunakan kekuatannya untuk tujuan baik. Dalam perjalanannya dia pernah menghadapi para musuh tangguh, seperti Lion Mane, Shadow-Thief, bahkan ras alien Manhawks yang sering digambarkan juga sebagai entitas dari dimensi lain. Dia juga biasanya sering terlihat berdampingan dengan istrinya Hawkgirl/Hawkwoman. Sepak terjang Hawkman ini pada akhirnya mengantarkan dia untuk bertemu dengan superhero lain. Termasuk para superhero yang menjadi bagian dari tim superhero Justice League dan All-Star Squadron.

Pendiri Sekaligus Pemimpin Justice Society

Tidak lama setelah debutnya, Hawkman juga muncul di All Star Comics #3 (1940), komik yang pertama kali memperkenalkan tim Justice Society. Bagi yang belum tahu, di DC Universe sendiri Justice Society adalah tim superhero pertama yang debut dua puluh tahun sebelum Justice League. Menariknya, Hawkman sendiri adalah pendiri dari Justice Society, bersama Atom, Doctor Fate Kent Nelson, Flash Jay Garrick, Green Lantern Alan Scott, Hourman, Sandman, dan Spectre. Mereka adalah para karakter DC yang memulai era tim superhero, di mana tujuannya adalah melindungi Bumi dari segala ancamannya.

Setelah beberapa kali bertarung bersama dengan Justice Society, di komik di All Star Comics #8, Hawkman akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemimpinnya. Statusnya sebagai pemimpin Justice Society bertahan untuk waktu yang sangat lama, sampai akhirnya kisah kembali disinggung di komik prekuel film Black Adam yang berjudul Black Adam: The Justice Society Files (2022). Terlepas dari apakah komik barunya ini canon dengan DC Universe atau tidak, kali ini Carter Hal muncul sebagai seorang pria kulit hitam. Di filmnya nanti yang akan memerankan karakternya adalah aktor Aldis Hodge.

Komik The Justice Society Files sendiri menceritakan bagaimana dia akhirnya kembali membentuk Justice Society yang telah lama hiatus. Semuanya bermula setelah dia menghadapi hantu Jim Craddock yang diutus oleh Manhawks untuk membunuhnya. Singkat cerita, setelah Craddock kalah, dia memberi tahu kepada Hawkman bahwa ada ancaman besar yang akan datang. Pada titik inilah Hawkman menghubungi sahabatnya Doctor Fate (Pierce Brosnan) untuk kembali mendirikan Justice Society. Dia bahkan sampai merekrut dua anggota baru Atom Smasher (Noah Centineo) dan Cyclone (Quintessa Swindell).

Mewarisi Kehebatan Pendahulunya

Setelah mengetahui asal usulnya seperti apa, sekarang tiba saatnya untuk membahas sehebat apa kekuatan Hawkman di DC Universe. Setelah menemukan Nth Metal dan menjadi Hawkman, dalam setiap aksinya dia selalu terlihat mengenakan armor dan helm emas, lengkap dengan sayap artificial raksasa di punggungnya. Pada dasarnya kostumnya ini memungkinkan Hawkman untuk terbang, karena efek utama dari Nth Metal adalah memungkinkan penggunanya untuk tidak terpengaruh gravitasi. Kecepatan terbangnya sendiri terbilang sangat luar biasa, sekitar 250 km/jam dengan ketinggian tak terbatas.

Sebagai reinkarnasi dari Hawkman sebelumnya, dia mewarisi semua kehebatan dan pengetahuan para pendahulunya. Hal inilah yang mebuat Hawkman terkenal sebagai superhero cerdas, ahli strategi, pejuang yang tangguh, serta pemimpin yang hebat. Untuk menyalurkan semua bakatnya tersebut, Hawkman juga sering terlihat menggunakan senjata gada emas yang bentuk dan pergerakannya bisa dia kendalikan dengan pikirannya. Dengan semua kemampuannya, Batman bahkan pernah mengakui Hawkman sebagai petarung jarak dekat terbaik, khususnya ketika dia menggunakan senjatanya.

Itulah pembahasan tentang asal usul dan kehebatan Hawkman di DC Universe. Sebagai pendiri sekaligus pemimpin Justice Society, cukup jelas bahwa Hawkman adalah salah satu superhero tangguh yang kehebatannya tidak bisa kita anggap remeh. Jangan lewatkan aksi terbaru Hawkman bersama Justice Society di film Black Adam. Yang pada hari ini, tanggal 19 Oktober, sudah bisa kita saksikan di seluruh bioskop Indonesia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.