Setelah sekian lama dinantikan oleh para penggemar buku komik untuk debut di layar lebar, akhirnya Atom Smasher siap untuk muncul di film terbaru DCEU, Black Adam. Menjadi salah satu film yang dinantikan di tahun 2022, Black Adam menjadikan Atom Smasher sebagai salah satu karakter yang penampilannya para fans tunggu. Karakternya sendiri akan diperankan oleh aktor Noah Centineo.

Berdasarkan dari apa yang muncul di trailernya, besar kemungkinan jika Atom Smasher akan memiliki peran besar di filmnya nanti. Dalam cerita komiknya sendiri, Atom Smasher merupakan karakter yang memiliki sejarah panjang dengan Justice Society dan juga sosok Black Adam. Dia bahkan merupakan sahabat dekat dari Black Adam, yang selalu siap membantunya kapan pun.

Debut Atom Smasher di layar lebar tentunya akan menjadi sesuatu hal yang luar biasa, apalagi para fans Justice Society. Namun, mungkin ada dari sebagian Geeks yang masih belum terlalu mengenal atau mengetahui tentang kekuatan yang Atom Smasher miliki. Juga, mungkin ada dari Geeks yang bingung dengan karakter Atom Smasher karena memiliki kemiripan dengan karakter lainnya.

Asal-Usul Kekuatan Atom Smasher

Atom Smasher alias Aberth Rothstein merupakan karakter yang memegang titel Atom Smasher saat ini. Sebelum menggunakan nama Atom Smasher, Alberth menggunakan nama Nuklon yang mana dia sempat menjadi bagian dari kelompok pahlawan Infinity Inc. ciptaanya. Penampilan Nuklon berbeda dengan Atom Smasher. Warna merah mendominasi kostumnya dan rambutnya pun bergaya mohawk.

Setelah selesai dengan Nuklon dia pun kemudian berganti nama menjadi Atom Smasher. Titel Nuklon sendiri dia berikan kepada Gerome McKenna, rekannya di Infinity Inc., dan Albert sendiri kemudian bergabung dengan Justice League dan Justice Society. Lalu, dari mana sebenarnya asal muasal kekuatan dari Albert? Dalam cerita komiknya, cerita masa lalu Albert cukup menarik.

Albert merupakan cucu dari karakter bernama Cylotron. Dengan nama awal Terry Curtis, Cyclotron pertama kali muncul di Action Comics #21. Terry sendiri merupakan seorang ilmuwan cerdas yang ahli dalam bidang atom. Suatu hari, dia diculik oleh seorang villain bernama Ultra-Humanite. Pada momen inilah Terry kemudian mengembangkan kekuatan supernya.

Pada saat melakukan penelitian tentang atom, Terry terkena radiasi yang mana hal ini yang menjadi awal mula dia mendapatkan kekuatan supernya. Sayangnya, saat itu, kekuatan Terry justru dimanfaatkan oleh Ultra-Humanite. Terry sendiri kemudian tewas saat berusaha mengalahkan Humanite, dengan cara membawanya ke atmosfer. Tanpa diduga ternyata putri dari Terry, yaitu Terri, juga terkena radiasi atom dari ayahnya.

Berbagai upaya sudah Terri lakukan untuk mengobati efek samping dari radiasi tersebut, namun gagal. Karena menyerap terlalu banyak radiasi atom dari ayahnya, hal ini pun kemudian berdampak pada kelahiran anaknya, yang tidak lain adalah Alberth Rothstein. Dan ini yang kemudian menjadi awal mula kemunculan sosok karakter Atom Smasher.

Perbedaan Atom Smasher dan The Atom

Dalam cerita DC Comics, ada dua karakter yang memiliki koneksi atau keterkaitan degan atom. Mereka adalah Atom Smasher dan juga The Atom. Kedua karakter ini memiliki pola emblem atau logo yang sama, juga warna kostum yang hampir sama. Dasar kekuatan mereka juga sama-sama berdasarkan atom, yang mana wajar jika banyak fans kemudian beranggapan jika ini adalah dua karakter yang sama.

Namun, faktanya, The Atom dan Atom Smasher adalah dua karakter yang berbeda. Sosok di balik titel Atom Smasher adalah Alberth Rothstein. Sedangkan, sosok dibalik titel The Atom sendiri adalah Ray Palmer. Selain dua sosok yang berbeda, yang juga tidak kalah mencolok dari perbedaan kedua karakter ini adalah kemampuan mereka. The Atom memiliki kemampuan untuk berubah wujud, baik menjadi besar atau pun menjadi raksasa.

Ray bisa memiliki tinggi seperti gedung pencakar langit. Namun, puncak kemampuannya sendiri muncul ketika dia berubah wujud menjadi sangat kecil. Simpelnya, The Atom merupakan Ant-Man versi DC. Sementara, Atom Smasher tidak memiliki kemampuan untuk mengecil. Yang hanya dia bisa lakukan adalah membuat ukuran tubuhnya membesar dan memperkeras ketebalan kulitnya, serta kembali ke ukuran tubuh normalnya. Meskipun begitu, jika The Atom memiliki kekuatan puncak saat dia mengecil maka Atom Smasher akan memiliki kekuatan puncak saat dia berubah wujud menjadi raksasa.

Berbagai Kekuatan Atom Smasher

Sebagai seorang pahlawan super, Albert ternyata mewarisi kekuatan dahsyat dari sang kakek. Lalu, apa saja kemampuan dahsyat dari Atom Smasher? Yang pertama adalah kemampuan untuk berubah menjadi besar atau menjadi raksasa. Seperti dijelaskan di atas, kekuatan terbesar dari seorang Atom Smasher adalah bagaimana dia mampu menjadi sosok raksasa.

Dengan menjadi besar, Atom Smasher akan mendapatkan puncak kekuatannya. Biasanya, Albert akan berubah menjadi besar dengan rata-rata ukurannya 2,3 meter. Namun, jika dia mau, Albert bisa saja berubah menjadi sosok yang memiliki tinggi sekitar 18,3 meter atau setara gedung lantai enam. Dengan ukurannya yang besar ini, level kekuatannya akan menjadi maksimal.

Dia bahkan mampu menaklukan banyak karakter dalam ukuran tersebut. Selain memiliki level tenaga yang besar, saat Albert berubah menjadi besar dia mampu untuk mengatur ketebalan dari kulitnya. Hal inilah yang membuat dia tahan terhadap berbagai serangan, baik serangan roket, peluru, atau apa pun. Pasca menyerap kekuatan super dari “pamannya” yaitu Al Pratt, dia juga memiliki kekuatan tambahan lain.

Albert mampu mengatur ketebalan molekul dari sesuatu. Hal ini bisa membuatnya menembus benda atau manusia. Atau dia bisa meningkatkan molekul dari sesuatu, yang membuat daya tahannya meningkat drastis. Albert juga mampu mengatur massa tubuhnya. Dengan kemampuan ini, kekuatan pukulan atau serangan Albert bisa jadi jauh lebih dahsyat dan mengerikan.

Selain berbagai kemampuan super di atas, Alberth Rothstein juga merupakan seorang pilot yang handal. Dia bahkan menjadi pilot bagi Infinity Inc. dan juga Justice Society. Kemampuannya sebagai mekanik juga tidak bisa kita remehkan, dan dia merupakan sosok yang ahli dalam bermain bola basket. Kita nantikan saja penampilan dari kemampuan Atom Smasher dalam film Black Adam ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.